Jejak matematis dalam wayang: eksplorasi etnomatematika pada simbol dan struktur permainan tradisional

Lusia Bince Kumanireng, Meliana Tere Maran

Abstract


Abstrak

Tujuan pengabdian ini adalah untuk menemukan dan mengkaji unsur-unsur matematika yang terdapat dalam permainan tradisional wayang kertas, yang dibuat dari kertas berukuran pas foto, dengan menggunakan pendekatan etnomatematika. Kajian ini berpusat pada simbol-simbol visual dan struktur permainan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Sumber data dalam pengabdian ini adalah anak-anak berusia 6 hingga 12 tahun yang aktif bermain wayang kertas. Pemilihan subjek dilakukan secara purposive sampling, yakni memilih aktif bermain wayang kertas. Pemilihan subjek dilakukan secara purposive sampling, yakni memilih anak-anak yang memiliki pengalaman langsung dan pemahaman mendalam tentang permainan wayang. Objek pengabdian ini mencakupi: wayang kertas (baik yang dibuat oleh anak-anak maupun wayang kertas lama yang masih tersimpan); struktur permainan wayang kertas (termasuk aturan main, pola interaksi, narasi, dan gerakan yang terjadi selama permainan); serta simbol dan motif pada wayang (seperti bentuk, pola, atau representasi visual lainnya pada wayang kertas maupun dalam konteks permainan). Instrumen yang digunakan meliputi pedoman observasi (berisi poin-poin yang perlu diamati selama proses permainan wayang), pedoman wawancara (berisi daftar pertanyaan yang akan diajukan kepada anak-anak), dokumentasi (mendokumentasi visual wayang kertas dan lingkungan permainan. Hasil dari pengabdian ini menunjukan bahwa jejak matematis yang terdapat pada permainan kartu wayang yakni Tanda positif (+) dan bentuk bela ketupat; Lingkaran berulang, Tanda negatif(-);Tanjakan segitiga/ tandah panah; Lingkaran, satuan pengukuran.

 

Kata kunci: etnomatematika; kartu wayang; simbol dan struktur matematika.

 

Abstract

The purpose of this community service is to find and study the mathematical elements contained in the traditional game of paper puppets, which are made from photo-sized paper, using an ethnomathematics approach. This study focuses on visual symbols and game structures. The research method used is qualitative with a case study design. The data sources in this community service are children aged 6 to 12 years who actively play paper puppets. The selection of subjects was carried out by purposive sampling, namely selecting those who actively play paper puppets. The selection of subjects was carried out by purposive sampling, namely selecting children who have direct experience and a deep understanding of the puppet game. The objects of this community service include: paper puppets (both those made by children and old paper puppets that are still stored); the structure of the paper puppet game (including the rules of the game, interaction patterns, narratives, and movements that occur during the game); and symbols and motifs on the puppets (such as shapes, patterns, or other visual representations on the paper puppets or in the context of the game). The instruments used include observation guidelines (containing points that need to be observed during the puppet game process), interview guidelines (containing a list of questions to be asked to children), documentation (documenting visuals of paper puppets and the game environment. The results of this service show that the mathematical traces found in the puppet card game are Positive signs (+) and the shape of the ketupat; Repeating circles, Negative signs (-); Triangular slopes/arrow signs; Circles, units of measurement.

 

Keywords: ethnomathematics; puppet cards; mathematical symbols and structures.


Keywords


ethnomathematics; puppet cards; mathematical symbols and structures.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.

Astanti, A. V. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional di Daerah Kabupaten Batang. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 2, 202–222.

Devlin, K. (2012). Introduction to Mathematical Thinking. https://doi.org/10.1017/CBO9781139600599

Irmayanti, I., & Danial, D. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Sinjai Selatan. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 90.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. R. (2021). Panduan Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran.

Kementerian Pendidikan, Riset, dan T. R. (2021). Panduan Gerakan Literasi Nasional (GLN).

Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2020). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mayer, R. E. (2021). Multimedia learning (3rd ed.). Cambridge University Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1017/9781108882663

Nursyahidah, F., & Albab, I. U. (2021). Etnomatematika pada Aktivitas Petani Garam di Desa Mororejo. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 1–14. https://doi.org/10.22342/jpm.15.1.12034

Oktavia, R., & Agustin, M. (2019). Pengembangan Media Kartu Wayang Bergambar untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar.

Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. Ejournal Unnes, 1(1), 1–8.

Risdiyanti, I. (2018). Etnomatematika: Eksplorasi Dalam Permainan Tradisional Jawa. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1).

Ruqoyyah, S. (2020). Pentingnya Matematika dalam Ilmu Pengetahuan. EduPress.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sari, D. P., & Wijaya, A. (2020). Matematika Pasar: Analisis Kebutuhan Numerasi Pedagang Kecil. Math Didactic, 6(2), 112–125.

Sari, R. K. (2023). Pelatihan Penerapan Soal Berbasis Etnomatematika di SMA Negeri 1 Batanghari. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 41–46.

Setyawan, A., & Johan, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi: Analisis Kesiapan Guru. Pedagogia.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Edisi ke-6).

Smaldino, S. E., & dkk. (2019). Instructional Technology and Media for Learning (Edisi ke-12) Pearson.

Susanto, A., & Wijaya, T. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Memahami Bangun Datar Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 123–135. https://doi.org/10.1234/jpm.v15i2.5678

Talango, S. R. (2022). Alat Permainan Edukatif Berbasis Multiple Intellegence. Runzune Sapta Konsultan.

Tiro, M. A., & Arifin, N. (2019). Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari. Andira Publisher.

Widodo, A., & Riandi, R. (2019). Teacher’s Resistance to Change: Why Indonesian Educators Stick to Traditional Methods. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 12–20.

Wijayanti, D. (2018). Pembelajaran Geometri di Sekolah Dasar: Teori dan Praktik. Pustaka Pelajar.

Winahyu. (2020). Pengaruh Pendekatan STEM Berbasis Etnomatematika Terhadap Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa Kelas V MIN Pangkajene Kepulauan. Universitas Cokroaminoto Palopo.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i5.34032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: