SOSIALISASI PENTINGNYA KETERAMPILAN SOSIAL GURU DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN UNTUK MENCEGAH KECEMASAN SISWA BERSEKOLAH

Darmiany Darmiany, Iva Nurmawanti, Setiani Novitasari

Abstract


ABSTRAK

Kecemasan bersekolah merupakan masalah yang masih dialami oleh siswa di Sekolah Dasar. Masalah ini harus dicegah karena jika dialami oleh siswa dapat mempengaruhi prestasi akademik siswa di sekolah. Proses pembelajaran yang kurang tepat dilakukan oleh guru dapat mempengaruhi munculnya masalah kecemasan bersekolah siswa. Oleh sebab itu diperlukan keterampilan sosial yang baik dari guru dalam melakukan proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dari pengabdian ini untuk memberikan pemahaman terkait pentingnya keterampilan sosial guru dalam melakukan proses pembelajaran sesuai dengan masalah yang terjadi yaitu dapat mengurangi kecemasan bersekolah siswa. Metode yang digunakan meliputi tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Berdasarkan hasil dari kegiatan ini peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan dan berdasarkan angket terbuka sebagai bahan evaluasi yang diberikan diperoleh hasil bahwa semua memahami materi dan dapat merefleksikan terkait pentingnya keterampilan mereka dengan pengalaman yang telah mereka lakukan..

 

Kata kunci: sosialisasi; keterampilan sosial; kecemasan bersekolah.

 

ABSTRACT

School anxiety is a problem that is still experienced by students in elementary schools. This problem must be prevented because if it is experienced by students it can affect students' academic achievement in school. The learning process that is not properly carried out by the teacher can affect the emergence of students' school anxiety problems. Therefore, good sosial skills are needed from the teacher in carrying out the learning process. Based on this, the purpose of this service is to provide an understanding of the importance of teachers' social skills in carrying out the learning process in accordance with the problems that occur, namely to reduce the school anxiety. The method in this service are preparation, implementation, and evaluation are the methods in this service. Based on the results of this activity the participants were very enthusiastic in participating in the activity and based on an open questionnaire as an evaluation material provided, it was found that all understood the material and could reflect on the importance of their skills with the experiences they had done.

 

Keywords: sosialization; teacher sosial skills; school anxiety.


Keywords


sosialization; teacher sosial skills; school anxiety.

Full Text:

PDF

References


Borich, G. . (1994). Observation Skill For Effective Teaching. Macmillan Publishing Company.

Goleman, D. (1999). Emosional Intelligence. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Jannah, N. (2017). Pengaruh Zikir al-Ma’tsurat dan Terjemahannya Terhadap Penurunan Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal Studia Insania, 5(2), 155. https://doi.org/10.18592/jsi.v5i2.1480

Joyce, B., & Weil, M. (1980). Models of Teaching (Second Edition). Prentice-Hall, Inc.

Raka, J. (1984). Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Pendidikan Guru. Ditjen Dikti.

Sa, U., & Ariati, J. (2018). Hubungan Antara Student Engagement (Keterlibatan Siswa) Dengan Prestasi Akademik Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 9 Semarang. Empati, 7(1), 69–75.

Sudiarta, I. N. (2016). Interaksi Guru Dan Siswa Yang Efektif Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Smk Tkj 1Dwijendra Denpasar. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra, 6. https://doi.org/https://doi.org/10.46650/wa.6.2.299.%25p

Tynjälä, P., Virtanen, A., Klemola, U., Kostiainen, E., & Rasku-Puttonen, H. (2016). Developing social competence and other generic skills in teacher education: applying the model of integrative pedagogy. European Journal of Teacher Education, 39(3), 368–387. https://doi.org/10.1080/02619768.2016.1171314

Vivin, V. (2019). Kecemasan dan motivasi belajar. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 8(2), 240–257. https://doi.org/10.30996/persona.v8i2.2276

Wu, Z., Hu, B. Y., Fan, X., Zhang, X., & Zhang, J. (2018). The associations between social skills and teacher-child relationships: A longitudinal study among Chinese preschool children. Children and Youth Services Review, 88, 582–590. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2018.03.052




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.3431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: