Pendampingan pengelolaan perpustakaan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa sekolah dasar
Abstract
Abstrak
Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi siswa di SDN 2 Pelangan karena keterbatasan fasilitas perpustakaan dan kurangnya penataan koleksi buku. Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan kemampuan literasi siswa melalui Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Kegiatan dilaksanakan bersama SDN 2 Pelangan dengan melibatkan dosen dan mahasiswa selama satu minggu melalui tahapan diskusi, penataan koleksi buku, pelabelan dan penataan ruang baca. Evaluasi dilanjutkan melalui observasi,wawancara, dan survei pada guru dan siswa. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengelolaan perpustakaan, dan peningkatan minat baca siswa sebesar kurang lebih 35% berdasarkan hasil observasi dan wawancara. Program ini juga meningkatkan keterlibatan guru (soft kill pengelolaan perpustakaan) sebesar kurang lebih 40% dalam mengelola koleksi buku dan memanfaatkan perpustakaan sebagai sarana pembelajaran.
Kata kunci: pendampingan; pengelolaan perpustakaan; literasi siswa; minat baca.
Abstract
This community service activity is motivated by the low literacy skills of students at SDN 2 Pelangan due to limited library facilities and inadequate book collection management. The aim of this service is to improve students' literacy skills through School Library Management Assistance. The activity was conducted in collaboration with SDN 2 Pelangan involving lecturers and students for one week through stages of discussion, book collection arrangement, labeling, and reading room organization. Evaluation continued through observations, interviews, and surveys of teachers and students. The results show a significant improvement in library management, and an increase in students' reading interest of approximately 35% based on the results of observations and interviews. This program also improved teachers' involvement (soft skills in library management) by about 40% in managing book collections and utilizing the library as a learning resource.
Keyword: assistance; library management; student literacy; reading interest.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, S., Tahir, A., Usman, N. A., Alwi, A., Ayudia, A., Zain, R. A., Meticiana, E., & Rosmita, R. (2023). Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan di Madrasah Aliyah Madani Alauddin Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia. https://doi.org/10.54082/jamsi.691
Badrudin, A. R. (2019). Manajemen Perpustakaan Sekolah Dalam Merealisasikan Pengembangan Kurikulum 2013 (Kurtilas) Di SMK Wiradikarya Ciseeng Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. https://doi.org/10.30868/im.v2i01.376
Fitriani, F., Pramesti, W., Anandyani, A. R., & Canta, H. W. (2022). Penataan Sistem Database Perpustakaan SMAN Menganti Gresik Dengan Ms Access. Kanigara. https://doi.org/10.36456/kanigara.v2i2.5898
Fitriyani, S., Henriyani, E., & Hidayat, E. S. (2022). Penataan Arsip Berbasis Digital Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Ciamis. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara. https://doi.org/10.25157/dak.v9i2.8576
Kusumaningrum, D. E., Gunawan, I., Sumarsono, R. B., & Triwiyanto, T. (2019). Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan untuk Mendukung Gerakan Literasi Sekolah. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.17977/um050v2i3p164-169
Lestari, M. P., Prasetyo, E., Prayitno, H. J., Purnomo, E., & Hendri, H. (2024). Penguatan Minat Baca melalui Program Literasi Pengelolaan dan Pemanfaatan Buku Bacaan Bermutu di Perpustakaan bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 4(2), 167–176. https://doi.org/10.56972/jikm.v4i2.163
Maghfiroh, R. El, Dewi, M. L., Cahyani, K. N., Purwitasari, K., Asema, F., & Sutikno. (2023). Pendampingan Dalam Pengadaan Perpustakaan Untuk Meningkatkan Kenyamanan Proses Belajar Mengajar Di Rumah Tahfidz Hidayatul Mubtadiin, Dusun Srebet, Desa Pesanggrahan, Kota Batu. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i5.6555
Praja, C. B. E., Murtono, M., Hermawati, H., Priyatna, A. A., Setyadi, D. W., & Putri, N. A. (2021). Pendampingan Perpustakaan Wahana Wiyata Majaksingi Melalui Penataan Interior Menuju Perpustakaan Desa Berstandar Nasional. Community Empowerment. https://doi.org/10.31603/ce.4536
Puspitosarie, E., & Ahmad Tahir, M. (2022). Upaya Pelatihan Dan Pendampingan Manajemen Perpustakaan di Sekolah Alam Nur Hikmah Kota Malang. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks “Soliditas” (J-SOLID). https://doi.org/10.31328/js.v5i1.3596
Rahmadani, A., Agustina, F., Hr, I. N., Fauzi, A. Al, & Dwi, P. (2025). Pendampingan Penataan Perpustakaan Untuk Mendukung Gerakan Literasi Sekolah. 4(2), 48–54.
Rasyad, S., Irianto, H., & Ratnawati, S. (2023). Optimalisasi Penataan Arsip Manual Dan Digital Dalam Tata Kelola Arsip Di Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Muqoddimah : Jurnal Ilmu Sosial, Politik, Dan Humaniora. https://doi.org/10.31604/jim.v7i2.2023.565-571
Risma Firda Diana, Khoiriyah, Z., & Zuhdan, M. T. (2022). Optimalisasi Fungsi Perpustakaan Sebagai Pusat Belajar Yang Meningkatkan Literasi Siswa MI Idzharul Ulum Lamongan. KHIDMATUNA: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.36781/khidmatuna.v1i1.312
Rustiarini, N. W., & Dewi, N. K. C. (2021). Penataan Perpustakaan Desa untuk Meningkatkan Literasi Membaca. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.53860/losari.v3i1.35
Sianggian, P. (2023). Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis WEB. JURNAL LIMITS. https://doi.org/10.59134/jlmt.v9i02.280
Subhananto, A., Helminsyah, H., Sari, M. D., Is, Z., & Wahyuni, R. (2024). Pendampingan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.47776/praxis.v2i1.835
Wau, M. P., Longa, V. M., Ngadha, C., Itu, M. A., Dhoka, A., Tinggi, S., Pendidikan, I., & Bakti, C. (2025). Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa di SDI Malafai. 5(1), 133–142. https://doi.org/10.59525/aij.v5i1.587
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i5.34101
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: