PENDALAMAN KONSEP FISIKA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BERBASIS MIKROKONTROLER PADA SISWA SMA

Nurul Qomariyah, Rahadi Wirawan, Suhayat Minardi, Siti Alaa', I Gusti Ngurah Yudi Handayana

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendalaman konsep dasar fisika melalui metode praktikum atau eksperimen menggunakan alat peraga serta pengenalan mikrokontroler untuk pembuatan alat peraga sederhana. Tempat pelaksanaan pengabdian di Ponpes Darul Aminin NW Aikmual Lombok Tengah. Kegiatan ini dibagi menjadi beberapa tahapan yang pertama pemberian materi mengenai pendalaman konsep-konsep dasar fisika dan materi pengenalan mikrokonroler sebagai komponen alat peraga, tahapan kedua Tim PKM mendemonstrasikan penggunaan alat peraga pada materi gerak Jatuh (GJB), bandul matematis, kinematika, dan konsep konversi energi, tahapan terakhir yaitu tim PKM memberikan kesempatan peserta untuk mencoba langsung menggunakan alat peraga yang disediakan. Kegiatan ini memberikan manfaat dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika pada siswa melalui metode eksperimen. Dengan metode ini siswa juga lebih aktif dan dapat melihat langsung fenomena fisika yang terjadi melalui pengamatan. Keterbatasan alat peraga di sekolah dapat disiasati dengan pembuatan set eksperimen berbasis mikrokontroler yang penggunaanya sangat mudah dan luas. Pembelajaran menggunakan metode eksperimen ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

 

Kata kunci: alat peraga; metode eksperimen; mikrokontroler.

 

ABSTRACT

This service activity aims to understand the basic concepts of physics through practicum or experimental methods using props and microcontroller introduction training for making simple props. Implementation of community service at Darul Aminin Islamic Boarding School, NW Aikmual, Central Lombok. This activity is divided into several stages. The first is providing material regarding the deepening of  physics concepts and material for the introduction of microcontrollers as props components, the second stage of the PKM Team which uses props on Fall motion material (GJB), mathematical pendulum, kinematics, and concepts conversion of energy inthe last stage, the PKM team, allowed participants to try directly using the tools provided. This activity provides benefits in improving students' understanding of physics concepts through the experimental method. With this method, students are also more active and can see first hand the physical phenomena that occur through observation. The limitations of teaching aids in schools can be overcome by making microcontroller-based experimental sets that are very easy and widely used. Learning using the experimental method is expected to improve the quality of learning in schools.

 

Keywords: props; experimental method; mikrokontroler. 


Keywords


props; experimental method; mikrokontroler.

Full Text:

PDF

References


Azhar, A. (2003). Media pengajaran. Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006a). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Pelajaran IPA SD/MI. Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006b). Standar Kompetensi Mata pelajaran Fisika. Pusat Kurikulum.

Depdikbud. (2013). Dokumen Kurikulum 2013. Depdikbud.

Hani, A. R. (2011). Pembelajaran Fisika Berbasis Eksperimen : Kasus Perbedaan Pemahaman Konsep Pokok Bahasan Gerak Gaya dan Energi Pada Siswa Kelas X Sma Pembangunan 3 Ponjong Gunungkidul Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.

Kadir, A. (2013). Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Penggunaannya menggunakan Arduino. Penerbit Andi.

Qomariyah, N., & Wirawan, R. (2018). Aplikasi sensor Infrared dan Arduino Uno Untuk Alat Peraga Sedehana Gerak Jatuh Bebas. Prosiding PKM-CSR.

Sriyanti, I., Siahaan, S. M., Muslim, M., Sudirman, & Ariska, M. (2018). Pendampingan Pembuatan Alat Peraga Ipa Sederhana Sebagai Upaya Untuk Menciptakan Karya Inovatif Bagi Guru- Guru Ipa Smp Se-Kota Lubuklinggau. Jurnal Inovasi Dan PEmbelajaran Fisika (JIPF), 5(2).

Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran Fisika dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar kognitif dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 2(2).

Wirawan, R., Djamal, M., Hartono, A., Sanjaya, E., Indrasari, W., & Ramli. (2012). Aplikasi Sensor Ultrasonik Untuk Pengukuran Getaran Frekuensi Renda. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Pembelajaran Dan Sains 2012.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: