PENYULUHAN UMKM DI ERA NEW NORMAL DENGAN MEMPRIORITASKAN EKONOMI DIGITAL MARKETING

Febri Indra Farizki, Robiatus Salamah, Tengku Suripah Rani Mutiah, Widya Kusuma Wardhani, Purnama Siddi

Abstract


ABSTRAK

Di era new normal merupakan tahapan bagi pemerintah maupun masyarakat untuk menyelesaikan masalah ekonomi yang terjadi di segala lapisan masyarakat. Maka dengan memanfaatkan keadaan new normal ini, maka kami kelompok KKN Tematik Universitas Islam Batik Surakarta membuat kegiatan penyuluhan UMKM yang bertujuan untuk membangkitkan kembali dan meningkatkan semangat berwirausaha dengan memanfaatkan media sosial sebagai salah satu strategi dari digital marketing  di Desa Jambeyan. Penyuluhan ini diikuti oleh 15 warga pemilik UMKM Dukuh Ngrejeng, Dusun Gamping, Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen. Dengan melaksanakan penyuluhan UMKM maka kami segenap kelompok KKN Tematik Universitas Islam Batik Surakarta menyimpulkan bahwa penyuluhan UMKM yang kami berikan kepada para pemilik UMKM di Dukuh Ngrejeng, Dusun Gamping, Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen memperoleh dampak perekonomian pelaku UMKM meningkat sehingga mereka mampu untuk mempertahankan kehidupannya.

 

Kata kunci: penyuluhan UMKM; digital marketing; new normal.

 

ABSTRACT

In the new normal era, it is a stage for the government and society to solve economic problems that occur at all levels of society. So by taking advantage of this new normal situation, we, the Thematic KKN Group of the Islamic Batik Surakarta University, made a UMKM counseling activity that aims to revive and increase the entrepreneurial spirit by utilizing social media as one of the strategies of digital marketing in Jambeyan Village. This counseling was attended by 15 residents of the owner of UMKM Dukuh Ngrejeng, Gamping Hamlet, Jambeyan Village, Sambirejo District, Sragen Regency. By carrying out the UMKM counseling, the entire Thematic KKN Group of the Islamic Batik Surakarta University concluded that the UMKM counseling we gave to UMKM owners in Dukuh Ngrejeng, Dusun Gamping, Jambeyan Village, Sambirejo District, Sragen Regency had an increased economic impact so that they were able to maintain its life.

 

Keywords: UMKM counseling; digital marketing; new normal.


Keywords


UMKM counseling; digital marketing; new normal.

Full Text:

PDF

References


Andriani, D. (2020, September 08). Retrieved from Bisnis.com: https://ekonomi.bisnis.com/read/20200908/12/1288568/umkm-didorong-adaptasi-di-masa-pandemi-go-digital

Crismawan, A. B. (2020, Juli 28 ). Retrieved from Genial: http://genial.id/read-news/pengaruh-covid19-terhadap-umkm-di-indonesia

Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. ABDIMAS, 117-120.

Nisa, R. K. (2020, Agustus 31). Digitalisasi UMKM Produktif di Masa Pandemi. Retrieved November 16, 2020, from merdeka.com: https://www.merdeka.com/peristiwa/digitalisasi-umkm-produktif-di-masa-pandemi.html

Pangestika, W. (2020, Januari 01). Pengertian, Kelebihan, Jenis dan Strategi Digital Marketing. Retrieved November 16, 2020, from jurnal entrepreneur: https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/

Ramadhan. (2020, Juli 09). Retrieved from PT Muda Mudi Berkarya Sejahtera: https://asumsi.co/post/strategi-pemulihan-ekonomi-umkm-di-masa-new-normal

Reswari, D. M. (2020, April 21). Bagaimana Cara UKM Menjaga Produktivitas di Tengah Imbauan PSBB? Retrieved november 16, 2020, from jurnal entrepreneur: https://www.jurnal.id/id/blog/cara-ukm-menjaga-produktivitas-di-tengah-imbauan-psbb/

Rizal, J. G. (2020, Agustus 11). KOMPAS. Retrieved from Kompas.com: https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/11/102500165/pandemi-covid-19-apa-saja-dampak-pada-sektor-ketenagakerjaan-indonesia-?page=all

Sandi, F. B. (2020, Juni 24). Peran UMKM di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui. Retrieved November 16, 2020, from pajak: https://www.online-pajak.com/seputar-pph-final/peran-umkm

Susanto, A., Sari, C. A., Moses, D. R., & dkk. (2020, Januari). Implementasi Facebook Marketplace untuk Produk UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online. Abdimasku, 3, 42-51.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: