Optimalisasi pendampingan sertifikasi dan pengembangan kapasitas untuk peningkatan kualitas produk UMKM Es Krim Yuqi
Abstract
Abstrak
Program ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing UMKM Es Krim Yuqi melalui edukasi dan pendampingan administrasi sertifikasi MD dari BPOM dan sertifikasi halal dari BPJPH. UMKM ini masih menghadapi tantangan dalam pemenuhan legalitas produk karena keterbatasan fasilitas, pengetahuan, dan akses terhadap informasi. Metode pelaksanaan kegiatan berupa pendampingan dan sosialisasi. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus deskriptif dengan metode observasi, wawancara, FGD, dan dokumentasi. Waktu pelaksanaan dimulai dari tahap persiapan program, tahap pelaksanaan program serta tahap monitoring dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa edukasi dan pendampingan yang sistematis mampu meningkatkan pemahaman pelaku usaha terhadap alur, persyaratan, dan urgensi legalitas produk. Program ini juga mencakup pengembangan pemasaran melalui media promosi dan festival UMKM, serta peningkatan kualitas produk melalui reformulasi bahan untuk memperkuat ketahanan es krim terhadap suhu. Intervensi ini diharapkan dapat menjadi model pemberdayaan UMKM dalam mencapai legalitas, memperluas pasar, dan mendorong ekonomi lokal yang berkelanjutan.
Kata kunci:: pemberdayaan masyarakat; UMKM; sertifikasi halal; sertifikasi MD
Abstract
This program aims to enhance the competitiveness of Yuqi Ice Cream MSME through education and administrative assistance for MD certification (BPOM) and halal certification (BPJPH). The MSME faces challenges in fulfilling product legality due to limited facilities, knowledge, and access to information. A descriptive case study approach was used, with data collected through observation, interviews, focus group discussions, and documentation. The results show that systematic education and mentoring improved the business owner’s understanding of the certification process, requirements, and regulatory importance. The program also supported marketing development through promotional media and MSME festivals, as well as product quality improvement via formula reformulation to enhance ice cream durability. This intervention is expected to serve as a model for empowering MSMEs to achieve product legality, expand market reach, and foster sustainable local economic development.
Keywords: community empowerment; halal certification; MD certification; MSMEs
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aliyah, A. H. (2022). Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 64–72. https://doi.org/10.37058/wlfr.v3i1.4719
Anam, M. K., Alvianti, R., Zainuddin, M., Syakur, A., Khalik, J. A., Anam, C., & Sariati, N. P. (2023). Sosialisasi Program Sertifikasi Halal untuk Meningkatkan Kepercayaan Konsumen pada Produk UMKM di Desa Jerukwangi. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 728–732. https://doi.org/10.30762/welfare.v1i4.699
Ardiansyah, F., Mursito, B., & Maryam, S. (2019). ANALISIS KUALITAS PRODUK, DIVERSIFIKASI PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI KASUS DI PASAR GEDHE SOLO). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 3(02). https://doi.org/10.29040/jie.v3i02.669
BPOM RI. (2016). Peraturan Kepala BPOM RI Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Pendaftaran Pangan Olahan, Jakarta.
BPOM RI. (2023). PEDOMAN REGISTRASI PANGAN OLAHAN direktorat Registrasi Pangan Olahan, Jakarta.
Indah, D. R., Rosalina, D., Maula, Z., Junaida, E., & Syahputra, R. (2025). Determinasi Persepsi Label Halal, Religiusitas, Dan Pengaruh Kelompok Referensi Dalam Keputusan Pembelian Produk Berlabel Halal Di Kota Langsa. Journal of Tax and Business, 6(1), 309–317. https://doi.org/10.55336/jpb.v6i1.314
KEMENKEU | Komite Pengawas Perpajakan. (n.d.). Komwasperpajakan. Retrieved May 20, 2025, from https://komwasjak.kemenkeu.go.id
Irwansyah, I. (2021). Jaringan Sosial Pada Pengembangan Multi Level Marketing (Studi Pada Komunitas Isti Beauty Community). https://doi.org/10.26858/predestinasi.v14i1.21583
Kementerian Keuangan Republik Indonesia (2021). “Pemerintah Terus Upayakan Pemulihan Ekonomi namun tetap waspada dengan pandemic covid”, Kementerian Keuangan. Com.
PP No. 86 Tahun 2020. PP No. 86 Tahun 2020. Retrieved May 21, 2025, from https://peraturan.bpk.go.id/Download/120145/PP%20Nomor%2086%20Tahun%202019.pdf
Subkhan, M., & Tuharea, R. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PRODUK WARDAH. 1.
Tambunan, T. (2012). Peran Usaha Mikro dan Kecil dalam Pengentasan Kemiskinan di Daerah. Jurnal Bina Praja, 04(02), 73–92. https://doi.org/10.21787/JBP.04.2012.73-92
UU No. 11 Tahun 2020. (n.d.). UU No. 11 Tahun 2020. Database Peraturan | JDIH BPK. Retrieved May 28, 2025, from http://peraturan.bpk.go.id/Details/149750/uu-no-11-tahun-2020
Wakhidah, S. N. (n.d.). Syarat dan Tahapan Memperoleh Izin Edar BPOM RI MD. Retrieved May 19, 2025, from https://www.soviwakhidah.com/2019/09/izin-edar-bpom-ri-md.html
Wijayanti, T., & Hidayat, R. (2021). Strategi Pemberdayaan UMKM Berbasis Potensi Lokal di Era Digital. Jurnal Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, 5(2), 87-98.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i4.31847
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: