Peningkatan kompetensi digital marketing pelaku UMKM pangan lokal di kawasan destinasi pariwisata prioritas Borobudur

Suci Sandi Wachyuni, Dewi Ayu Kusumaningrum, Ramon Hurdawaty

Abstract


Abstrak

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi dan pemahaman digital marketing pelaku UMKM Pangan Lokal di Kawasan DPP Borobudur. Peningkatan kompetensi digital menjadi kebutuhan mendesak agar UMKM mampu beradaptasi dengan perkembangan pemasaran berbasis teknologi. Pelatihan ini dilaksanakan melalui kolaborasi dengan Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Magelang serta beberapa institusi perguruan tinggi. Metode yang digunakan adalah pelatihan berbasis action research melalui tahap pre-test, pemberian materi, praktik terbimbing, dan post-test. Hasil evaluasi dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan pengetahuan peserta, dengan skor rata-rata yang naik dari 50,4% menjadi 93,2% atau tingkat keberhasilan 42,8%. Temuan ini menunjukkan bahwa materi dan metode pelatihan yang diberikan efektif. Kegiatan ini menunjukkan bahwa pelatihan dan pendampingan digital marketing dapat berdampak positif terhadap pengetahuan pelaku UMKM pangan lokal. Rekomendasi kepada pemerintah dan stakeholder untuk mengadakan pendampingan lanjutan yang dilakukan secara intensif dan berbentuk praktik nyata agar UMKM mampu mengimplementasikan digital marketing dengan optiomal dan memberikan manfaat lebih maksimal.

 

Kata kunci: UMKM; pangan lokal; digital marketing; kompetensi digital; literasi digital.

 

Abstract

This activity aims to increase the literacy and understanding of digital marketing of Local Food MSME actors in the Borobudur DPP Area. Improving digital competence is a pressing need for MSMEs to adapt to the evolving technology-based marketing landscape. This training was conducted in collaboration with the Magelang Regency Tourism, Youth, and Sports Office and several higher education institutions. The method used is action research-based training  through the pre-test, material, guided practice, and post-test stages. The results showed a significant increase in the knowledge of the participants, with the average score increasing from 50.4% to 93.2% or a success rate of 42.8%. These findings show that the training materials and methods provided are effective. This activity shows that digital marketing training and assistance can have a positive impact on the knowledge of local food MSME actors. Recommendations to the government and stakeholders to hold follow-up assistance that is carried out intensively and in the form of real practices so that MSMEs are able to implement digital marketing optimally and provide maximum benefits.

 

Keywords: MSMEs; local food; digital marketing; digital competence; digital literacy.


Keywords


MSMEs; local food; digital marketing; digital competence; digital literacy.

Full Text:

PDF

References


Diskominfo. (2023). BI catat nilai transaksi digital banking 2023.

djpb.kemenkeu.go.id. (2024). UMKM Hebat Perekonomian Nasional Meningkat. Diakses dari https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/curup/id/data-publikasi/artikel/2885-umkm-hebat,-perekonomian-nasional-meningkat.html

Fakhrurreza, M., Mahanani, A., Mufida, W., & Khairi, A. N. (2023). PKM peningkatan daya saing UKM Selondok sebagai produk unggulan KSPN Borobudur, di Desa Kenalan, Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Hawa: Jurnal Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(3), 53–58.

Google, Temasek & Bain. (2023). Reaching new heights: Navigating the path to profitable growth. Diakses dari https://www.temasek.com.sg/content/dam/temasek-corporate/news-and-views/resources/reports/google-temasek-bain-e-conomy-sea-2023-report.pdf

Indraini, A. (2025). Hampir 14 juta turis masuk RI di 20-24 habiskan Rp 22 juta per kunjungan.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2021). Marketing 5.0: Technology for humanity. John Wiley & Sons.

Kusumaningrum, D., Pangestu, N., Yolanda, D., & Putra, R. H. (2021). Strategi usaha mikro kecil (UMK) kuliner menghadapi pandemi Covid-19 di Jakarta. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(6).

OECD. (2022). Tourism trends and policies 2022. Diakses dari https://www.oecd.org/en/publications/oecd-tourism-trends-and-policies-2022_a8dd3019-en.html

Priyambodo, T., Kusumaningrum, D., Wachyuni, S., Respati, R., Lestari, A., Hayati, A., Hurdawaty, R., Kartini, A., Prakarsa, D., Kurnia, M., Syahrizal, I. W., Wardhana, I. W., & Khaeriah, R. D. H. (2024). Ekosistem UMKM pangan lokal di destinasi pariwisata super prioritas Borobudur. Mata Kata Inspirasi.

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of innovations (5th ed.). Free Press.

Setyawati, E., Wibowo, A., Faizal Racma, D., Widiastuti, R. Y., & Adilla, A. (2023). Digitalisasi pemasaran produk UMKM pada Kampung Wisata Nopia di Kabupaten Banyumas. Jurnal Abdimas STMIK Dharmapala Agustus-2023, 3(2), 40–50.

Sharika, S., & Hurdawaty, R. (2025). Strategi peningkatan daya saing UMKM kuliner di Kelurahan Pamulang Barat. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 10(1).

Sulaiman, O. Y., Suhirman, L., Rachmandhani, S., Baka, C., Djayadin, C., Ali, A., Judijanto, L., La'biran, R., Nurhayat, A., Hustina, L., Ristiani, R., Kurniati, Y., Tanjung, D. S., Yuliana, C., Lembang, S. T., & Napitupulu, B. (2024). Metode & model pembelajaran abad 21: Teori, implementasi dan perkembangannya. PT. Green Pustaka Indonesia.

UNWTO. (2022). Tourism digital transformation report. Diakses dari https://www.untourism.int/digital-transformation

Wachyuni, S. (2023). Gastronomi Indonesia sebagai identitas budaya dan daya tarik wisata. Mata Kata Inspirasi.

Wachyuni, S. S., Priyambodo, T. K., Hurdawaty, R., & Kusumaningrum, D. A. (2024). The impact of digital technology adoption in food micro, small, and medium enterprises: A case study of Borobudur area in Indonesia. South Asian Journal of Social Studies and Economics, 21(7), 1–13.

Wachyuni, S., Sandi, T. K. P., Widiyastuti, D., & Sudarmadji, S. (2021). Culinary consumption in digital era: Tourists’ typology and their characteristics. Journal of Education, Society and Behavioural Science, 47–61. https://doi.org/10.9734/jesbs/2021/v34i630337

Wachyuni, S. S., Wardhana, I. W., Priyambodo, T. K., Hurdawaty, R., Kusumaningrum, D. A., Respati, R. D., Lestari, A., Hayati, A., Kartini, R. A., Prakarsa, M. A., Syahrizal, M., Khaeriah, R. D. H., & Kurnia, D. I. (2023). Ekosistem UMKM pangan lokal di destinasi pariwisata super prioritas Borobudur. Mata Kata Inspirasi.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i6.34243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: