Pemberdayaan guru dengan inovasi model PBL menggunakan Canva untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa
Abstract
Abstrak
Banyak faktor yang menyebabkan hasil belajar matematika siswa rendah, salah satunya adalah ketidaksesuaian penggunaan model dengan materi, serta media pembelajaran yang digunakan. Guru sebagai salah satu komponen penentu proses belajar mengajar haruslah terampil mendayagunakan model dan media agar menjamin keberhasilan proses belajar mengajar. Salah satu model pembelajaran yang direkomendasikan untuk dikuasai guru adalah model PBL (Problem Based Learning). Model PBL mengutamakan keaktifan siswa dalam berfikir kritis dan selalu terampil ketika dihadapkan pada penyelesaian suatu permasalahan. Selain model pembelajaran yang tepat, media pendukung juga dibutuhkan dalam proses belajar matematika agar tercipta pembelajaran inovatif dan interaktif, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dengan maksimal. Salah satu media pembelajaran yang inovatif dan interkatif adalah aplikasi canva. Canva merupakan aplikasi desain online yang dapat membuat kegiatan pembelajaran peserta didik lebih terfokus dalam memahami pelajaran karena tampilannya yang menarik dan kreatif. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk melakukan pemberdayaan guru dalam meningkatkan keterampilan mengajar dengan Inovasi model PBL berbantukan media berupa aplikasi canva untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Mitra sasaran pengabdian ini adalah guru-guru MTs Miftahul Khair. Setelah melaksanakan pengabdian ini, guru menjadi mengetahui, memahami, dan dapat menerapkan model PBL menggunakan aplikasi canva, serta terjadi peningkatan pada hasil belajar matematika siswa.
Kata kunci: PBL; Canva; hasil belajar matematika.
Abstract
Many factors contribute to low student mathematics learning outcomes, including the mismatch between the model used and the material used, as well as the learning media used. Teachers, as a key component in the teaching and learning process, must be skilled at utilizing models and media to ensure the success of the teaching and learning process. One of the recommended learning models for teachers to master is the PBL (Problem Based Learning) model. The PBL model prioritizes student activeness in critical thinking and always being skilled when faced with solving a problem. In addition to the appropriate learning model, supporting media are also needed in the mathematics learning process to create innovative and interactive learning, thereby maximizing learning outcomes. One such innovative and interactive learning medium is the Canva application. Canva is an online design application that can make students' learning activities more focused on understanding the lesson because of its attractive and creative appearance. The purpose of this community service is to empower teachers in improving their teaching skills with the innovative PBL model assisted by media in the form of the Canva application to improve students' mathematics learning outcomes. The target partners for this service are teachers of MTs Miftahul Khair. After carrying out this community service, teachers learned, understood, and were able to apply the PBL model using the Canva application, and students' mathematics learning outcomes improved.
Keywords: PBL; Canva; mathematics learning outcomes.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Agustina, K., Harleni, S., & Sanimah. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dengan Media Kotak Matriks Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Selesai. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6(2), 114–123. https://doi.org/https://doi.org/10.37755/sjip.v6i2.299
Diana, P., & Jaya, P. (2021). Pengembangan Materi Ajar Dasar Listrik dan Elektronika Berbasis Canva di SMK Negeri 5 Padang. Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, 9(1), 33–39. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i1.110688
Harleni, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTs Al Azhar Bulu Cina Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Serunai Matematika, 11(2), 110–115. https://doi.org/https://doi.org/10.37755/sjip.v3i2.38
Harleni, S., & Mardiana. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Aljabar Linear dengan Memamfaatkan Matlab. Jurnal Education and Development, 8(4), 427–430. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v8i4.2126
Harleni, S., & Susilawati, E. (2018). Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Program Linier dengan Memamfaatkan Software Qm pada Mahasiswa STKIP Budidaya Binjai. 3(2), 59–65.
Harleni, S., Syahputra, D. H., Sari, D. P., & Wardani, R. (2025). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Tehnik SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, dan Riview) dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Serunai Matematika, 17(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.37755/jsm.v17i1.1349
Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21–32. https://doi.org/. http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Rahmaditta, A., Harleni, S., & Sinaga, R. S. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Role Approach Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Self Efficacy Siswa Pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Serunai Matematika, 17(1), 9–14. https://doi.org/https://doi.org/10.37755/jsm.v17i1.1664
Sari, D. P., Muhardini, S., & Hadi, E. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Justek Jurnal Sains Dan Teknologi, 6(4), 572–580. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/justek.v6i4.20493
SBR, A. T. U. B., & Harleni, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation dengan Media Canva Terhadap Kemampuan Mekanikal Matematika Siswa Kelas VIII SMP Swasta Harapan Bandar Pulo. Jurnal Serunai Matematika, 16(2), 98–105. https://doi.org/https://doi.org/10.37755/jsm.v16i2.1401
Sembiring, R. D. P., Harleni, S., & Afni, K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII di SMP Karya Bakti Selesai. Jurnal Serunai Matematika, 9(1), 33–39. https://doi.org/https://doi.org/10.37755/sjip.v9i1
Sisdaila, I., Harleni, S., & Saputri, L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Puzzle Terhadap Hasil Belajar Aljabar Siswa Kelas VII SMP Swasta PAB 13 Kw. Begumit. Jurnal Serunai Matematika, 14(2), 94–99. https://doi.org/https://doi.org/10.37755/jsm.v14i2.662
Soniati, Sari, D. P., & Harleni, S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII di MTs Al-Mushlihin Kota Binjai. Jurnal Serunai Matematika, 15(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37755/jsm.v15i2
Wardani, D. N., Toenlioe, A. J., & Wedi, A. (2018). Daya tarik pembelajaran di era 21 dengan blended learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP), 1(1), 13–18. https://doi.org/https://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/2852/2177
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i5.34141
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: