Pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran berbasis deep learning dan realitas augmentatif bagi guru MGMP di Aceh Barat

Sanusi Sanusi, Muhammad Ardiansyah, Zainuddin Zainuddin, Fachruddin Fachruddin, Sabila Mujahidah Alkhayr, Selfia Dela Utari, Cut Handriyani, Gebrina Rizki

Abstract


Abstrak

Pengembangan kompetensi profesional guru menjadi aspek krusial dalam menghadapi transformasi pendidikan berbasis Kurikulum Merdeka dan integrasi teknologi digital. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran berbasis pendekatan deep learning serta mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 30 s.d 31 Juli tahun 2025 di SMP Negeri 3 Meulaboh dengan melibatkan 36 guru anggota MGMP tingkat SMP di Kabupaten Aceh Barat. Metode pelaksanaan terdiri atas lima tahapan: identifikasi masalah, sosialisasi, pelatihan, penerapan, dan pendampingan-evaluasi. Hasil identifikasi awal menunjukkan bahwa mayoritas guru memiliki literasi digital yang rendah dan belum memahami penerapan pendekatan deep learning. Melalui pelatihan dan workshop teknis, guru berhasil mengembangkan RPP, LKPD, dan media AR secara mandiri. Pada tahap penerapan, guru mampu mengintegrasikan perangkat ajar dan media digital dalam pembelajaran, yang terbukti meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Evaluasi menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan peningkatan signifikan pemahaman guru, dengan rata-rata skor meningkat dari 67,4 menjadi 85,2 (t = 8,42; p < 0,05). Hasil ini mengindikasikan bahwa pendekatan pelatihan berbasis praktik langsung dan kolaboratif efektif dalam meningkatkan profesionalisme guru. Program ini memberikan kontribusi terhadap penguatan literasi digital dan implementasi inovasi pedagogis di era digital, serta membuka peluang untuk replikasi model pelatihan di berbagai wilayah pendidikan lainnya.

 

Kata kunci: augmented reality; deep learning; kurikulum merdeka; pelatihan guru; perangkat ajar.

 

Abstract

The development of teachers’ professional competence is a crucial aspect in addressing the educational transformation driven by the Merdeka Curriculum and the integration of digital technology. This community service program aims to enhance teachers’ ability to design instructional tools based on the deep learning approach and to develop interactive learning media using Augmented Reality (AR) technology. The activity will be held on July 30–31, 2025 at SMP Negeri 3 Meulaboh, involving 36 teachers who are members of the MGMP at the junior high school level in West Aceh Regency. The implementation consisted of five stages: problem identification, socialization, training, application, and mentoring-evaluation. Initial findings revealed that most teachers had low digital literacy and lacked understanding of the deep learning approach. Through training and technical workshops, teachers successfully developed lesson plans (RPP), student worksheets (LKPD), and AR-based learning media independently. During the application stage, teachers managed to integrate these instructional tools and digital media into classroom activities, which significantly enhanced student engagement and understanding. Evaluation using the paired sample t-test showed a significant improvement in teachers' understanding, with the average score increasing from 67.4 to 85.2 (t = 8.42; p < 0.05). These results indicate that a hands-on and collaborative training approach is effective in improving teacher professionalism. This program contributes to strengthening digital literacy and implementing pedagogical innovations in the digital era, while also offering a replicable training model for broader educational contexts.

 

Keywords: augmented reality; deep learning; merdeka curriculum; teacher training; teaching materials.


Keywords


augmented reality; deep learning; merdeka curriculum; teacher training; teaching materials.

Full Text:

PDF

References


Alfitriani, N., Maula, W. A., & Hadiapurwa, A. (2021). Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pembelajaran Mengenal Bentuk Rupa Bumi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 38(1), 30–38. https://doi.org/10.15294/jpp.v38i1.30698

Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.995

Anwar, M. S., Ratnasari, D., & Lestari, D. P. (2025). Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Pada Abad 21 Di Pendidikan Dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 18(1), 13–20. https://doi.org/10.33369/pgsd.18.1.13-20

Hidayat, H., Asri, S., Iskandar, R., Bahatmaka, A., Huda, K., Leksono, P. B., Winarko, C. A., & Arrijah, H. K. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU PRODUKTIF SMK DALAM PENDIDIKAN 4.0 MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN DAN PUBLIKASI VIDEO PEMBELAJARAN DI YOUTUBE. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2275–2281.

Iskandar, R. (2019). Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis Dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan. CV Jejak (Jejak Publisher).

Kemendikbud. (2019). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta, 53(9), 1689–1699.

