Efektivitas sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terhadap pengetahuan cuci tangan siswa sekolah dasar

Rizka Sri Jayanty, Anis Riyanti, Radela Maulana Firjatullah, Moch. Ikhsan Fauzi, Hamilah Hamilah, Keila Rahma Amalia, Lilis Tuslinah, Depi Yulyanti

Abstract


Abstrak

Cuci tangan merupakan salah satu perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang sederhana namun efektif dalam mencegah penularan penyakit menular pada anak. Akan tetapi, hasil observasi awal dengan pihak sekolah menunjukkan bahwa terdapat kurangnya kesadaran dalam praktik mencuci tangan yang benar. Masalah kebersihan tangan masih menjadi tantangan kesehatan di lingkungan sekolah dasar yang dapat meningkatkan risiko penyebaran penyakit menular pada anak-anak. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat pengetahuan siswa di dua sekolah dasar mengenai perilaku mencuci tangan sebagai bagian dari perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Metode penyampaian yang digunakan berupa ceramah edukatif, diskusi interaktif, serta praktik mencuci tangan dengan benar yang dilaksanakan di SDN 1 dan SDN 2 Sukaratu dengan mitra pengabdian yaitu pihak sekolah dan guru. Peserta kegiatan Adalah siswa kelas 4-6 sebanyak 146 siswa. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa tentang pentingnya mencuci tangan. Di SDN 1, kategori Baik dan Sangat Baik meningkat dari 49,31% menjadi 54,79%, sedangkan di SDN 2 meningkat dari 56,16% menjadi 67,12%. Kebiasaan praktik mencuci tangan dengan benar juga meningkat, ditunjukkan dengan berkurangnya siswa pada kategori Kurang dan Sangat Kurang di kedua sekolah. Dengan demikian, sosialisasi PHBS efektif meningkatkan pengetahuan dan kebiasaan mencuci tangan, meskipun tidak terdapat perbedaan signifikan antara kedua sekolah.

 

Kata Kunci: edukasi kesehatan; kebersihan tangan; perilaku hidup bersih dan sehat; sekolah dasar.

 

Abstract

Handwashing is one of the simple yet effective clean and healthy living behaviors (PHBS) to prevent the transmission of infectious diseases among children. However, initial observations with the schools revealed a lack of awareness regarding proper handwashing practices. Hand hygiene remains a health challenge in elementary schools, increasing the risk of infectious disease transmission. This community service activity aimed to compare students’ knowledge levels in two elementary schools regarding handwashing as part of PHBS. The methods included educational lectures, interactive discussions, and direct handwashing practice, conducted at SDN 1 and SDN 2 Sukaratu in collaboration with teachers and school partners. The participants were 146 students from grades 4-6. The results showed an increase in students’ knowledge of the importance of handwashing. At SDN 1, the Good and Very Good categories rose from 49.31% to 54.79%, while at SDN 2, they increased from 56.16% to 67.12%. Proper handwashing habits also improved, as indicated by a reduction in the Poor and Very Poor categories in both schools. In conclusion, PHBS socialization effectively improved students’ knowledge and handwashing habits, although no significant differences were found between the two schools.

 

Keywords: health education; hand hygiene; clean and healthy living behavior; elementary school; students.


Keywords


health education; hand hygiene; clean and healthy living behavior; elementary school; students.

Full Text:

PDF

References


Understanding of Clean Living Behavior in Diarrhea Prevention Efforts in Elementary School Students. Sociality: Journal of Public Health Service, 3(2), 91–98. https://doi.org/10.24252/sociality.v3i2.49731

Asda, P., & Sekarwati, N. (2020). Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan Kejadian Penyakit Infeksi Dalam Keluarga Di Wilayah Desa Donoharjo Kabupaten Sleman. Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar, 11(1), 1. https://doi.org/10.32382/jmk.v11i1.1237

Ayu Khairunnisa, & Isnaeni. (2024). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa Kelas IV SD Al Wildan Islamic School 2 Bekasi. Jurnal Malahayati Health, 3(2), 5665–5679. https://doi.org/10.37063/jurnalantarakebidanan.v3i2.246

Chaniago, M. S., Jannah, R., Khairani, P., Fadilah, R., Pasha, S., Pratiwi, N., Oktavia, N., Lubis, M., & Mansur, A. (2024). Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa ( JPMA ) Volume 6 No . 3 Desember 2024 PEMBERDAYAAN SISWA SEBAGAI PEER EDUCATOR KONSEP DASAR PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA). 6(3). https://doi.org/10.30651/aks.v5i4.9413

Dewi, P. I. S., Astriani, N. M. D. Y., & Pratama, A. A. (2022). Perilaku Cuci Tangan Enam Langkah Pada Anak Sekolah Dasar Sebagai Salah Satu Upaya Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 1026. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8772

Fitri Apriliany, Recta Olivia Umboro, Fatimatuzzahra, H. H. (2023). EDUKASI DAN PRAKTEK CUCI TANGAN PAKAI SABUN UNTUK KESEHATAN DAN PENCEGAHAN DIARE PADA ANAK. 7, 806–811. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14708

Fradisa, L., & Kartika, K. (2024). Pemberian Edukasi PHBS dengan Metode PEREKAT di SD Negeri 25 Gadut Sawah Dangka. Journal of Human And Education. 4(6), 345–349. https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1816

Iman, D. P. (2024). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di TKIT Harapan Bunda Manado. Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE), 04(1), 23–37. https://doi/10.30984/ijece.v4i1.849.

Indiani, S. A., Rahmawati, A. P., Dhita Sukma Anggraeni, F., Silviana, R. F., & Yuwanti. (2022). Edukasi Enam Langkah Mencuci Tangan Sebagai Upaya Untuk Menerapkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS). Rosandra Firdi Silviana, 3(6), 21–27. https://cahayanegeriku.org/index.php/jpkm

Kesehatan, M., & Indonesia, R. (2023). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan. 021, 1–11. https://peraturan.bpk.go.id/details/258028/uu-no-17-tahun-2023

Maulana, M. G., Surya, N. F., Khaerunnisa, N. A., Dewi, P. K., Khairinnisa, R., Ramadhan, S., & Ananda, Z. (2024). Pengabdian Kepada Masyarakat “ Pendidikan Kesehatan : Upaya Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Untuk Mencegah Diare. 4(1), 13–20. https://doi.org/10.17509/bsn.v4i1.77125

Ningsih, N. A., Rifai, M., Tahir, K., & Syarifuddin, S. (2022). Edukasi Stop Babs (Buang Air Besar Sembarangan) Dan Ctps (Cuci Tangan Pakai Sabun). SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 2021. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.10463

Nugroho, Y. C., . M., Rofiyati, W., & Indrayana, S. (2024). Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Penerapan Cuci Tangan 6 Langkah Penyandang Disabilitas Di Balai RTPD Yogyakarta. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 8(1), 54–62. https://doi.org/10.37294/jrkn.v8i1.553

Palimbong, S. M., Devi, O., Pompeng, Y., Ekonomi, F., & Kristen, U. (2022). Volume . 19 Issue 2 ( 2022 ) Pages 475-481 AKUNTABEL : Jurnal Akuntansi dan Keuangan ISSN : 0216-7743 ( Print ) 2528-1135 ( Online ) Pengaruh penerapan surat pemberitahuan elektronik ( e-spt ) masa pajak pertambahan nilai ( ppn ) terhadap kepatuhan wajib . 2(2), 475–481. https://doi.org/10.29264/jakt.v19i2.11169

Rulianto, U. F. F. M., Hasanah, H., & Zahro, I. (2025). JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan The Effect of Smart Finger Board Media on the Basic Numeracy Skills of 5 – 6-Year-Old Children at Anisa Kindergarten , Kebonsari , Jember Pengaruh Media Papan Jari Pintar Terhadap Kemampuan Numerasi Dasar Anak Usia 5-6. 6(2), 652–664. https://doi.org/10.55583/jkip.v6i2.1449

Sinha, A., Nikita Shrivastava, Atre, S., Suparmanto, G.E, N., & Mustain, M. F. (2022). Penilaian Pasar untuk produk dan layanan kebersihan tangan di Indonesia. In Penilaian Pasar untuk Produk dan Layanan Kebersihan Tangan di Indonesia. https://share.google/VSn6I9wRYVVRa2wG4

Sugistiani, A., Zamilah, A. R. A., Wahidah, S. N., Nuradila, R. N., Nurhaliza, S., Assyifa, N., Jannata, M. F., Nurfitri, N. S., & Rusman, K. N. F. (2025). Intervensi Program Sehati PHBS Bagi Siswa Kelas V dan VI di Sd Negeri 1 Picungremuk. Jurnal Pengabdian Sosial, 2(7), 3793–3802. https://doi.org/10.59837/588kwj28

Syuhada, M. N., Risnawati, & Hamdani, M. F. (2025). Analisis Uji T-Student Dua Sampel Berpasangan dalam Evaluasi Perubahan Individu. Indonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(4), 419–422. https://doi.org/10.31004/irje.v5i4.2898




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i5.34188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: