Sosialisasi etika profesi dan keselamatan kerja sebagai pilar fundamental dalam pendidikan teknik elektronika industri

Iqbal May Aryanto, Amanda Putri Denizka, Ribby Fadya Iskandar, Rafif Rizqullah

Abstract


Abstrak

Kesenjangan pemahaman siswa terhadap etika profesi dan keselamatan kerja dalam bidang Teknik Elektronika Industri dapat menimbulkan risiko terhadap etos kerja dan keselamatan praktik. Untuk mengatasi hal ini, dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat melalui sosialisasi yang bertujuan menanamkan nilai-nilai etika dan prinsip keselamatan sejak dini. Kegiatan dilaksanakan di SMKN 1 Natar dengan melibatkan siswa kelas XI Teknik Elektronika Industri. Metode yang digunakan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan evaluatif. Metode ini dipilih untuk menggambarkan dan mengukur efektivitas kegiatan sosialisasi secara objektif sehingga mendorong keterlibatan aktif siswa serta mengaitkan materi dengan dunia kerja. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada pengetahuan siswa berdasarkan perbandingan pre-test dan post-test, serta peningkatan partisipasi dalam diskusi dan simulasi. Siswa mampu mengenali risiko kerja, memahami prosedur keselamatan, serta menunjukkan sikap tanggung jawab dan kesadaran etis. Kegiatan ini memperkuat kesiapan mental dan kompetensi nonteknis siswa sebagai calon tenaga kerja profesional.

 

Kata kunci: etika profesi; keselamatan kerja; teknik elektronika industri; pengabdian masyarakat.             

Abstract

The lack of student understanding regarding professional ethics and occupational safety in the field of Industrial Electronics Engineering poses risks to both work ethic and safety practices. To address this issue, a community service activity was conducted through a socialization program aimed at instilling ethical values and safety principles early on. The activity took place at SMKN 1 Natar and involved 11th-grade students of the Industrial Electronics Engineering program. Methods used included interactive lectures, educational video screenings, and case study simulations designed to foster active student participation and connect the material with real workplace situations. The results showed a notable improvement in students’ knowledge, as evidenced by pre-test and post-test comparisons, as well as increased participation in discussions and simulations. Students were able to identify workplace hazards, understand safety procedures, and demonstrate a higher level of responsibility and ethical awareness. This activity contributes to developing students’ mental preparedness and non-technical competencies as future professionals committed to safety and integrity.

 

Keywords: professional ethics; occupational safet; industrial electronics engineering; community service.


Keywords


professional ethics; occupational safet; industrial electronics engineering; community service.

Full Text:

PDF

References


Banuwa, A. K., & Susanti, A. N. (2021). Evaluasi Skor Pre-Test dan Post-Test Peserta Pelatihan Teknis New SIGA di Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung. Jurnal Ilmiah Widyaiswara, 1(2), 77–85. https://doi.org/10.35912/jiw.v1i2.1266

Dewanto, S. A., Munir, M., & Wulandari, B. (2021). Sistem K3 pada Pembelajaran Praktik di Prodi Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNY. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 5(2), 160–167. https://doi.org/10.21831/elinvo.v5i2.36109

Handika, R. A., Istikhoratun, T., & Buchori, L. (2024). Kajian Peranan dan Penerapan Kode Etik Profesi Keinsinyuran dalam Praktik Pekerjaan Bidang Sipil dan Lingkungan di Indonesia untuk Meningkatkan Efisiensi dan Perlindungan Keselamatan Kerja. 2(3), 201–211.

Imam Wibisono, A., & Musyafa, A. (2024). Pentingnya Penerapan Etika Profesi Teknik Sipil dalam Pengambilan Keputusan Resiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja & Lingkungan (K3L). 3(3), 279–290.

Khasanah, N. (2013). Etika Profesi dan Profesional Bekerja. 76–86.

Pratama, A. Y. P. (2017). Pengaruh Pengetahuan K3 dan Penegakan Peraturan K3 terhadap Kesadaran Berperilaku K3 Siswa pada Praktik Batu Kelas XI Jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMKN 1 Seyegan. E-Journal Pend. Teknik Sipil Dan Perencanaan, 1–10.

Prilia, R. R. (2015). Pengaruh pengetahuan K3 dan sikap terhadap kesadaran berperilaku K3 di Lab. CNC Dan PLC SMK Negeri, 3(2), 225–234.

Purba, S., Manalu, J., Harianja, C., & Siregar, G. (2025). Pengaruh Etika Kerja Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Medan terhadap Kualitas Kerja di Perusahaan Industri. 3(3), 373–378.

Rangkuti, M. Y., Subiyanto, A., Muktabar, M. H., & Sephia, L. (2025). Etika Profesi pada Bidang TI. 3(1), 13–17.

S, M. M. K., Kurniawan, A. A., & Niswah, M. (2024). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Etika Profesional Pengembangan Teknologi Informasi Serta Tanggung Jawab di PT Anugrah Bungo Lestari. 2(2), 60–67. https://doi.org/10.52060/juptik.v2i2.2681

Sari, D. A., & Hilda Ashari. (2023). Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dalam Praktik Instalasi Penerangan Listrik Di Sekolah Menengah Kejuruan. Journal Zetroem, 5(2), 187–192. https://doi.org/10.36526/ztr.v5i2.3121

Sutarno, S., Rahmawati, D., & Widyarini, G. (2024). Edukasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Siswa - Siswi SMK N 7 Semarang. Jurnal Pengabdian KOLABORATIF, 2(2), 70. https://doi.org/10.26623/jpk.v2i2.9745

Wulandari, B. (2018). Analisis Keselamatan dan Kesehatan Kerja Bengkel dan Laboraturium Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika FT UNY. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 3(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/elinvo.v3i1.19480

Zarkasyi, Z. (2022). Etika Profesi Dalam Bidang Teknologi Informasi. Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0, 3(1), 719. https://doi.org/10.29103/tts.v3i1.8870

Zebua, D. Y., Zebua, A. P., Informasi, T., Nias, U., Sipil, T., & Teknik, F. (2025). Tantangan etika dalam profesi teknologi informasi. 02, 35–44.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i4.32326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: