Pengembangan keterampilan pembuatan sabun laundry dan pemasaran online bagi komunitas ibu-ibu di Perumahan Lingkar Manunggal Desa Bajur

Windi Baskoro Prihandoyo, Nining Suryani, Hulaifi Hulaifi

Abstract


Abstrak

Pelatihan pembuatan sabun laundry dan pemanfaatan media online untuk pemasaran pada ibu-ibu di Perumahan Lingkar Manunggal, Desa Bajur, Lombok Barat, dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kemandirian ekonomi mereka. Desa ini memiliki potensi ekonomi produktif yang besar, namun ibu-ibu rumah tangga belum memiliki akses atau keterampilan yang memadai. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah penyuluhan dan pelatihan, yang mencakup diskusi interaktif, praktik pembuatan sabun laundry, dan pelatihan pemasaran online. Pelatihan ini dilaksanakan dalam dua sesi, dengan 30 peserta menunjukkan antusiasme tinggi. Hasilnya meliputi terbentuknya unit usaha sabun laundry komunitas, dimulainya produksi sabun secara mandiri, dan layanan penjualan paket bahan pembuatan sabun. Keberhasilan ini menegaskan bahwa pelatihan berbasis komunitas dan potensi lokal merupakan strategi efektif dalam pengabdian kepada masyarakat, mendorong pemberdayaan ekonomi dan kewirausahaan.

 

Kata kunci: pengabdian; pelatihan; literasi digital.

 

Abstract

Training on laundry soap making and the use of online media for marketing was conducted for women in the Lingkar Manunggal Housing Complex, Bajur Village, West Lombok, to enhance their skills and promote economic independence. This village has significant productive economic potential, but the women lack adequate access or skills. The methods employed in this community service activity included outreach and training, which consisted of interactive discussions, hands-on laundry soap-making practices, and online marketing training. The training was conducted in two sessions, with 30 participants demonstrating high enthusiasm. Results included the establishment of a community laundry soap business unit, the commencement of independent soap production, and the sale of soap-making ingredient packages. This success confirms that community-based training and local potential are effective strategies for community service, encouraging economic empowerment and entrepreneurship.

 

Keywords: community service; training; digital literacy.


Keywords


community service; training; digital literacy.

Full Text:

PDF

References


Anjani, dkk. (2024). Pemberdayaan Masyarakat (Strategi, Model, dan Inovasi untuk Transformasi Sosial) (Ed. 1; Bayu Adi Laksono, Ed.). Madiun: CV. Bayfa Cendikia Indonesia.

Chusumastuti, D., Zulfikri, A., & Rukmana, A. Y. (2023). Pengaruh Digital Marketing dan Kompetensi Wirausaha Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi ada UMKM di Jawa Barat). Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 2(02), 22–32. https://doi.org/10.58812/jbmws.v2i02.334

Dewi, L. S., & Setiawan, W. B. (2023). Pengembangan Dan Pelatihan Sumber Daya Manusia Di Era Digital Marketing Menuju 5.0 Dengan Memanfaatkan Platform Media Sosial Pada Umkm Di Desa Sukasukur Kecamatan Cisayong. Jurnal Umum Pengabdian Masyarakat, 2(4), 36–44. https://doi.org/10.58290/jupemas.v2i4.190

Hery Syafrial. (2023). Literasi Digital Seri 1 (Pertama). Yogyakarta: PT. Nas Media Indonesia.

Ida Bagus Suryawan, I. G. O. M. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perencanaan Desa Wisata (Ed. 1; Nila Duniawati, Ed.). Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Muchtar, K. (2017). Penerapan Komunikasi Partisipatif Pada Pembangunan Di Indonesia. Makna: Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa, Dan Budaya, 1(1), 20–32. https://doi.org/10.33558/makna.v1i1.795

Nurlinda Sari, Risky Laras Syari, Rio, Humairo, & Abdul Pandi. (2025). Strategi Pemasaran yang Efektif untuk UMKM di Era Digital. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 4(1), 21–29. https://doi.org/10.58540/jipsi.v4i1.787

Suprapto Estede, Revia Setiani, Yusnaini, Rineliana, Endah Dwi Lestari, Anwar, Susi Susilawati Harahap, Jenita, S. S. (2025). Pengantar Ilmu Manajemen Modern (Pertama; Paput Tri Cahyono, Ed.). Batam: Yayasan Cendikian Mulia Mandiri.

Suriani, S., & Fatriani, E. (2022). The Impact of Edutourism “Kampung Inggris” on the Improvement of Community Welfare in South Tetebatu Village, Lombok, Indonesia. Jurnal Pariwisata Nusantara (JUWITA), 1(3), 237–247. https://doi.org/10.20414/juwita.v1i3.6206

Suryani et al. (2023). Manajemen Pemasaran di Era Digital: Mengatasi Tantangan dan Memenangkan Persaingan (I; Mukrodi, Ed.). Bekasi: PT Dewangga Energi Internasional.

Tjilen, A. P. (2019). Konsep, Teori, dan Teknik Analisis Implementasi, Kebijakan Publik: Studi Implementasi Program Rencana Strategis Pembangunan Kampung (Frans Papilaya, Ed.). Bandung: Nusa Media.

Zainal Abidin. (2022). PAULO FREIRE: PEDAGOGI KRITIS DAN PENGUATAN CIVIL SOCIETY DI INDONESIA. In Khairul Umam (Ed.), Etika Jurnalisme Pada Koran Kuning : Sebuah Studi Mengenai Koran Lampu Hijau (Pertama, Vol. 16). Yogyakarta: DIVA Press.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i5.33650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: