Pelatihan pemanfaatan panel surya untuk teknologi di SMP Negeri 3 Kediri

Dafit Ody Endriantono, Yesta Medya Mahardhika, Muhammad Nizar Habibi

Abstract


Abstrak

Rendahnya literasi energi terbarukan di tingkat sekolah menjadi tantangan dalam mendukung transisi energi nasional. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi fotovoltaik kepada siswa dan guru SMP Negeri 3 Kediri, meningkatkan pemahaman konseptual dan minat mereka terhadap energi terbarukan, serta memberikan keterampilan praktis awal dalam rekayasa teknologi sederhana. Metode yang digunakan adalah sosialisasi, demonstrasi perakitan langsung mobil tenaga surya sederhana, dan diskusi interaktif yang dilaksanakan dalam satu hari sebagai bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme dan partisipasi aktif yang sangat tinggi dari siswa dan guru. Metode demonstrasi terbukti efektif dalam mengubah konsep abstrak menjadi pengalaman belajar yang konkret dan memotivasi. Adanya komitmen dari guru untuk mereplikasi proyek secara mandiri menunjukkan potensi keberlanjutan program. Kegiatan ini menjadi model intervensi edukatif yang efisien dan dapat direplikasi untuk menumbuhkan budaya inovasi energi berkelanjutan sejak dini.

 

Kata kunci: energi terbarukan; panel surya; literasi energi; projek penguatan profil pelajar pancasila; edukasi teknologi.

 

Abstract

Low renewable energy literacy at the school level poses a significant challenge to supporting the national energy transition. This community service activity aimed to introduce photovoltaic technology to the students and teachers of SMP Negeri 3 Kediri, enhance their conceptual understanding and interest in renewable energy, and provide foundational practical skills in simple technological engineering. The methodology involved an introductory session, a live assembly demonstration of a simple solar-powered car, and an interactive discussion, conducted as a part of the Pancasila Student Profile Reinforcement Project (P5). The results showed exceptionally high enthusiasm and active participation from both students and teachers. The demonstration method proved effective in transforming abstract concepts into a tangible and motivating learning experience. Furthermore, the commitment shown by teachers to independently replicate the project indicates the program's potential for sustainability. This activity serves as an efficient and replicable educational intervention model for fostering a culture of sustainable energy innovation from an early age.

 

Keywords: renewable energy; solar technology; energy literacy; pancasila student character development; technology-based learning.


Keywords


renewable energy; solar technology; energy literacy; pancasila student character development; technology-based learning.

Full Text:

PDF

References


Arsita, S. A., Saputro, G. E., & Susanto, S. 2021. “Perkembangan Kebijakan Energi Nasional Dan Energi Baru Terbarukan Indonesia.” Jurnal Syntax Transformation 2(12):1779–88. doi:10.46799/jst.v2i12.473.

Asfani, D. A., Satriyadi Hernanda, I. G. N. ., & Yulistya Negara, I. M. 2022. “Alat Pembasmi Hama Otomatis Berbasis Solar Cell Di Desa Pranggang, Kabupaten Kediri.” Sewagati 6(3):304–11. doi:10.12962/j26139960.v6i3.138.

Diana, A., Mirochina, C., & Badrudin, B. 2024. “Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Pembelajaran P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Dengan Tema Suara Demokrasi Pada Kelas XII SMK Bhakti Nusantara 666.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 10(18):1–8. doi:https://doi.org/10.5281/zenodo.13855239.

Dwiyatno, S., Krisnaningsih, E., Sulistiyono, Wahyuningrum, R.W & Juniarti, A. D. 2022. “Peningkatan Kompetensi Guru Pesantren Melalui Pendampingan Pembuatan Buku Ajar Kreatif Dan Inovatif.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6(6):1641–51. doi:10.31849/dinamisia.v6i6.11633.

Hermawan, L. T., & Prabhawati, A. 2024. “Implementasi Just Energy Transition Partnership Indonesia Menuju Net Zero Emissions Tahun 2060.” Jurnal Energi Baru Dan Terbarukan 5(3):28–38. doi:10.14710/jebt.2024.24161.

Hikmawati, H., Zulfan, Z., & Aminah, S. 2023. “Pemanfaatan Alat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Beber.” Unram Journal of Community Service 4(1):11–17. doi:10.29303/ujcs.v4i1.392.

Kurniawan, T., Abdurrahman, A., & Rosidin, U. 2024. “Implementasi Pembelajaran STEM Berbasis Education for Sustainable Development Pada Topik Energi Terbarukan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Sistem.” Journal of Teaching and Learning in Physics 9(1):12–22. doi:https://doi.org/10.15575/jotalp.v9i1.28763.

Latukau, M. 2023. “Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Pemahaman Sains Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Lolobata Kabupaten Halmahera Timur Tahun 2023 Munir.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9(23):957–63. doi:https://doi.org/10.5281/zenodo.10429721.

Mayasari, F., Samman, F., Muslimin, Z., Waris, T., Dewiani, D., Salam, A. E., Gunadin, I., Areni, I., Akil, Y., Sahali, I., & Arief, A. 2022. “Pengenalan Panel Surya Sebagai Salah Satu Sumber Energi Terbarukan Untuk Pembelajaran Di SMA Negeri 1 Takalar.” JURNAL TEPAT : Teknologi Terapan Untuk Pengabdian Masyarakat 5(2):147–59. doi:https://doi.org/10.25042/jurnal_tepat.v5i2.271.

Nasir, M. N., & Bengi, K. S. 2024. “The Energy Mix Dilemma in Indonesia in Achieving Net Zero Emissions by 2060.” ASEAN Natural Disaster Mitigation and Education Journal 2(1):99–113. doi:10.61511/andmej.v2i1.2024.951.

Rizky, L., Pratiwi, T. S., Wibawa, A., & Achdiyana, I. 2023. “Peran Negara G20 Dalam Percepatan Transisi Energi Baru Terbarukan (EBT) Untuk Mewujudkan Ketahanan Energi Nasional.” Jurnal Ketahanan Nasional 29(3):271–90. doi:10.22146/jkn.88751.

Rosa, S. L., Sapitri., Hidayati, U., & Barokah, O. Y. 2022. “Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Pada Pendidikan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan 3(2):7–13. doi:10.25299/jpmpip.2022.10702.

Suhartini, S. 2024. “Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Praktikal Materi Mikrobiologi Kesehatan Di SMK Samarinda.” Jurnal Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru 2(1):49–57. doi:https://doi.org/10.21093/si-ppg.v2i1.7756.

Waruwu, D., Lase, R., Zega, Y., & Mendrofa, R. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 8(1):117–28. doi:10.31004/cendekia.v8i1.2941.

Wati, P., Nusantara, T., & Utama, C. 2024. “Efektivitas PjBL-STEM Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 7(2):126–43. doi:10.37329/cetta.v7i2.3264.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i5.33750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: