Peningkatan pemahaman guru tentang proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan deep learning di SDN 12 Cubadak Mentawai Kota Pariaman
Abstract
Abstrak
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini adalah untuk meningkatkan pemahaman guru mengenai proyek penguatan profil pelajar pancasila dan deep learning guru di kota Pariaman. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan, yang diawali dengan observasi dan wawancara dengan kepala sekolah serta guru. Setelah itu melakukan rembuk untuk penentuan jadwal pelaksanaan kegiatan, pemberian pelatihan dengan mendatangkan narasumber. Kegiatan dilakukan secara bertahap yaitu: persiapan dalam bentuk kerja sama dengan mitra, pendidikan atau pelatihan, penguatan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan PKM yang sudah dilakukan menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman guru SDN 12 Cubadak Mentawai Kota Pariaman terhadap Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Deep Learning. Guru SDN 12 Cubadak Mentawai Kota Pariaman mengalami peningkatan tentang konsep deep learning.
Kata kunci: pelatihan; P5; deep learning; guru SDN 12 Cubadak Mentawai.
Abstract
The purpose of this community service (PkM) activity is to improve teachers' understanding of the Pancasila student profile strengthening project and teacher deep learning in Pariaman City. This community service activity is carried out through several stages, which began with observations and interviews with the principal and teachers. After that, discussions were held to determine the schedule for implementing training activities by inviting resource persons. The activities were carried out in stages, namely: preparation in the form of collaboration with partners, education or training, strengthening and evaluation. The results of the PKM activities that have been carried out show that there is an increase in the understanding of teachers at SDN 12 Cubadak Mentawai, Pariaman City regarding the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) and Deep Learning. Teachers at SDN 12 Cubadak Mentawai, Pariaman City, experienced an increase in their understanding of the concept of deep learning
Keywords: training; P5; deep learning; teachers of SDN 12 Cubadak Mentawai.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kharisma, N., Septiani, D. E., & Suryaningsih, F. (2025). Transformasi Pembelajaran Bermakna melalui Deep Learning: Kajian Literatur dalam Kerangka Kurikulum Merdeka. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(3), 1895-1905.
Kurniawan, R. G. (2025). Pembelajaran diferensiasi berbasis deep learning: Strategi mindful, meaningful, dan joyful learning. Penerbit Lutfi Gilang.
Santiani, S. (2025). Analisis Literatur: Pendekatan Pembelajaran Deep Learning dalam Pendidikan. Jurnal Ilmiah Nusantara, 2(3), 50-57.
Zafirah, Z., Wijaya, M. A., & Rohyana, H. (2025). STRATEGI DEEP LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. JOEBAS: Journal of Education Bani Saleh, 1(1), 36-45.
Mulyanto, A., Supriatna, N., Erawati, E. R., Heryati, T., & Mulyanah, U. (2025). Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Kepemimpinan Pembelajaran Berbasis Deep Learning di SMPN 3 Margahayu. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 5(3).
Wahyudi, W., Kusuma, D., & Winanto, A. (2025). Desain Baru Model Manajemen Pendidikan Dan Pembelajaran Asik-Kritis-Kreatif-Bermakna Untuk Mewujudkan Pembelajaran Mendalam di Sekolah. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(2), 190-207.
Tri Rejeki, E. V. I. T. A., Susilawati, S., & Febriansyah, F. (2024). Pemanfaatan Proyek Peguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Kurikulum Merdeka Dalam Mengembangkan Social Skill pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Rejang Lebong (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup).
Muchson, M., & Anas, M. (2025, July). Implementasi Pembelajaran Mendalam untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia: Tantangan dan Strategi. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 8, pp. 199-212).
Purwoko, R. Y. (2025). Pembelajaran mendalam berorientasi pada peningkatan kemampuan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 11(1), 13-26.
Fauzi, I. K. A., Sumantri, S., Dahlan, E., Yulia, M. D., Khaqiqi, I. Q., & Wardoyo, S. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka: Analisis Dampak Terhadap Kualitas Pendidikan Pada Pendidikan Menengah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(2 Mei), 2361-2376.
Purwoko, R. Y. (2025). Pembelajaran mendalam berorientasi pada peningkatan kemampuan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 11(1), 13-26.
Mamma, H. (2025). evaluasi implementasi kurikulum merdeka dalam membentuk karakter peserta didik melalui pembelajaran pendidikan agamaislam di sdn 11gandangbatu sillanan (Doctoral dissertation, universitas muhammadiyah parepare).
Irvan, M. F., Sari, E. F., Ahmadi, F., Nugrahani, A. G., & Zulfana, S. A. (2025). Peningkatan Pemahaman Guru Sekolah Indonesia Davao tentang Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pendampingan Pembelajaran Terstruktur. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 6(1), 252-261.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i6.34310
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE:

















