Pelatihan mengelola instagram sebagai media komunikasi dan informasi pada kelompok masyarakat Tegal Malaka
Abstract
Abstrak
Tegal malaka merupakan Kawasan wisata yang terletak di kaki gunung Guntur Garut yang menampilkan keasrian gunung Guntur Garut dan Pemandangan Kota Garut. Latar belakang pengabdian ini adalah Pengelola Kawasan wisata Tegal Malaka belum bisa mengoptimalkan media informasi dan komunikasi Instagram sebagai satu-satumya sumber informasi wisata Tegal Malaka, maka dari itu pelatihan mengelola sosial media Instagram akan sangat bermanfaat guna mengoptimalkan media komunikasi dan informasi Tegal Malaka. Pelatihan mengelola sosial media Instagram bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengelola sosial media Instagram sehingga dapat bermanfaat untuk kepentingan Tegal Malaka khususnya untuk media Komunikasi dan Informasi. Pelatihan ini melibatkan 20 orang peserta yang terdiri dari kelomopok masyarakat Tegal Malaka yang menjadi peserta aktif dalam mengikuti penyampaian materi serta praktik secara rill. Berdasarkan hasil evaluasi program ini bukan hanya bermanfaat untuk kepentingan publikasi wisata tegal malaka namun akan bermanfaat untuk promosi wisata Tegal Malaka. Pelatihan mengelola sosial media Instagram berhasil memberikan dampak bagi kelompok masyarakat Tegal Malaka dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan mengelola sosial media Instagram.
Kata kunci: instagram; instagram sebagai media komunikasi dan infomasi; media tegal malaka.
Abstract
Tegal Malaka is a tourist area located at the foot of Mount Guntur Garut, showcasing the natural beauty of Mount Guntur Garut and the views of Garut City. The background of this initiative is that the managers of the Tegal Malaka tourist area have not yet been able to optimize Instagram as the sole source of tourist information for Tegal Malaka. Therefore, training in managing Instagram social media will be highly beneficial for optimizing communication and information for Tegal Malaka. The training aims to enhance the ability to manage Instagram, thereby benefiting Tegal Malaka, particularly in terms of communication and information. The training involved 20 participants from the Tegal Malaka community, who actively participated in both the theoretical sessions and practical exercises. Based on the evaluation results, this program is not only beneficial for Tegal Malaka tourism promotion but also for enhancing the overall tourism appeal of Tegal Malaka. The Instagram social media management training has successfully impacted the Tegal Malaka community by improving their understanding and skills in managing Instagram social media.
Keywords: instagram; instagram as a communication and information medium; media tegal malaka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwari, & Susanti Mitha. (2021). Pengelolaan Cyber Public Relations dalam meningkatkan reputasi pimpinan.
Cahya Sakti, B., & Yulianto Much. (n.d.). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PEMBENTUKAN IDENTITAS DIRI REMAJA. http://www.fisip.undip.ac.id
Susan Juliantika, Enjang As, & Aep Wahyudin. (2020). Pengelolaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi dan Informasi Rumah Sakit Pamengpeuk. Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, 5(2), 193–214. https://doi.org/10.15575/reputation.v3i3.xxxx
Fatimah, R., Hasibuan, E. J., & Novri, N. (2020). Peran Public Relations dalam Mengelola Publikasi Program Kemitraan di PT. Telkom Regional I Medan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(2), 104–109. https://doi.org/10.31289/jipikom.v2i2.339
Fitrianingsih, B., & Kholik, A. (2021). 6558 (cetak) PROSES HUMAS DISKOMINFO TANGERANG SELATAN DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF MELALUI INSTRAGRAM (Bunga Fitrianingsih, Abdul Kholik) Proses Humas Diskominfo Tangerang Selatan Dalam Membangun Citra Positif Melalui Instagram. In AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi (Vol. 2, Issue 2). https://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/AGUNA
Hayati, S., Rahmat, A., & Aidin, N. (2020). Strategi Publikasi PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional 1 Jakarta Dalam Menjaga Stabillitas Reputasi Perusahaan. Jurnal Visi Komunikasi, 18(2), 34. https://doi.org/10.22441/visikom.v18i2.9613
Kusuma1, D. F., & Sugandi, M. S. (2018). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18–33.
Mayasari, S., Indraswari, C., Komunikasi BSI Jakarta, A., & Sitasi, C. (2018). Efektivitas Media Sosial Instagram Dalam Publikasi HUT Museum Nasional Indonesia (MNI) Kepada Masyarakat. 9(2), 190–196. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom
Mumtaz, A. T., & Karmilah, M. (2022). Digitalisasi Wisata di Desa Wisata. Jurnal Kajian Ruang, 1(1), 1. https://doi.org/10.30659/jkr.v1i1.19790
Ni Luh Putu Ening Permini, & I Made Wahyu Kusuma Atmaja. (2022). PERAN HUMAS DALAM KEGIATAN PUBLIKASI ONLINE PEMERINTAH DI KABUPATEN BADUNG. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 8(3), 620–632. https://doi.org/10.25157/moderat.v8i3.2773
Nuh, M., Tinggi, S., kepada masyarakat dilaksanakan di Yayasan Peradaban Islam Pesantren Hidayatullah Jonggol, P., Raya Selawangi, J., Pasirpeteuy, D., Karya Mekar, D., Cariu, K., & Bogor Jawa Barat Keberadaan Pesantren Hidayatullah, K. (n.d.). PENYULUHAN MENGELOLA WEBSITE SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI, KOMUNIKASI DAN INFORMASI PADA PESANTREN HIDAYATULLAH JONGGOL.
Raffi, M., & Dianita, I. A. (2024). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran @Ninetysixvintages Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Pustaka Komunikasi, 7(1), 50–63. https://doi.org/10.32509/pustakom.v7i1.3305
Rizki Munggaran, & Zikri Fachrul Nurhadi. (2025). Pelatihan Smartphone Photography pada kelompok Masyarakat Bukit Tegal Malaka Untuk Meningkatkan Promosi Wisata. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 9(2).
Sudibya, B. (2018). Wisata Desa dan Desa Wisata. Jurnal Bali Membangun Bali, 1(1), 22–26. https://doi.org/10.51172/jbmb.v1i1.8
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i5.33703
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: