Penerapan teknologi AI ChatGPT dan Canva untuk inovasi modul pembelajaran di SMA Negeri 2 Tomohon
Abstract
Abstrak
Pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan dalam dunia pendidikan saat ini memberikan kemudahan bagi guru. Salah satu kemudahan yang didapat oleh guru dalam memanfaatkan AI yaitu optimalisasi penyusunan perangkat pembelajaran berupa modul pembelajaran. Tujuan dari pelatihan penerapan teknologi AI ChatGPT dan Canva adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran berbasis AI sehingga lebih optimal dan inovatif. Peserta pelatihan adalah guru SMA Negeri 2 Tomohon sebanyak 18 guru, dan dilaksanakan pada tanggal 10-11 Juli 2025. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dengan beberapa tahapan yaitu persiapan, sosialisasi, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi. Pelatihan pemanfaatan AI ini dilakukan dengan Teknik praktik langsung sehingga guru-guru dapat secara langsung menggunakan aplikasi AI untuk menyusun perangkat pembelajaran berupa modul pembelajaran. Hasil pelatihan ini terbukti dapat meningkatkan keterampilan guru dalam memanfaatkan teknolgi AI, dibuktikan dengan hasil analisis N-Gain sebesar 0,84 dalam kategori tinggi (0,70 ≤ g ≤ 100) dengan interpretasi sebesar 84% dalam kategori efektif (> 76%). Pelatihan ini memberikan dampak positif terhadap keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi AI dalam dunia Pendidikan, yaitu penyusunan modul pembelajaran. Hal ini juga berdampak pada efisiensi waktu guru dalam menyusun perangkat pembelajaran, sehingga lebih efektif dan optimal.
Kata kunci: artificial intelligence; canva; ChatGPT ; modul pembelajaran; pelatihan.
Abstract
The use of Artificial Intelligence (AI) technology in education today provides convenience for teachers. One of the conveniences teachers gain from utilizing AI is the optimization of instructional materials in the form of learning modules. The objective of the training on the application of AI technology ChatGPT and Canva is to enhance teachers' ability to develop AI-based instructional materials that are more optimal and innovative. The training participants were 18 teachers from Tomohon State High School 2. The community service activity was carried out in several stages: preparation, socialization, implementation, and evaluation. The activity was conducted using lecture, question-and-answer, and demonstration methods. This AI utilization training was conducted using hands-on techniques so that teachers could directly use AI applications to develop learning materials in the form of learning modules. The results of this training have proven to enhance teachers' skills in utilizing AI technology, as evidenced by an N-Gain analysis score of 0.84 in the high category, with an interpretation of 83.8% in the effective category. This training has had a positive impact on teachers' skills in utilizing AI technology in education, specifically in developing learning modules. This has also improved the efficiency of teachers' time in developing learning materials, making the process more effective and optimal.
Keywords: training; artificial intelligence; ChatGPT; canva; learning modules.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asisah, N., Raihani, L., & Haliq, A. (2025). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Chat GPT Sebagai Belajar Di Era Digital. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 302–315.
Entriza, A. N., & Puspitasari, F. F. (2025). Studi Literatur: Integrasi Teknologi Informasi dalam Pelatihan Guru Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 15(1), 62–73.
Filiz, A., & Gür, H. (2025). Students’ Perceptions and Applications of Metacognitive Awareness Levels in Problem Solving with ChatGPT. Educational Process: International Journal, 14, 1–29. https://doi.org/https://doi.org/10.22521/edupij.2025.14.63
Luzano, J. F. P. (2025). New Frontier in Mathematics Education: A Review of Emerging Trends and Critical Issues on Artificial Intelligence. International Journal of Technology in Education (IJTE), 8(1), 208–219. https://doi.org/https://doi.org/10.46328/ijte.1028
Marlin, K., Tantrisna, E., Mardikawati, B., Anggraini, R., & Susilawati, E. (2023). Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPT Terhadap Proses Pendidikan Etika dan Kompetensi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5192–5201.
Marsa, M., Harlina, S., & Armus, P. R. (2024). Penerapan Teknologi Artificial Intellegence (Chat-GPT) dalam Menunjang Pemberian Materi Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 5(4), 4351–4358. https://doi.org/http://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i4.4124
Munthe, M. V. R., Sibarani, I. S., Sitorus, L., Clara, E. D., Siburian, T. J., & Siburian, A. F. (2025). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Menggunakan AI Berbasis Chat GPT dalam Meningkatkan Penguatan Kompetensi Guru di SMA Negeri 1 Dolok Pardamean. SAMBARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 440–455. https://doi.org/https://10.58540/sambarapkm.v3i2.846
Mutaqin, R., Subroto, D. E., & Warman, C. (2024). Analisis Penggunaan Chat GPT (AI) dan Modul Pemrograman Terhadap Motivasi Belajar dan Kreativitas Mahasiswa dalam Mata Kuliah Pemrograman pada Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Bina Bangsa. JURNAL SAINTIFIK (Multi Science Journal), 22(1), 1–8.
Najibufahmi, M., Fitri, A., Azizah, D., Utami, R., Hidayah, N., Fajar, D. A., … Rencani, K. D. (2025). Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Canva AI pada MGMP Matematika SMP. SURYA ABDIMAS, 9(1), 26–35.
Novelti, N., Devi, P. A. P., Khusnah, W. D., Marjuki, M., & Stevani, M. (2024). Pelatihan Teknis Pemanfaatan Artificial Intelligences Chat Gpt Dan Canva Bagi Guru SMK Dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis Masa Kini. Journal of Human And Education, 4(6), 1332–1339.
Prasetyo, B., & Arifin, Z. (2022). Tantangan Guru dalam Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Era Digital. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(1), 45–46.
Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Tulak, T. (2023). Mengembangkan Materi Pembelajaran Interaktif dengan Canva untuk Pendidikan di SMP. Resona: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(2), 290–297.
Rahayu, P., Suryani, N., & Sutopo, A. (2023). Pelatihan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Keterampilan Evaluasi Guru. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 112–125.
Rahmawati, L., Suharni, S., Ambulani, N., Febrian, W. D., Widyatiningtyas, R., & Rita, R. S. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva dalam Penyusunan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Communnity Development Journal, 5(1), 129–136.
Ramadhan, F. K., Faris, M. I., Wahyudi, I., & Sulaeman, M. K. (2023). Pemanfaatan Chat GPT dalam Dunia Pendidikan. JURNAL ILMIAH FLASH, 9(1), 26–30.
Silvina, D., Shalshabila, S., & Gusmaneli, G. (2025). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Peserta Didik di Era Teknologi. IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 91–103. https://doi.org/https://doi.org/10.59841/ihsanika.v3i2.2616
Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT dalam Dunia Pendidikan. Education Journal : Journal Education Research and Development, 7(2), 158–166. https://doi.org/https://doi.org/ 10.31537/ej.v7i2.1248
Sukarelawa, I. (2024). N-Gain vs Stacking Analisis perubahan abilitas peserta didik dalam desain one group pretest-posttest. Yogyakarta: Penerbit Suryacahya. Retrieved from https://eprints.uad.ac.id/60868/1/Layout--N-Gain - Press.pdf
Ulimaz, A., Cahyono, D., Dhaniswara, E., Arifudin, O., & Rukiyanto, B. A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.11544
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i6.34225
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE:

