Kurniawan, P. Y., Mumpuni, A., & Ramdhan, N. A. (2024). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA GURU-GURU SMP. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(6), 5815–5829. https://doi.org/10.31764/JMM.V8I6.27100

Maritasari, D. B., Amin, M. S., Rodiyah, H., Hidayati, B. R., Lastari, N. A. A., & Amanillah, R. E. (2025). Implementasi pengembangan media digital untuk meningkatkan kompetensi Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 9, 1066–1074.

Mu’ti, A., Suharti, Toharudin, T., Suhardi, D., & Jamali, A. (2025). Pembelajaran Mendalam. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Dasar Dan Menengah Republik Indonesia.

Oktaviani, Y., Lusa, H., & Noperman, F. (2020). Pengaruh Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA SD Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(3), 202–208. https://doi.org/10.33369/juridikdas.2.3.202-208

Panjaitan, H., & Hafizzah, F. (2025). Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SDIT Mutiara Ilmu Kuala. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol, 5(1), 328–343.

Permendikbud. (2024). Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta, 1–26.

Puspito, W. G., Sufianti, A. V., & Sulastri, A. (2025). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Augmented Reality ( AR ) yang Inovatif Pembuatan Media Penulis Koresponden : Arum Sulastri sangatmempengaruhi sikap , perilaku siswa , prestasi akademik Dimana secara bertanggung jawab danlayak . Terdapat 4 kompetensi g. 2, 50–59.

Puspitoningrum, E., Resya, K. N. P., Syamsuri, S., Pratiwi, E. Y. R., & Mere, K. (2024). Penerapan E-Learning Sebagai Sumber dan Media Belajar pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 197–205. https://doi.org/10.35931/am.v8i1.2912

Rachmawati, N., Chumairoh, L., & Khasanah, U. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Keterampilan Esensial Siswa Menuju Generasi Emas 2045. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 15(01), 133–158.

Rezkia Lukman, I., Muliaman, A., & Rizka Ananta, A. (2025). Inovasi pembelajaran digital berbasis videografi dalam MGMP kimia di Kabupaten Bireun. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan Implementasi Kurikulum Merdeka, 9, 256–263.

Ross, A. and Willson, V. L. (2017). Paired Samples T-Test. In Ross, A., ed., Basic and Advanced statistical Tests, Brill, Leiden, 17-19. Scientific Research Publishing. https://www.scirp.org/reference/referencespapers?referenceid=3562476

Rozi, F., Ramadhani, A., Siregar, H., Elly, H. R., & Reni, M. I. (2025). Analisis Tantangan Dan Strategi Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di UPT SPF SD Negeri 106810 Sampali. JIIC: Jurnal Intelek Insan Cendikia, 5125–5132.

Sari, H. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar menurut Aliran filsafat Progresivisme. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 6(2), 131–141. https://doi.org/10.24014/EJPE.V6I2.25328

Sele, Y., Ulia, V., Sila, R., & Hanoe, E. M. Y. (2024). Pemberdayaan Literasi Digital Guru Melalui Pelatihan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 535–543.

Sihotang, S. F. (2024). Implementasi Augmented Reality (Ar) Di Perguruan Tinggi Menggunakan Uji-T Berpasangan. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 5(2), 1115–1125. https://doi.org/10.46306/lb.v5i2.656

Sitompul, N., Wijaya, V., Mulyanto, U. H., & Kurnia, I. (2024). Pendampingan Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Augmented Reality Kepada Guru-Guru SMP di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sambas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 1328–1335. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2932

Suwandi, Putri, R., & Sulastri. (2024). Inovasi Pendidikan dengan Menggunakan Model Deep Learning di Indonesia. Indonesian Research Journal on Education, 2(2), 69–77. https://irje.org/index.php/irje

Tasya Aryati Sakinah, Rafiqah Alya, & Ahmad Azim. (2025). Pemikiran Modern Tentang Pendidikan. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(1), 245–261. https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i1.3597

Virnayanthi, N. P. E. S., Candiasa, I. M., Ratnaya, I. G., & Widiartini, N. K. (2024). Perspektif Filsafat Pendidikan terhadap Kreativitas dan Berpikir Kritis (Profil Pelajar Pancasila) dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha di SMK. Jurnal Filsafat Indonesia, 7(2), 310–317. https://doi.org/10.23887/jfi.v7i2.71269

Yuridka, F., & Nazaruddin, N. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Era Masyarakat 5.0. Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial, 6(2), 210–220. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/terapung/article/view/16281

Zulfahmi, M., & Wibawa, S. C. (2020). Potensi Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar dan Respon Siswa. Jurnal IT-EDU, 5(1), 334–343.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i5.34076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: