PELATIHAN PENERAPAN汉语媒体 (HANYU MEITI)BAGI GURU-GURU BAHASA MANDARIN SE-MALANG RAYA
Abstract
ABSTRAK
Penggunaan media dalam pengajaran bahasa Mandarin oleh guru-guru SMA di kota Malang sangat terbatas, terlebih lagi pada pembahasan materi yang sulit seperti pelafalan, intonasi dan ejaan; tata bahasa dan aksara Mandarin (hanzi). Dari hasil observasi ditemukan bahwa penerapan media pembelajaran dalam pengajaran bahasa mandarin dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga mempengaruhi tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Oleh karena itu, diperlukannya pemahaman guru dalam menerapkan media pembelajaran bahasa Mandarin di kelas. Kegiatan pelatihan ini bersama dengan mitra MGMP Bahasa Mandarin Se- Malang Raya dengan tujuan untuk membantu guru dalam mengajarkan bahasa Mandarin kepada siswa melalui 汉语媒体 (Hanyu Meiti). 汉语媒体 (Hanyu Meiti) adalah media pembelajaran yang memaparkan materi bahasa Mandarin dengan jelas dan lengkap, serta juga sebagai alat bantu guru bahasa Mandarin dalam proses belajar mengajar. Metode pelaksanaan terdiri dari pengarahan dan pelaksanaan kegiatan pelatihan. Adapun rincian kegiatan berupa (1) Memperkenalkan fungsi dan manfaat 汉语媒体(Hanyu Meiti) dalam pengajaran bahasa Mandarin; (2) Memperkenalkan langkah penggunaan汉语媒体(Hanyu Meiti); (3) Mendemonstrasikan penggunaan汉语媒体(Hanyu Meiti) (4) Guru mempratekkan secara langsung. Hasil dari kegiatan didapatkan bahwa terlihat sekali antusias para guru dalam mengikuti pelatihan yang dilaksanakan, terbukti dari para guru mengajukan beberapa pertanyaan serta merespon pemateri selama kegiatan pelatihan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan bahasa Mandarin penting dilakukan untuk mengatasi kendala keterbatasan media pembelajaran bahasa Mandarin dan juga dapat menambah referensi media pembelajaran bahasa Mandarin bagi guru.
Kata kunci: bahasa mandarin; media pembelajaran; guru SMA; pelatihan.
ABSTRACT
The use of media in teaching Chinese by high school teachers in Malang is very limited, especially in discussing difficult materials such as pronunciation, intonation and spelling; grammar and Chinese characters (hanzi). From the observations it was found that the application of instructional media in teaching Chinese can increase student interest in learning so that it affects the level of student understanding of the material being taught. Therefore, it is necessary to have an understanding of teachers in implementing Chinese learning media in the classroom. This training activity together with Chinese MGMP partners throughout Malang Raya with the aim of assisting teachers in teaching Chinese to students through 汉语媒体 (Hanyu Meiti).汉语媒体 (Hanyu Meiti) is a learning media that describes Chinese material clearly and completely, as well as a tool for Chinese teachers in the teaching and learning process. The implementation method consists of directing and implementing training activities. The details of the activities are (1) Introducing the functions and benefits of 汉语媒体 (Hanyu Meiti)in teaching Chinese; (2) Introducing the usage steps of 汉语媒体 (Hanyu Meiti); (3) Demonstrating the use of 汉语媒体 (Hanyu Meiti) (4) Teacher practicing directly. The results of the activity showed that the teachers were very enthusiastic in participating in the training carried out, as evidenced by the teachers asking several questions and responding to the speakers during the training activities. So it can be concluded that Mandarin language training is important to do to overcome the constraints of the limitations of Mandarin learning media and can also add references to Mandarin learning media for teachers.
Keywords: chinese language; learning media; senior high school teacher; training.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Charisty, T. E., & Wijaya, L. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Ketidak-tertarikan Mahasiswa Etnis Tionghoa Universitas Kristen Petra Surabaya Dalam Mempelajari Bahasa Tionghoa. Century: Journal of Chinese Language, Literature and Culture, 4(1), 8–19.
Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. 5(1), 6. SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Jurnal. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511
Huimin, M. (2015). 谈谈汉字笔顺教学的几个问题. http://www.doc88.com/p-6701228519939.html
Ikananda, S. S. P. (2017). Pengembangan media kartu kata domino untuk pembelajaran gramatika bahasa Mandarin kelas XI SMA Taman Harapan Malang / Sonya Surya Puspita Ikananda [Diploma, Universitas Negeri Malang]. http://repository.um.ac.id/12409/
Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan, 1(2).
Subandi, S. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Bahasa Jepang Melalui Pendekatan Lesson Study Dengan Menggunakan Materi Ajar Apresiatif. Paramasastra, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.26740/parama.v1n1.p%p
Wei Wei, Y. (2017). 英汉亲属称谓词对比研究以及对外汉语教学-易威伟-中文学术期刊【掌桥科研】. https://www.zhangqiaokeyan.com/academic-journal-cn_contemporary-educational-practice-teaching-research-electronics_thesis/0201228225267.html
Xuan Xuan, Y. (2012). 汉英亲属称谓词对比分析及其对外汉语教学—百度学术. https://xueshu.baidu.com/usercenter/paper/show?paperid=23bc0a292ccb9b14b035cebeb033541b&site=xueshu_se.
Yunping, Q., & Cheng, H. (n.d.). Urutan Guratan Hanzi汉语笔顺学艺. vol 6.1.1(2011), https://wenku.baidu.com/view/32cb9903bb68a98271fefa44.html.
Huimin, Ma. 谈谈汉字笔顺教学的几个问题. (2015). http://www.doc88.com/p-6701228519939.html
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.3314
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: