Edukasi dan pendampingan pengembangan media ajar berbasis artificial intelligence
Abstract
Abstrak
Kehadiran teknologi Artificial Intelligence merupakan inovasi besar dalam dunia pendidikan yang bertujuan mempermudah proses pembelajaran, namun berdasarkan analisis terhadap mitra MGMP Matematika SMA Kabupaten Aceh Tengah ditemukan masalah dalam menghadapi tantangan di dunia pendidikan yang berkaitan dengan pengembangan teknologi terutama AI. Permasalahan tersebut adalah kurang tersedianya media ajar digital. Solusi untuk mengatasi permasalahan mitra akan dilaksanakan kegiatan edukasi dan pendampingan media ajar berbasis Artificial Intelligence. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangakan media ajar berbasis Artificial Intelligence secara kreatif dan efektif. Pelatihan ini dilaksanakan di SMAN 15 Takengon mulai dari Juli sampai Agustus 2025. Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah kombinasi antara edukasi dan pendampingan. Tahapan pada kegiatan ini yakni, analisis kebutuhan, sosialisasi, persiapan pelaksanaan kegiatan, Edukasi, pendampingan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah guru yang tergabung di MGMP mampu mengembangan media ajar berbasis Artificial Intelligence menggunakan aplikasi ChatGPT, Lumio, dan Quizizz (Wayground). Secara menyeluruh kegiatan pengabdian dapat meningkatkan kompetensi guru dalam merancang media pembelajaran yang dapat mendukung meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: edukasi; pendampingan; media ajar; artificial intelligence.
Abstract
The advent of Artificial Intelligence technology represents a significant innovation in education, aimed at streamlining the learning process. However, an analysis of the MGMP Mathematics High School (SMA) partners in Central Aceh Regency revealed challenges in addressing the challenges facing education related to technological development, particularly AI. This issue is the lack of digital teaching media. To address these challenges, the partners will implement educational and mentoring activities for teaching media based on Artificial Intelligence. The goal of this community service activity is to improve teacher competency in developing teaching media based on Artificial Intelligence creatively and effectively. This training was conducted at SMAN 15 Takengon from July to August 2025. The method used in this community service activity is a combination of education and mentoring. The stages of this activity are needs analysis, outreach, preparation for implementation, education, mentoring, and evaluation. The results of this community service activity are that teachers participating in the MGMP are able to develop teaching media based on Artificial Intelligence using the ChatGPT, Lumio, and Quizizz (Wayground) applications. Overall, this community service activity can improve teacher competency in designing learning media that can support student motivation and learning outcomes.
Keywords: education; mentoring; teaching media; artificial intelligence.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriliani, D. (2024). Penggunaan artificial intelligence dalam pembelajaran bahasa Indonesia. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 7(1), 15–21. https://doi.org/10.22437/dikbastra.v7i1.33262
Elisyah, N., Widya, W., Nova Herliana Hasibuan, & Dinda Adha Hutabarat. (2024). Analysis of Prospective Teachers’ Abilities to Designing Artificial Intelligence-Based Learning Media. Proceedings of Malikussaleh International Conference on Multidisciplinary Studies (MICoMS), 4, 00012. https://doi.org/10.29103/micoms.v4i.882
Fahmy Syahputra, Elsa Sabrina, Aldy Primanda Barus, Eliasta Agustinus Sebayang, Ira Gusdhini Harahap, Pinkan Ramadhani, Raden Muhammad Fathur Rahman, & Rahmi Isnaini. (2025). Evaluasi Efektivitas Ai Generatif Dalam Membantu Guru Menyusun Materi Pembelajaran Di Indonesia. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(3), 265–272. https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i3.381
Fatmawati, Nurmalia Sari, M., Setianti, Y., Saleh, K., & Helida Pitra, D. (2024). Peran Artificial intelligence (AI) dalam Personalisasi Proses Pembelajaran Mahasiswa di Pendidikan Tinggi. Journal on Educatio, 06(04), 20148–20157.
Firdaus, R., Putri, A. E., Rachman, I. F., & Siliwangi, U. (2025). Implementasi AI dalam Pembelajaran dan Dampaknya terhadap Kemampuan Bernalar Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(5), 493–504. https://doi.org/10.62017/merdeka
Kurniawan, S., Rahman, M. A., & Sugiarno, Y. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Adaptif Menggunakan Pemrograman Berbasis AI dan Psikologi Pendidikan di SMPN 2 Candi. Journal of Information System and Education Development, 3(2), 5–11. https://doi.org/10.62386/jised.v3i2.131
Maufidhoh, I., & Maghfirah, I. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE MELALUI MEDIA PUZZLE MAKER PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 30–43. https://doi.org/10.52185/abuyaVol1iss1Y2023284
Mellyzar, M., Fatwa, I., Lukman, I. R., Dewi, U. M., & Pasaribu, A. I. (2024). VR Based Media for Three-Dimensional (3D) Visualization in Chemical Laboratory. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(3), 1356–1361. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i3.6180
Nursakinah, N., Sulistian, E., & Muhammad, M. (2025). Transformasi Peran Guru Sekolah Dasar Sebagai Fasilitator Pembelajaran Abad ke-21. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 6(2), 289–295. https://doi.org/10.53299/diksi.v6i2.1954
Rahmawati, N. I., Fajriani, D., Suriyanto, B., Hidayat, A., & Ngundiati, N. (2023). Penggunaan Quizizz Sebagai Media Asesmen Formatif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Ekonomi Materi Sistem Pembayaran. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 7236–7248. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1149
Relawati, L. D., Ramadhan, I., & Hainon, H. (2024). Peningkatan Minat Belajar Sosiologi melalui Penerapan Lumio Berbantuan Padlet di Kelas X Sekolah Menengah. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 363–374. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.376
Sahputra, I., Yurni, I., Agusniar, C., Nisa, F., & Sukiman, S. S. (2024). Pemanfaatan Teknologi Informasi Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas Petani. 3(2), 452–459. https://doi.org/https://doi.org/10.%2029103/jmm.v3n2.20424
Sianturi, L., Sagala, K. I., & Sipayung, G. (2025). Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence ( AI ) Dan Jaringan Internet Kampus Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Prodi Manajemen di Universitas HKBP Nommensen Medan. Jurnal Media Informatika, 6(2), 1395–1400.
Siregar, A. A., Barus, D. N., Gultom, D. Z., Munthe, G., Pasaribu, K. H., Arwita, W., & Mukra, R. (2025). Analisis Permasalahan dalam Penggunaan Media Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Percut Pada Kelas X-7. Journal Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Medan, 9(2), 9318–9327.
Su’adah, S., Hariandi, A., & Gusmaulia, A. (2025). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Transformasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. 10. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23133
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i5.34249
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: