Pelatihan pemanfaatan digital marketing fitur affiliasi bagi SMKN 1 Garut
Abstract
Abstrak
SMK Negeri 1 Garut merupakan lembaga pendidikan vokasi yang memiliki tujuan membekali para siswa keterampilan dan kompetensi yang relevan didunia kerja atau bahkan menjadi wirausahawan yang mempunyai pengetahuan dan skill sehingga dapat membuka lowongan pekerjaan. Seiring dengan perkembangan digital, digital marketing sangat penting untuk menjadi bekal bagi para siswa SMKN 1 Garut untuk dunia kerja, sehingga pelatihan ini akan sangat bermanfaat bagi para siswa SMKN 1 Garut. Latar belakang pengabdian ini didasarkan karena di SMKN 1 Garut belum adanya pembelajaran tentang digital marketing fitur affiliasi sedangka kebutuhan lapangan pekerjaan mengenai digital marketing sangat tinggi, maka dari itu akan sangat bermanfaat diadakanya pelatihan digital marketing. Pelatihan digital marketing bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dalam kemampuan mengelola marketing dengan digitalisasi sekaligus memperkuat kompetensi terlibat baik itu dalam meningkatkan pemahamannya atau menambah kemampuannya soft skills seperti komunikasi, public speaking, dan digitalisasi. Pelatihan ini melibatkan 25 orang siswa yang menjadi peserta aktif dalam mengikuti teori dan dan praktik yang telah dirancang secara kolaboratif dengan pihak sekolah agar sesuai dengan kebutuhan mereka. Berdasarkan hasil evaluasi, program ini tidak hanya memperdalam pemahaman siswa tentang digital marketing fitur affiliasi, tetapi juga memperluas wawasan mereka mengenai peluang karier di bidang digital marketing baik itu menjadi baik itu sebagai Digital Marketing, Sosial Media Spesialis, KOL Spesialis, Konten Kreator dan Live Spesialis. Pelatihan ini berhasil memberikan dampak bagi para siswa yang terlibat baik itu dalam meningkatkan pemahamannya atau menambah kemampuannya
Kata kunci: digital marketing; fitur affiliasi; SMKN 1 Garut
Abstract
SMK Negeri 1 Garut is a vocational education institution that aims to equip students with skills and competencies that are relevant in the world of work or even become entrepreneurs who have the knowledge and skills so that they can open job vacancies. Along with digital developments, digital marketing is very important to be a provision for students of SMKN 1 Garut for the world of work, so this training will be very beneficial for students of SMKN 1 Garut. The background of this research is based on the fact that at SMKN 1 Garut there is no learning about digital marketing affiliate features while the employment needs regarding digital marketing are very high, therefore it would be very useful to hold digital marketing training. Digital marketing training aims to improve skills in the ability to manage marketing with digitalization while strengthening the competencies involved in either increasing their understanding or increasing their abilities. soft skills such as communication, public speaking, and digitalization. The training involved 25 students who became active participants in following the theory and practice that had been designed collaboratively with the school to suit their needs. Based on the evaluation results, the program not only deepened students' understanding of digital marketing affiliate features, but also broadened their horizons regarding career opportunities in the digital marketing field whether it be as a Digital Marketing, Social Media Specialist, KOL Specialist, Content Creator and Live Specialist. With the support of structured materials, this training contributes to broadening students' horizons and improving their readiness to compete in the workforce.
Keywords: digital marketing; feature affiliate; SMKN 1 Garut
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhani, I., Maulida Antika, R., & Bhakti Pembangunan, S. (n.d.). Pengaruh Content Marketing Tiktok Affiliate, Live Streaming dan Diskon Harga di Tiktok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare (Studi Kasus di Jakarta Selatan).
Adnan, F. (2022). Sistem affiliate dalam marketplace Shopee menurut hukum Islam dan hukum positif di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Hukum, 10(2), 23-35.
Andy, P., Wati, P., Martha, J. A., Indrawati, A., Artha, N., Layout, F., & Wildan Fajar, M. (2020). Digital marketing. Jakarta: Penerbit Universitas.
Hidayati, N. (2021). Pemanfaatan website sekolah sebagai strategi digital marketing di Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 111–133. https://doi.org/10.15642/jkpi.2021.11.1.111-133
Indrapura, P. F. S., & Fadli, U. M. D. (2023). Analisis strategi digital marketing di perusahaan Cipta Grafika. JURNAL ECONOMINA, 2(8), 1970–1978. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.699
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. (n.d.). Website resmi Kemenparekraf. Diakses pada 12 Juni 2025, dari https://www.kemenparekraf.go.id/
Pinky Aldhama. (2022). Pengaruh review dan affiliate marketing produk marketplace terhadap impulse buying konsumen dalam perspektif ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 45-67. https://doi.org/10.1234/jei.v8i2.312
Rahman, F. (2022). Praktik affiliate marketing pada platform e-commerce dalam tinjauan hukum ekonomi syariah. Istidlal: Jurnal Ekonomi Dan Hukum Islam, 6(1), 24–37. https://doi.org/10.35316/istidlal.v6i1.407
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Garut. (n.d.). Website resmi SMKN 1 Garut. Diakses pada 15 Juni 2025, dari https://www.smknegeri1garut.sch.id/
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia. (n.d.). Diakses pada 12 Juni 2025, dari https://www.dpr.go.id/
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i4.32539
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: