Transformasi evaluasi pembelajaran PAI berbasis teknologi di Kabupaten Garut: penguatan kompetensi guru melalui pelatihan digital

Saepul Anwar, Usup Romli, Rijki Ramdani, Diva Nazira Aulia, Najla Zalfa Izdihar

Abstract


Abstrak

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Garut dalam pemanfaatan teknologi untuk evaluasi pembelajaran. Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari dengan pendekatan campuran (luring, daring sinkron, dan asinkron), mencakup penguatan konseptual, praktik aplikasi digital, dan pendampingan implementatif. Materi pelatihan meliputi evaluasi pembelajaran PAI dalam konteks kurikulum nasional, pemanfaatan teknologi, serta praktik penggunaan Google Workspace for Education, Quizizz, H5P, dan Wordwall. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam tingkat penguasaan peserta terhadap seluruh materi pelatihan, dengan skor posttest mencapai 80–90%. Selain itu, tingkat kepuasan peserta terhadap penyelenggaraan pelatihan berada di atas 82% pada seluruh dimensi, dengan skor tertinggi pada kualitas fasilitator (97%) dan kepuasan umum (94%). Kendala seperti keterbatasan perangkat, literasi digital yang beragam, dan beban kerja guru berhasil diatasi melalui strategi adaptif, termasuk penyediaan materi offline, pendekatan bertahap (scaffolded learning), dan pemanfaatan aplikasi gratis. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kompetensi individu peserta, tetapi juga memperkuat kapasitas kelembagaan mitra, serta membuka ruang bagi transformasi budaya evaluasi pembelajaran yang lebih adaptif dan berbasis teknologi. Model pelatihan ini berpotensi untuk direplikasi di jenjang pendidikan lain sebagai bagian dari strategi peningkatan mutu pendidikan agama Islam di era digital.

 

Kata kunci: pengabdian kepada masyarakat; guru PAI; evaluasi pembelajaran; teknologi pendidikan; Kabupaten Garut.

 

Abstract

This Community Service Program aimed to enhance the competencies of Islamic Education (PAI) teachers at the elementary level in Garut Regency, focusing on the use of technology for learning assessment. The training was conducted over three days using a blended approach—combining in-person sessions, synchronous online meetings, and asynchronous assignments. The materials covered included the role of PAI in the national curriculum, assessment concepts and practices, and hands-on training in digital tools such as Google Workspace for Education, Quizizz, H5P, and Wordwall. Evaluation results indicated a significant improvement in participants’ mastery of the training content, with posttest scores ranging from 80% to 90%. Participant satisfaction was also notably high, with all dimensions scoring above 82%, and the highest ratings given to facilitator quality (97%) and overall satisfaction (94%). Challenges such as limited access to devices, varying levels of digital literacy, and teachers’ workload were effectively addressed through adaptive strategies, including offline materials, scaffolded learning, and the use of free, open-source applications. This program not only improved individual competencies but also strengthened institutional capacity and fostered a more adaptive, data-driven culture of assessment in Islamic education. The training model has strong potential for replication at other educational levels as part of broader efforts to improve the quality of Islamic education in the digital era.

 

Keywords: community service; islamic education teachers; learning evaluation; educational technology; Garut Regency


Keywords


community service; islamic education teachers; learning evaluation; educational technology; Garut Regency

Full Text:

PDF

References


Abidin, M. A., Kuswanto, F., & Hanif, M. S. T. (2024). Transformasi Assessment dalam Pembelajaran IPS: Pendekatan Holistik untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 187–200. https://journal.unusida.ac.id/index.php/jmi/article/view/1314

A’la, N. I., Bilqist, P. S. I., Anisa, T. N., & Aini, V. Z. (2023). Pemanfaatan Teknologi dalam Evaluasi Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar. Al-DYAS, 2(3), 604–611. https://doi.org/10.58578/ALDYAS.V2I3.1480

Andari, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135–137. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.2069

Anwar, S., Romli, U., & Farizhi, N. (2024). Program Pelatihan Berbasis Community Development: Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Di Kota Cimahi. Bakti Mulya: Jurnal Pengabdian Dan Pendampingan Masyarakat, 2(2), 17–28. https://doi.org/10.59166/BAKTIMULYA.V2I2.132

Azzahro, T. A., & Subekti, F. E. (2022). Systematic Literature Review : Efektivitas Penggunaan Media Evaluasi Digital dalam Pembelajaran Matematika. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(2), 207–213. https://doi.org/10.35569/BIORMATIKA.V8I2.1331

Budiarti, E. (2024). Evaluasi dan Teknologi Pembelajaran: Transformasi Asesmen Kreatif melalui Media Pop-Up Interaktif di PAUD. Applied Observation and Pedagogical Studies Poster, 3(2), 7–7. https://doi.org/10.61650/AOPS.V3I2.866

Candrika, A. R. A., Nisa, N., Nurhalisa, S., Hidayati, F., & Abdullah, S. (2025). Tantangan Evaluasi Pembelajaran PAI Berbasis IT di Era Digital. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 258–272. https://doi.org/10.23969/JP.V10I02.27075

Choiroh, M. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab berbasis Media E-Learning. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 3(1), 41–47. https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.554

Dewi, A. E. R., & Hasmirati, H. (2022). Pengaruh Kesiapan Siswa dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi terhadap Kebijakan Merdeka Belajar Menyongsong Era Industri 5.0. Al-Musannif, 4(1), 29–42. https://doi.org/10.56324/AL-MUSANNIF.V4I1.58

Djauhari, Moch., Kumara, R. A., Putri, A., A, Y., Adi, M., & Ayu, R. (2021). Pendekatan Partisipatif Dalam Memberdayakan Pemasaran Online UMKM di Kampung Krupuk Sukolilo Surabaya. Prapanca : Jurnal Abdimas, 1(1), 28–36. https://doi.org/10.37826/PRAPANCA.V1I1.134

Elfira, I., Syamsurizal, S., & Lufri, L. (2023). Systematic Literature Review : Efektivitas Penggunaan Google Form untuk Evaluasi Pembelajaran. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 5(2), 93. https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.2811

Entriza, A. N., & Puspitasari, F. F. (2025). Studi Literatur: Integrasi Teknologi Informasi Dalam Pelatihan Guru Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 15(1), 62–73. https://doi.org/10.24042/B2ZK9F46

Fauzi, M. R., Zahro, S. F., Bashith, A., & Hakim, M. J. M. (2025). Peluang dan Tantangan Integrasi Artificial Intelligence Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 10(2), 217–227. https://doi.org/10.21462/EDUCASIA.V10I2.345

Hardiansyah, A., Harahap, R., & Vandika, A. Y. (2024). Kecerdasan Buatan Sebagai Mitra dalam Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (JIPKL), 4(5), 381–390. https://www.jipkl.com/index.php/JIPKL/article/view/58/137

Hidayat, D. A. S., Annashir, U. N., Afrianzi, I. G., Tsani, A. H., & Hardiansyah, D. (2025). Evaluasi Pembelajaran PAI di SMA 1 Surakarta Analisis Kurikulum Merdeka. IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 206–217. https://jurnal.stikes-ibnusina.ac.id/index.php/IHSANIKA/article/view/2174

Jatmiko, Y. D., Suharjono, S., Ardyati, T., & Mustafa, I. (2025). Peningkatan Pemahaman Guru Biologi SMA Kota Malang tentang Evolusi Mikroba melalui Teknologi CRISPR dan Mekanisme Resistensi Antibiotik. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 10(1), 12–19. https://doi.org/10.56436/MIJOSE.V1I1.85

Kalsum, E. U., Siregar, R., Sipahutar, E. S., Sipahutar, A., & Saputra, J. H. (2025). Meningkatkan kualitas guru melalui pendidikan dan pelatihan di SMP Swasta PTPN. IV Dolok Hilir. Jurnal Derma Pengabdian Dosen Perguruan Tinggi (Jurnal DEPUTI), 5(2), 414–422. https://doi.org/10.54123/DEPUTI.V5I2.444

Mahfud, H., Adi, F. P., Atmojo, I. R. W., & Ardiansyah, R. (2019). Peningkatan kompetensi evaluasi pembelajaran berbasis teknologi pada guru SD di kota Surakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 1–5.

Nafi’ah, U., Sapto, A., Sayono, J., & Herdiani, A. (2022). Peningkatan Kapasitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Menyelaraskan Pembelajaran Sejarah dengan Kebutuhan Masa Kini. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 5(1), 49–56. https://doi.org/10.17509/HISTORIA.V5I1.38950

Nastia, A., Kurniawan, F. D., Istiqomah, N., Latifa, N., Reubun, Z., & Viratama, I. P. (2024). Pengukuran dan Evaluasi Pembelajaran Berbasis ICT. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 5(2), 21–30. https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/3900

Nazira, U., Zahra, U., & Gusmaneli. (2024). Pemanfaatan TIK sebagai Infrastruktur Pendidikan: Tantangan dan Peluang di Era Digital. Journal Of Informatics And Busisnes , 2(3), 480–486. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jibs/article/view/1827

Novia, G., Hendriawan, D., Mulyasari, E., Triwahyuni, I., & Syahirah, N. I. (2025). Persepsi Guru terhadap Program Pelatihan dan Kesiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Binong. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1). https://doi.org/10.20961/JKC.V13I1.97014

Nurdin, N., Zain, I., Duslan, N. H., Mulusi, M. M., Halaa, S. S., Bamu, M., & Didipu, H. (2025). Optimalisasi Pemanfaatan Media Digital Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran di SMP Negri 11 Gorontalo. Community : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 83–91. https://doi.org/10.51903/NK4G8036

Mayadi, M., Patiro, S. P. S., & Rekarti, E. (2024). Strategi Peningkatan Efektivitas Penggunaan Aplikasi Infrastruktur: Peran Komunikasi, Pelatihan, Dan Dukungan Manajerial Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Simeulue. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 4(4), 548–560. https://doi.org/10.60036/JBM.V4I4.ART8

Prasetyaningtyas, H., Basuki, R. R., Zulaikha, S., & Takdir, Muh. (2025). Profesionalisme Guru dalam Integrasi Teknologi: Pilar Penguatan Mutu Pendidikan dalam Sistem Manajemen Pendidikan Nasional: Penelitian. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(4), 5467–5473. https://doi.org/10.31004/JERKIN.V3I4.1440

Ridwan, M., Mahmud, M., Mafulla, D., & Hestianah, S. (2024). Pendampingan Guru Madrasah dalam Membangun Literasi Digital untuk Pembelajaran. Taawun: Jurnal Pengabdian, 3(1), 32–45. https://ejournal.uluwiyah.ac.id/index.php/taawun/article/view/152

Riskawati, Idris, I. I. N., Herman, N. M., Nurhasmi, & Sanusi, D. K. (2025). Penguatan Literasi Digital Mahasiswa melalui Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Pemrograman: Strategi Pemberdayaan Calon Pendidik Abad 21. Jurnal Abdimas Indonesia, 5(2), 848–855. https://doi.org/10.34697/JAI.V5I2.1571

Riswanto, R., & Mulyanti, D. (2024). Peran Guru dan Kepala Sekolah sebagai Aktor Pendidikan di Tengah Perubahan Lingkungan Pendidikan yang Berubah Cepat. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(6), 1186. https://doi.org/10.59188/JCS.V3I6.757

Ruhidawati, C., Karmila, M., Katiah, K., Wiana, W. W., & Sakti, A. W. (2024). Pengembangan kompetensi guru dan peserta didik keahlian busana dalam mendesain busana digital dengan Ibis Paint X di SMK Sukapura Tasikmalaya. Jurnal Abmas, 24(2), 169–174. https://doi.org/10.17509/ABMAS.V24I2.75894

Rukmana, R., Wakhyudin, H., Nuruliarsih, N., & Azizah, M. (2024). Memperkuat Literasi Teknologi melalui Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Media Kahoot di Kelas V Sekolah Dasar. Madaniya, 5(3), 790–796. https://doi.org/10.53696/27214834.844

Sajudin, M. (2025). Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Kualitas Asesmen Formatif. PEDAGOGIA : JURNAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN, 1(02), 44–54. https://doi.org/10.010125/JHSD8Z29

Seftiani, I. (2019). Alat Evaluasi Pembelajaran Interaktif Kahoot pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 284–291. https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/10342/5184

Silvia Syeptiani. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Kimia Terapan. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 417–422. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.981

Soraya, F., & Marzuki, I. (2024). Transformasi Model Evaluasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Society 5.0. Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 6(2), 167–179. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/JKIP/article/view/12925

Marvel, Reka, Michelle, & Sanjaya. (2024). Transformasi Pendidikan Bahasa Indonesia Melalui Pelatihan Guru Berbasis HOTS: Meningkatkan Inovasi Pedagogis dan Hasil Belajar Siswa di Kota Jambi. Lebah, 17(2), 68–76. https://www.plus62.isha.or.id/index.php/abdimas/article/view/201

Subandi, A. R., Putri, A. I. A., Sanusi, H. A., & Kusumaningrum, H. (2025). Strategi Pengembangan Kompetensi Guru dan Staf dalam Manajemen SDM Pendidikan. Edukasi Elita : Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 106–122. https://doi.org/10.62383/EDUKASI.V2I1.956

Suhaeni, & Fatmawati. (2025). Pengembangan Profesionalisme Guru Berkelanjutan: Studi Pustaka Sistematis Model Pendidikan Profesi Guru Yang Efektif. Jurnal Inovasi Metode Pembelajaran, 7(2). https://journalversa.com/s/index.php/jimp/article/view/1658

Suhartika, S., Sikma, M., Putra, R. T., & Yanti, S. (2025). Persepsi Guru PAUD terhadap Penggunaan Teknologi dalam Proses Asesmen Anak Usia Dini. Jurnal Insan Cita Pendidikan, 4(2), 1–5. https://doi.org/10.00000/QGAF2Z04

Sukaryana. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pemanfaatan Google Formulir melalui In House Training di SMP Negeri 1 Temon Tahun 2021. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(9), 1255–1273. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/5313

Supriyadi, Maulina, D., Irwandani, & Kamelia, M. (2024). Pemberdayaan Komunitas Belajar Guru Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 12–21. https://doi.org/10.46843/JPM.V3I1.294

Susanna, Idris, J., & Duskri, M. (2024). Optimalisasi Penggunaan Statistik dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Pendekatan Kuantitatif dalam Meningkatkan Kualitas Penilaian. Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research, 2(2), 88–97. https://doi.org/10.61683/jome.v2i2.119

Sustaningrum, R., Laksmidewi, D., & Winarno, S. C. (2024). Pelatihan Pemahaman Konsep Bisnis bagi Siswa Menengah Atas dengan Metode Pendekatan Partisipatif dan Tindakan. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(2), 781–789. https://doi.org/10.33379/ICOM.V4I2.4337

Syafaatunnisa, S., Salmani, S. M., Agussalim, R., Samsul Arifin, B., & Safwandy Nugraha, M. (2024). Kriteria Evaluasi Pembelajaran PAI di Era Society 5.0. Rayah Al-Islam, 8(3), 719–732. https://doi.org/10.37274/rais.v8i3.1010

Wartinah, Fepriani, J., & Suwadi. (2025). Inovasi Teknologi dalam Mengembangkan Asesmen Psikomotorik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7100–7107. https://doi.org/10.54371/JIIP.V8I7.8392

Wijaksono, A. (2023). Peningkatan Literasi Digital melalui Pelatihan Guru di Daerah Terpencil. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 62–68. https://doi.org/10.32672/AMPOEN.V1I2.2405

Yulastri, W., Putri, D. N., Gusman, R., Mayasril, N., Suri, A., & Maryulis. (2025). Analisis Kebijakan Teknologi di Indonesia: Akses, Literasi Guru, Kurikulum, dan Evaluasi. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(02), 240–248. https://doi.org/10.36989/DIDAKTIK.V11I02.6772

Zupti, B. A., & Fathurrahman, M. (2025). Peran Komunitas Rumah Internet dalam meningkatkan literasi informasi masyarakat di Desa 3T. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 13(1), 159–171. https://doi.org/10.18592/PK.V13I1.16239




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v%25vi%25i.34450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: