Edukasi pentingnya menulis pada guru olahraga di Kota Jayapura untuk menumbuhkan motivasi dalam menulis
Abstract
Abstrak
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini adalah untuk mengedukasi pentingnya menulis dan cara menulis yang mudah pada guru olahraga di Kota Jayapura. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan melalui empat tahapan, yaitu: persiapan, pendidikan atau pelatihan, penguatan, dan evaluasi. Hasil kegiatan PkM menunjukkan sebanyak 21 guru olahraga di Kota Jayapura, Papua, mengikuti kegiatan tersebut. Sebanyak 80.95% atau 17 orang adalah guru olahraga laki-laki sedangkan 19.05% atau 4 orang adalah guru perempuan. Secara usia, rata-rata usia peserta PkM adalah 34.57 ± 10.62 tahun dengan usia guru yang termuda adalah 23 tahun sedangkan yang senior 57 tahun. Berdasarkan pengalaman, tampak bahwa rata-rata peserta memiliki pengalaman mengajar selama 8.95 tahun dan bahkan terdapat yang sudah mengajar 29 tahun. Sebanyak 85.71% peserta PkM menyatakan belum pernah menulis artikel dan sebanyak 90.48% belum pernah menulis buku. Sebanyak 90.5% peserta menyebutkan belum pernah menggunakan aplikasi references tools. Sebanyak 85% peserta dapat memahami dengan baik materi penulisan yang diberikan dan peserta sangat tertarik untuk membuat tulisan bertema olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, serta olahraga prestasi. Motivasi menulis peserta PkM tampak cukup tinggi atau dengan kata lain guru olahraga memiliki hasrat yang tinggi agar dapat menulis artikel maupun buku.
Kata kunci: guru olahraga; edukasi menulis; cara menulis.
Abstract
This community service activity (PkM) aims to disseminate the importance of writing and to train easy writing to physical education teachers in Jayapura City. This community service activity was carried out through four stages, namely: preparation, education or training, strengthening, and evaluation. As many as 21 junior high school physical education teachers in Jayapura City, Papua, participated in this activity (17 males and 4 females). In terms of age, the average age of PkM participants is 34.57 ± 10.62 years with the youngest teacher being 23 years old while the oldest is 57 years old. Based on experience, it appears that the average participant has 8.95 years of teaching experience and some have even taught for 29 years. As many as 85.71% of PkM participants stated that they had never written an article and 90.48% had never written a book. As many as 90.5% of participants said they had never used the reference tools application. As many as 85% of participants could understand the provided writing material well and the participants were very interested in writing on the themes of educational sports, recreational sports, and sports achievements. The motivation of PkM participants to write seems high enough to be able to write articles and books.
Keywords: physical education teacher; how to write; writing education.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Dimmick, K., & Dimmick, S. (2016). 47 mind hack for writers. Florida: Michael Grace Publishing LLC.
Gardner, H. (2011). Frames of mind: The theory of multiple intelligences. New York: Basic Books.
Gusril, Komainni, A., Haris, F., Arrasyih, F., Hasnah, D., & Chaeroni, A. (2023). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Se Kecamatan Padang Barat. Transformasi: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 121–129.
Herring, L. (2016). On being stuck: tapping into the creative power of writer’s block. Colorado: Shambhala Publication, Inc.
Kemenpora. (2023). Tingkatkan Kompetensi Guru PJOK, Kemenpora Gelar Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah.
Kogoya, K., Hijjang, P., Ahmad, K., Guntoro, T. S., Numberi, G. K. I., Putra, M. F. P., … Hidayat, R. R. (2024). How is the role of sports in forming nationalism? A study on the most significant sports event in Indonesia. SPORT TK-EuroAmerican Journal of Sport Sciences, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.6018/sportk.568991
Kogoya, K, Guntoro, T. S., & Putra, M. F. P. (2022). Sports Event Image, Satisfaction, Motivation, Stadium Atmosphere, Environment, and Perception: A Study on the Biggest Multi-Sport Event in Indonesia during the Pandemic. Social Sciences, 11(6), 1–13. https://doi.org/10.3390/socsci11060241
Kogoya, Kenius. (2023). Melihat Papua Dari Jendela Olahraga: Nasionalisme dan kebudayaan dalam penyelenggaraan PON XX Papua. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Negara, F. B., Sutisyana, A., Raibowo, S., Sugihartono, T., & Syafrial. (2021). Pelatihan Online Penulisan Artikel Ilmiah Kepada Guru Honorer Penjas Di Kota Bengkulu. Jurnal Dharma Pendidikan Dan Keolahragaan, 1(2), 15–23. https://doi.org/10.33369/dharmapendidikan.v1i2.18921
Papua, B. (2023). Rencana Strategis (Renstra) Balai Guru Penggerak (BGP). Jayapura: BGP Papua.
Putra, M. F. P. (2022a). Belajar Berhitung Berhadiah (3B): Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Asli Papua. SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 75. https://doi.org/10.35329/sipissangngi.v2i2.2903
Putra, M. F. P. (2022b). Belajar Mengenal Huruf, Membaca, dan Menulis Bersama Melalui 3P: Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Asli Papua. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 6(1), 77–82. https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i1.3558
Putra, M. F. P. (2022c). Membudayakan Berolahraga Pada Anak Asli Papua. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 952. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8560
Syme, B. (2020). Dear writer, are you in writer’s block? Montana: Hummingbird Books.
Widodo, A., Salawati, T., Salsabilla, Z. S., & Novitasari, Y. (2024). Pelatihan Penulisan Artikel Opini Keolahragaan Dan Kesehatan Bagi Guru Pjok Kota Semarang. Proficio, 5(2), 137–143. https://doi.org/10.36728/jpf.v5i2.3445
Yersin, E., Larung, P., Ledoh, C. C., Sirampun, E., Christianti, Y., Wagha, E. F., … Putra, M. F. P. (2024). Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis canva pada guru SD Inpres Armopa IV Kabupaten Sarmi Papua. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(4), 4538–4546. https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.28589
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i1.33262
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: