Workshop ecoprint sebagai edukasi pengurangan sampah kantong plastik di kelas IV SD Negeri 1 Ampenan

Hikmah Ramdhani Putri, Ilham Kharisma Ramadhani, Radiatul Adawiah, Rita Septiana, Monica Tiara Dewi, Laili Mutmainnah

Abstract


Abstrak

Permasalahan sampah plastik yang sulit terurai menjadi tantangan lingkungan yang mendesak, termasuk di lingkungan sekolah dasar. Artikel ini membahas implementasi workshop ecoprint sebagai media edukatif dalam upaya mengurangi sampah plastik di SD Negeri 1 Ampenan. Kegiatan ini menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) yang melibatkan 60 siswa kelas IV, dibagi dalam 14 kelompok. Mereka diberi pelatihan teknik ecoprint menggunakan metode “pounding” untuk menghias tas kain sebagai alternatif ramah lingkungan pengganti kantong plastik. Proyek ini terdiri dari dua tahap utama, yaitu sosialisasi dan pelaksanaan kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa tidak hanya memahami isu lingkungan, tetapi juga mengembangkan keterampilan motorik, kerja sama, dan kreativitas melalui aktivitas yang menyenangkan. Program ini terbukti efektif sebagai sarana edukasi lingkungan sekaligus penguatan karakter peduli lingkungan sejak usia dini.

 

Kata Kunci: ecoprint; sampah plastik; SDN 1 Ampenan.

 

Abstract

The issue of non-degradable plastic waste poses an urgent environmental challenge, including in primary school environments. This article discusses the implementation of an ecoprint workshop as an educational tool to reduce plastic waste at SD Negeri 1 Ampenan. The activity employed a project-based learning approach involving 60 fourth-grade students divided into 14 groups. They were trained in the "pounding" ecoprint technique to decorate cloth bags as eco-friendly alternatives to plastic bags. The project consisted of two main stages: a socialization session and the main workshop. The results indicate that students not only gained awareness of environmental issues but also developed fine motor skills, collaboration, and creativity through engaging activities. This program proved effective in fostering environmental education and instilling environmental awareness from an early age.

 

Keywords: ecoprint; plastic waste; SDN 1 Ampenan.


Keywords


ecoprint; plastic waste; SDN 1 Ampenan.

Full Text:

PDF

References


Alvianor, A. (2017). Penanaman nilai budaya melalui materi kebersihan lingkungan pada mata pelajaran PAI di SMPN 12 Palangka Raya.

Angriani, P., Muhaimin, M., Hastuti, K. P., Adyatma, S., & Saputra, A. N. (2021). Ban on Plastic Bags Usage: Consumer Perception of Single-Use Plastic Bags in Traditional Market. Proceedings of the 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020), 525(Icsse 2020), 226–232. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210222.036

Aplikasi, J., Rekayasa, T., Prastiyo, Y. B., Darwisah, B., & Wahyuni, S. (2024). Penyuluhan pemanfaatan tumbuhan lokal sebagai pewarna alami kerajinan ecoprint Extension of local plants utilization as natural dyes for ecoprint crafts untuk masuk ke level nasional . Salah satu potensi terbesar dalam pemanfaatan. 3(1), 11–18.

Apriadi, B. F., Setiawan, R. P., & Firmansyah, I. (2024). Policy scenario of plastic waste mitigation in Indonesia using system dynamics. Waste Management and Research. https://doi.org/10.1177/0734242X241231396

Azmiyati, U., & Rancak, G. T. (2021). Estimation of Domestic Waste Volume as A Sustainable Waste Management Efforts In Mataram City. Jurnal Presipitasi : Media Komunikasi Dan Pengembangan Teknik Lingkungan, 18(1), 131–140. https://doi.org/10.14710/presipitasi.v18i1.131-140

Bali Widodo, & Egi Nurholis. (2021). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis KearifanLokal Masyarakat Kuta Dalam Membentuk Karakter WargaNegara Berwawasan Lingkungan. Jurnal Artefak, 8(1).

Dwi Anzani, S., Wignyanto, W., Hindun Pulungan, M., & Rosallina Lutfi, S. (2016). Natural Dye of Soursop Leaf (Annona muricata L.) for Mori Primissima Fabric (Study: Types and Fixation Concentrations). Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(3), 132–139. https://doi.org/10.21776/ub.industria.2016.005.03.3

Hijriani, F. (2013). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas Iv Sdn. 1.

Hikmah, A. R., & Retnasari, D. (2021). Ecoprint Sebagai Alternatif Peluang Usaha Fashion Yang Ramah Lingkungan. Universitas Negeri Yogyakarta, 16(1), 1–5. https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/issue/view/2172

Ningrum, R. S. (2023). PENEKANAN PENGGUNAAN PLASTIK SEKALI PAKAI MELALUI PROGRAM YOUTH ACTIVIST. https://www.wwf.id/id/blog/penekanan-penggunaan-plastik-sekali-pakai-melalui-program-youth-activist

Octariza, S., & Mutmainah, S. (2021). Penerapan Ecoprint Menggunakan Teknik Pounding Pada Anak Sanggar Alang-Alang, Surabaya. Jurnal Seni Rupa, 9(2), 308–317. http:/e/journal.unesa.ac.id/index.php/va

Ririn Widiyasari1, Zulfitria, S. F. (2021). PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK DENGAN METODE ECOBRICK SEBAGAI UPAYA MENGURANGI LIMBAH PLASTIK Ririn. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 3(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.62823

Setiawan, G., & Kurnia, E. D. N. (2022). Evolusi Eco Print: Pengembangan Desain Dan Motif. Corak, 10(2), 213–224. https://doi.org/10.24821/corak.v10i2.5638

Wika Watiningsih. (2022). Teknik Ecoprint, Pengembangan Motif Kain Yang Ramah Lingkungan. Garina, 14(2), 01–15. https://doi.org/10.69697/garina.v14i2.10




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i5.32593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: