Pemberdayaan guru dalam pembuatan media pembelajaran digital di sekolah dasar

Perawati Bte Abustang, Firmansah Koesyomo Efendi, Nur Fasbir Rusaji Absar, Muhammad Taufiq, Rifqa Nur Amalina, Priska Vivinda Rosarin, Ransi Rande, Merianti Penda, Nur Afni Aprilia

Abstract


Abstrak

Pemberdayaan guru adalah proses memberikan kemampuan kepada guru sehingga mampu memberikan pertimbangan terkait baik atau tidaknya cara mengajar, kemudian mampu mengambil keputusan sendiri untuk menyelesaikan permasalahan mengajar yang dihadapi di dalam kelas sehingga bisa bekerja dengan kinerja yang lebih tinggi dan lebih baik lagi. Penggunaan media pembelajaran digital dapat meningkatkan kemampuan guru untuk menggunakan berbagai aplikasi yang tersedia dan menjadikannya sumber pembelajaran yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan guru dalam pembuatan media pembelajaran digital, Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah workshop, yang dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2025 dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang guru. Dalam workshop, peserta aktif terlibat dari rata-rata 2,6 sebelum workshop menjadi 3,8 setelah workshop dalam kegiatan belajar yang praktis dan interaktif, seperti diskusi kelompok, latihan, dan simulasi. Pada kegiatan ini terdapat 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.

 

Kata kunci: media pembelajaran; pemberdayaan guru; sekolah dasar.

 

Abstract

Teacher empowerment is the process of providing teachers with the ability to provide considerations regarding the goodness or badness of teaching methods, then being able to make their own decisions to solve teaching problems faced in the classroom so that they can work with higher and better performance. The use of digital learning media can improve teachers' ability to use various available applications and make them an interesting learning resource. The purpose of this study was to determine how teacher empowerment in creating digital learning media, The method used in this study was a workshop, which was held on January 20, 2025 with a total of 30 teachers as participants. In the workshop, participants were actively involved from an average of 2.6 before the workshop to 3.8 after the workshop in practical and interactive learning activities, such as group discussions, exercises, and simulations. In this activity there are 3 stages: preparation, implementation, and evaluation.

 

Keywords: learning media; teacher empowerment; elementary school.


Keywords


learning media; teacher empowerment; elementary school.

Full Text:

PDF

References


Afifulloh, M., & Sulistiono, M. (2023). Penguatan Literasi Digital melalui Pembuatan Media Pembelajaran Audio Visual. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 211–216. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v7i2.5346

Alam, S., Abustang, P. B., & Amalina, R. N. (2023). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR UNTUK PENINGKATAN KARAKTER GEMAR MEMBACA MELALUI PROGRAM LITERASI KAMPUS MENGAJAR. 7, 1022–1027.

Arima, M., Amaliyah, N., Abustang, P., & Alam, S. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kota Makassar. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 105–110. https://doi.org/10.24903/pm.v6i2.818

Fauzi, M., Utomo, B. T., Wiranata, R., & Likasari, G. A. (2023). Peningkatan Profesionalisme Guru Sd Melalui Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Digital. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11479–11484.

Hendra, Afriyadi, H., Tanwir, Noor Hayati, Supardi, Laila, S. N., Prakasa, Y. F., Hasibuan, R. P. A., & Asyhar, A. D. A. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). In PT. Sonpedia Publishing Indonesia (Issue 1). https://repository.uinmataram.ac.id/2683/1/Media pembelajaran berbasis digital.pdf

Kartimi, K., Mulyani, A., & Riyanto, O. R. (2019). Pemberdayaan Guru Dalam Implementasi Pembelajaran Abad 21. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 160–170. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v1i2.5815

Lamada, M. S., & Sanatang. (2018). Pemberdayaan Guru melalui Kegiatan Pelatihan Media Pembelajaran di SMK Negeri 1 Takalar. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 398–402.

Nurhairunnisah, Noviati, W., Merdekawati, A., Lestari, I. D., & Made, I. G. (2024). Media pembelajaran digital bagi guru sd di kabupaten sumbawa. 4(1), 223–227.

Nuryoso, Saputra, D., Qawim, M. M., Hariyadi, A., & Utomo, S. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Konsep Merdeka Belajar. Equity In Education Journal, 5(1), 14–22. https://doi.org/10.37304/eej.v5i1.8256

Permatasari, D., Dayu, K., & Setyaningsih, N. D. (2024). Pemberdayaan Guru Melalui Workshop Quizizz untuk Meningkatkan Keterampilan Digital pada Implementasi Kurikulum Merdeka. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT BANGSA, 2(10), 4391–4396.

Sa, H., Listiana, H., Nurhayati, S., & Jannah, F. M. (2024). Pembelajaran Berbasis Digital Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 02(November), 270–277.

Sidabutar, Y. A., Sihombing, S. D., Simanjuntak, T. A., Tambunan, M. A., & Manihuruk, L. M. E. (2024). Pemberdayaan Guru Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berupa Animasi Dengan Menggunakan Aplikasi Kinemaster Sebagai Wujud Era Digitalisasi Di Bidang Pendidikan. Jurnal Pengabdian Bukit Pengharapan, 4(1), 91–97. https://doi.org/10.61696/jurdian.v4i1.235

Utami, R. D., Minsih, M., Prayitno, H. J., Pristi, E. D., Lestari, R. Y. A., Handayani, D., Tristiana, V., Yoviyanti, R., Afif, K., & Shohenuddin, S. (2023). Pemberdayaan Guru dan Fasilitator dalam Pembelajaran Kelas Rangkap pada Sanggar Belajar Malaysia Berpendekatan Profil Pelajar Pancasila. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 96–106. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i1.22889




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i5.33442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: