Pendampingan pemasaran digital melalui penggunaan digitalisasi koperasi bagi pemilik UMKM di Desa Kalisidi
Abstract
Abstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Kalisidi dalam bidang pemasaran digital sebagai bagian dari upaya mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di tingkat desa. Masalah utama yang dihadapi UMKM setempat adalah keterbatasan dalam mengakses teknologi digital, rendahnya literasi digital, serta kurangnya pemahaman mengenai strategi pemasaran modern. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan bentuk pemaparan materi dan group coaching yang melibatkan 44 pelaku UMKM, dengan fokus pada teknik branding, pemanfaatan media sosial, serta penggunaan aplikasi koperasi digital sebagai platform promosi bersama. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta mengalami peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam mengembangkan strategi pemasaran digital serta mampu menggunakan aplikasi koperasi digital secara mandiri. Kegiatan ini juga menekankan pentingnya aspek peningkatan literasi digital dan penguatan infrastruktur desa untuk meningkatkan keberlanjutan UMKM melalui pemasaran digital. Pengabdian ini menekankan pentingnya sinergi serta kolaborasi antar pelaku UMKM dan mitra eksternal untuk mewujudkan ekosistem ekonomi desa yang inklusif dan berkelanjutan.
Kata kunci: UMKM; pemasaran digital; koperasi digital; SDGs Desa.
Abstract
This community engagement initiative aims to build the digital marketing capacity of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in Kalisidi Village as part of broader efforts to advance the Sustainable Development Goals (SDGs) at the village level. Local MSMEs face key challenges, including limited access to digital technologies, low digital literacy, and a lack of familiarity with contemporary marketing strategies. The program was delivered through a combination of instructional sessions and group coaching involving 44 MSME participants, with a focus on branding, effective use of social media, and the adoption of a digital cooperative platform for collective promotion. The results show that participants improved their understanding and skills in digital marketing and demonstrated the ability to use the digital cooperative application independently. The program also emphasizes the importance of enhancing digital literacy and strengthening rural infrastructure to support the long-term sustainability of MSMEs through digital channels. Furthermore, it highlights the critical role of collaboration between MSMEs and external partners in fostering an inclusive and resilient local economic ecosystem.
Keywords: MSMEs; digital marketing; digital cooperatives; rural SDGs.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2). https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3981
Chusumastuti, D., Zulfikri, A., & Rukmana, A. Y. (2023). Pengaruh Digital Marketing dan Kompetensi Wirausaha Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi ada UMKM di Jawa Barat). Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 2(02). https://doi.org/10.58812/jbmws.v2i02.334
Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha “Kremes Ubi” di Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Sumedang). Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, XII(1).
Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 3(2). https://doi.org/10.32493/jls.v3i2.p77-85
Haryanto, H., Delfina, D., Jessica, J., Chang, J., & Quinn, F. (2022). Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Produktivitas, Efisiensi dan Pendapatan UMKM JHN Shop Batam. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.52436/1.jpmi.494
Hawa, S. D., Raharja, M. C., & Rianto, S. (2023). Pengaruh Transformasi Digital Terhadap Keberlanjutan Bisnis UMKM Batik Banyumas Melalui Kinerja Pemasaran Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Peradaban (JSITP), 4(1).
Lestari, R. I., Wardono, B., Saptana, S., Wardhana, I. W., Indarto, I., & Budiati, Y. (2023). The Village Fund Program and Indonesia’s 18th Sustainable Development Goal: A Bibliometric and Content Study. International Journal of Sustainable Development and Planning, 18(11). https://doi.org/10.18280/ijsdp.181115
Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Nofiawaty, N., Siregar, L. D., Andriana, I., & Thamrin, K. M. H. (2021). Menjadi "UMKM Unggul” Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1). https://doi.org/10.29259/jscs.v2i1.29
Prihandono, D., Wijaya, A. P., Abiprayu, K. B., Prananta, W., & Widia, S. (2024). Measuring Enterprise Resource Planning (ERP) Software Risk Management for Digital SMEs. Ingenierie Des Systemes d’Information, 29(5), 1789. https://doi.org/10.18280/ISI.290512
Prihandono, D., Wijaya, A. P., Wiratama, B., Prananta, W., & Widia, S. (2024). Digital transformation to enhance Indonesian SME performance: Exploring the impact of market competition and digital strategy. Problems and Perspectives in Management, 22(2), 103–113. https://doi.org/10.21511/PPM.22(2).2024.09
Saputra, H. T., Rif’ah, F. M., & Andrianto, B. A. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM. Journal of Economics, Management, Business, and Entrepreneurship, 1(1). https://doi.org/10.31537/jembe.v1i1.1275
Wijaya, A. P., Prihandono, D., Sutrasmawati, R. R. E., Istanti, F., & Febriatmoko, B. (2024). Penguatan pemasaran melalui desain kemasan untuk meningkatkan penjualan abon bonggol pisang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(3), 2796–2803. https://doi.org/10.31764/JPMB.V8I3.26116
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i4.32471
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: