Optimalisasi skill digital marketing berbasis ICT untuk siswa SMK jurusan akuntansi dan perkantoran

Junerdi Nababan, Asha Sembiring, Zulfa Hazimah, Kusnadi Kusnadi, Mutiha Aristo Ravel

Abstract


Abstrak

Perkembangan teknologi digital menuntut peningkatan keterampilan digital marketing yang berbasis teknologi informasi bagi siswa SMK, khususnya jurusan Akuntansi dan Perkantoran. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan mengoptimalkan skill digital marketing berbasis ICT untuk siswa SMK Akuntansi dan Perkantoran SMK Negeri 1 Kutalimbaru. Kegiatan ini diikuti oleh 24 siswa sebagai mitra sasaran yang memperoleh pelatihan praktik pembuatan katalog produk digital menggunakan Canva, pembuatan laporan respons kampanye menggunakan Excel dan Google Sheets, analisis data pelanggan dari form pemesanan, serta penjadwalan konten dan follow-up pelanggan. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan Project Based Learning dengan kombinasi ceramah, praktik langsung, diskusi, dan evaluasi. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan kemampuan siswa dalam menguasai alat digital yang relevan dengan kebutuhan industri 5.0, tercermin dari kemampuan mereka membuat materi promosi digital yang profesional dan laporan analisis data kampanye yang informatif. Program ini berkontribusi pada peningkatan daya saing lulusan SMK dalam menghadapi tantangan dunia kerja digital dan mendukung transformasi pendidikan vokasi berbasis ICT.

 

Kata kunci: pengabdian masyarakat; pelatihan; digital marketing; ICT; SMK akuntansi dan perkantoran.

 

Abstract

The development of digital technology requires an increase in information technology-based digital marketing skills for vocational school students, especially those majoring in accounting and office administration. This community service program aims to optimize ICT-based digital marketing skills for vocational high school students in the Accounting and Office Administration departments at State Vocational High School 1 Kutalimbaru. The program was attended by 24 students as target participants who received practical training in creating digital product catalogs using Canva, generating campaign response reports using Excel and Google Sheets, analyzing customer data from order forms, and scheduling content and customer follow-ups. The implementation method used a Project-Based Learning approach combined with lectures, hands-on practice, discussions, and evaluations. The training results demonstrated an improvement in students' ability to master digital tools relevant to Industry 5.0 needs, reflected in their ability to create professional digital promotional materials and informative campaign data analysis reports. This program contributes to enhancing the competitiveness of vocational school graduates in facing the challenges of the digital workplace and supports ICT-based vocational education transformation.

 

Keywords: community service; training; digital marketing; ICT; vocational school of accounting and office administration.


Keywords


community service; training; digital marketing; ICT; vocational school of accounting and office administration.

Full Text:

PDF

References


UNESCO Institute for Statistics. (2018). A Global Framework of Reference on Digital Literacy Skills for Indicator 4.4.2. Retrieved from http://www.uis.unesco.org

Adi Wicaksono, M., Nur Salsabila, K., & Salsabila, Z. (2025). Hipkin Journal of Educational Research HJER Curriculum implementation in accounting major at SMK Pajajaran Bandung (Vol. 2, Issue 1). Retrieved from http://ejournal-hipkin.or.id/index.php/hipkin-jer/

Baghas Budi Wicaksono, Sabam Simbolon, Etty Herijawati, Susanto Wibowo, & Eso Hernawan. (2024). Pelatihan Kewirausahaan Melalui Pemanfaatan Bisnis Digital Bagi Siswa/I Di Smk Karmel Kota Tangerang. Abdi Dharma, 4(2), 165–174. doi: 10.31253/ad.v4i2.3099

F S Putra, F. I., Aqmala, D., Haziroh, A. L., & Artikel, I. (2022). SENAMA Seminar Nasional Akuntansi dan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga.

Feriyadi, D., Hapsari, T., Dinoto, M., & Apriani, F. (2025). Meta Analysis: Integrasi Praktikum Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMK secara Kontekstual dan Aplikatif.

Hamdani, H., Jalinus, N., & Abdullah, R. (2024). Era Baru Pendidikan Vokasi : Menuju Merdeka Belajar dan Tantangan Dunia Kerja 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 17(2), 120. doi: 10.20961/jiptek.v17i2.88904

Lak Nazhat, L., Hasanah, E. M. S., Dassucik, S., Pd, M., Si, I., & Farida, S. H. (2025). Pengantar Ekonomi Pembangunan: Strategi Menuju Negara Berkembang.

Kotler, P. K. H. (2021). Marketing-5.0-Technology For Humanity.

Prabowo, A., Sari, P., Tanjung, Y., Roni, S., Hose Alfredo, R., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2025). Smart Office, Smart Nation: Mempersiapkan Generasi Unggul Melalui Standarisasi Uji Kompetensi Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 9(2). doi: 10.37859/jpumri.v9i2.9374

Rasyid Akbar, A., Arifin Siregar, A., & Abdul Wahid, F. (2025). Strategi Efektif dalam Optimalisasi Soft Skills Siswa SMK untuk Kesiapan Kerja dan Daya Saing Global di Era Industri 4.0 (Vol. 4, Issue 2).

Royyana, A. (2018). Strategi Transformasi Digital Pada Pt. Kimia Farma (Persero) Tbk. In Jurnal Sistem Informasi Kesehatan Masyarakat Journal of Information Systems for Public Health (Vol. 3, Issue 3).

Santika Siregar, I., & Nawawi, Z. M. (2025). Strategi Penguatan Marketing Skill Di Era Digital: Analisis Kompetensi Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Penjualan. 2(2), 393–404. doi: 10.61722/jaem.v2i2.5043

Sari, P. I., & Yanto, S. (2025). Peningkatan Kompetensi Digital Marketing Bagi Siswa SMK Negeri 9 Sebagai Bekal Kewirausahaan di Era Digital. Jurnal Pengabdian Negeri, 2(1), 78–87. doi: 10.69812/jpn.v2i1.92

Putut Aji Nalendro, Suryana Tio Fanta Purba, Widya Setiani, Irvan Shaputra, Riko Shaputra, Nestyo Rizky Prasetyo, & Muhammad Adib Alkhasna. (2025). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Program. In Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Vol. 5).

Wibowo, A., Wanarti Rusimamto, P., Rijanto, T., & Syariffuddien Zuhrie, M. (n.d.). Kinerja Guru Smk Negeri Di Kota Surabaya.

Winarti, E., & Alimansur, M. (2025). Penerapan Pendidikan Karakter di Era Digital Melalui Integrasi Teknologi Dalam Kurikulum. 2(1). Retrieved from https://igakerta.com/jurnal/index.php




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i6.34283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: