Transformasi evaluasi pembelajaran PAI berbasis teknologi di Kabupaten Garut: penguatan kompetensi guru melalui pelatihan digital
Abstract
Abstrak
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Garut dalam pemanfaatan teknologi untuk evaluasi pembelajaran. Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari dengan pendekatan campuran (luring, daring sinkron, dan asinkron), mencakup penguatan konseptual, praktik aplikasi digital, dan pendampingan implementatif. Materi pelatihan meliputi evaluasi pembelajaran PAI dalam konteks kurikulum nasional, pemanfaatan teknologi, serta praktik penggunaan Google Workspace for Education, Quizizz, H5P, dan Wordwall. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam tingkat penguasaan peserta terhadap seluruh materi pelatihan, dengan skor posttest mencapai 80–90%. Selain itu, tingkat kepuasan peserta terhadap penyelenggaraan pelatihan berada di atas 82% pada seluruh dimensi, dengan skor tertinggi pada kualitas fasilitator (97%) dan kepuasan umum (94%). Kendala seperti keterbatasan perangkat, literasi digital yang beragam, dan beban kerja guru berhasil diatasi melalui strategi adaptif, termasuk penyediaan materi offline, pendekatan bertahap (scaffolded learning), dan pemanfaatan aplikasi gratis. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kompetensi individu peserta, tetapi juga memperkuat kapasitas kelembagaan mitra, serta membuka ruang bagi transformasi budaya evaluasi pembelajaran yang lebih adaptif dan berbasis teknologi. Model pelatihan ini berpotensi untuk direplikasi di jenjang pendidikan lain sebagai bagian dari strategi peningkatan mutu pendidikan agama Islam di era digital.
Kata kunci: pengabdian kepada masyarakat; guru PAI; evaluasi pembelajaran; teknologi pendidikan; Kabupaten Garut.
Abstract
This Community Service Program aimed to enhance the competencies of Islamic Education (PAI) teachers at the elementary level in Garut Regency, focusing on the use of technology for learning assessment. The training was conducted over three days using a blended approach—combining in-person sessions, synchronous online meetings, and asynchronous assignments. The materials covered included the role of PAI in the national curriculum, assessment concepts and practices, and hands-on training in digital tools such as Google Workspace for Education, Quizizz, H5P, and Wordwall. Evaluation results indicated a significant improvement in participants’ mastery of the training content, with posttest scores ranging from 80% to 90%. Participant satisfaction was also notably high, with all dimensions scoring above 82%, and the highest ratings given to facilitator quality (97%) and overall satisfaction (94%). Challenges such as limited access to devices, varying levels of digital literacy, and teachers’ workload were effectively addressed through adaptive strategies, including offline materials, scaffolded learning, and the use of free, open-source applications. This program not only improved individual competencies but also strengthened institutional capacity and fostered a more adaptive, data-driven culture of assessment in Islamic education. The training model has strong potential for replication at other educational levels as part of broader efforts to improve the quality of Islamic education in the digital era.
Keywords: community service; islamic education teachers; learning evaluation; educational technology; Garut Regency
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, M. A., Kuswanto, F., & Hanif, M. S. T. (2024). Transformasi Assessment dalam Pembelajaran IPS: Pendekatan Holistik untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 187–200. https://journal.unusida.ac.id/index.php/jmi/article/view/1314
A’la, N. I., Bilqist, P. S. I., Anisa, T. N., & Aini, V. Z. (2023). Pemanfaatan Teknologi dalam Evaluasi Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar. Al-DYAS, 2(3), 604–611. https://doi.org/10.58578/ALDYAS.V2I3.1480
Andari, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135–137. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.2069
Anwar, S., Romli, U., & Farizhi, N. (2024). Program Pelatihan Berbasis Community Development: Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Di Kota Cimahi. Bakti Mulya: Jurnal Pengabdian Dan Pendampingan Masyarakat, 2(2), 17–28. https://doi.org/10.59166/BAKTIMULYA.V2I2.132
Azzahro, T. A., & Subekti, F. E. (2022). Systematic Literature Review : Efektivitas Penggunaan Media Evaluasi Digital dalam Pembelajaran Matematika. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(2), 207–213. https://doi.org/10.35569/BIORMATIKA.V8I2.1331
Budiarti, E. (2024). Evaluasi dan Teknologi Pembelajaran: Transformasi Asesmen Kreatif melalui Media Pop-Up Interaktif di PAUD. Applied Observation and Pedagogical Studies Poster, 3(2), 7–7. https://doi.org/10.61650/AOPS.V3I2.866
Candrika, A. R. A., Nisa, N., Nurhalisa, S., Hidayati, F., & Abdullah, S. (2025). Tantangan Evaluasi Pembelajaran PAI Berbasis IT di Era Digital. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 258–272. https://doi.org/10.23969/JP.V10I02.27075
Choiroh, M. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab berbasis Media E-Learning. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 3(1), 41–47. https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.554
Dewi, A. E. R., & Hasmirati, H. (2022). Pengaruh Kesiapan Siswa dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi terhadap Kebijakan Merdeka Belajar Menyongsong Era Industri 5.0. Al-Musannif, 4(1), 29–42. https://doi.org/10.56324/AL-MUSANNIF.V4I1.58
Djauhari, Moch., Kumara, R. A., Putri, A., A, Y., Adi, M., & Ayu, R. (2021). Pendekatan Partisipatif Dalam Memberdayakan Pemasaran Online UMKM di Kampung Krupuk Sukolilo Surabaya. Prapanca : Jurnal Abdimas, 1(1), 28–36. https://doi.org/10.37826/PRAPANCA.V1I1.134
Elfira, I., Syamsurizal, S., & Lufri, L. (2023). Systematic Literature Review : Efektivitas Penggunaan Google Form untuk Evaluasi Pembelajaran. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 5(2), 93. https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.2811
Entriza, A. N., & Puspitasari, F. F. (2025). Studi Literatur: Integrasi Teknologi Informasi Dalam Pelatihan Guru Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 15(1), 62–73. https://doi.org/10.24042/B2ZK9F46
Fauzi, M. R., Zahro, S. F., Bashith, A., & Hakim, M. J. M. (2025). Peluang dan Tantangan Integrasi Artificial Intelligence Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 10(2), 217–227. https://doi.org/10.21462/EDUCASIA.V10I2.345
Hardiansyah, A., Harahap, R., & Vandika, A. Y. (2024). Kecerdasan Buatan Sebagai Mitra dalam Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (JIPKL), 4(5), 381–390. https://www.jipkl.com/index.php/JIPKL/article/view/58/137
Hidayat, D. A. S., Annashir, U. N., Afrianzi, I. G., Tsani, A. H., & Hardiansyah, D. (2025). Evaluasi Pembelajaran PAI di SMA 1 Surakarta Analisis Kurikulum Merdeka. IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 206–217. https://jurnal.stikes-ibnusina.ac.id/index.php/IHSANIKA/article/view/2174
Jatmiko, Y. D., Suharjono, S., Ardyati, T., & Mustafa, I. (2025). Peningkatan Pemahaman Guru Biologi SMA Kota Malang tentang Evolusi Mikroba melalui Teknologi CRISPR dan Mekanisme Resistensi Antibiotik. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 10(1), 12–19. https://doi.org/10.56436/MIJOSE.V1I1.85
Kalsum, E. U., Siregar, R., Sipahutar, E. S., Sipahutar, A., & Saputra, J. H. (2025). Meningkatkan kualitas guru melalui pendidikan dan pelatihan di SMP Swasta PTPN. IV Dolok Hilir. Jurnal Derma Pengabdian Dosen Perguruan Tinggi (Jurnal DEPUTI), 5(2), 414–422. https://doi.org/10.54123/DEPUTI.V5I2.444
Mahfud, H., Adi, F. P., Atmojo, I. R. W., & Ardiansyah, R. (2019). Peningkatan kompetensi evaluasi pembelajaran berbasis teknologi pada guru SD di kota Surakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 1–5.
Nafi’ah, U., Sapto, A., Sayono, J., & Herdiani, A. (2022). Peningkatan Kapasitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Menyelaraskan Pembelajaran Sejarah dengan Kebutuhan Masa Kini. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 5(1), 49–56. https://doi.org/10.17509/HISTORIA.V5I1.38950
Nastia, A., Kurniawan, F. D., Istiqomah, N., Latifa, N., Reubun, Z., & Viratama, I. P. (2024). Pengukuran dan Evaluasi Pembelajaran Berbasis ICT. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 5(2), 21–30. https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/3900
Nazira, U., Zahra, U., & Gusmaneli. (2024). Pemanfaatan TIK sebagai Infrastruktur Pendidikan: Tantangan dan Peluang di Era Digital. Journal Of Informatics And Busisnes , 2(3), 480–486. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jibs/article/view/1827
Novia, G., Hendriawan, D., Mulyasari, E., Triwahyuni, I., & Syahirah, N. I. (2025). Persepsi Guru terhadap Program Pelatihan dan Kesiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Binong. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1). https://doi.org/10.20961/JKC.V13I1.97014
Nurdin, N., Zain, I., Duslan, N. H., Mulusi, M. M., Halaa, S. S., Bamu, M., & Didipu, H. (2025). Optimalisasi Pemanfaatan Media Digital Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran di SMP Negri 11 Gorontalo. Community : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 83–91. https://doi.org/10.51903/NK4G8036
Mayadi, M., Patiro, S. P. S., & Rekarti, E. (2024). Strategi Peningkatan Efektivitas Penggunaan Aplikasi Infrastruktur: Peran Komunikasi, Pelatihan, Dan Dukungan Manajerial Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Simeulue. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 4(4), 548–560. https://doi.org/10.60036/JBM.V4I4.ART8
Prasetyaningtyas, H., Basuki, R. R., Zulaikha, S., & Takdir, Muh. (2025). Profesionalisme Guru dalam Integrasi Teknologi: Pilar Penguatan Mutu Pendidikan dalam Sistem Manajemen Pendidikan Nasional: Penelitian. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(4), 5467–5473. https://doi.org/10.31004/JERKIN.V3I4.1440
Ridwan, M., Mahmud, M., Mafulla, D., & Hestianah, S. (2024). Pendampingan Guru Madrasah dalam Membangun Literasi Digital untuk Pembelajaran. Taawun: Jurnal Pengabdian, 3(1), 32–45. https://ejournal.uluwiyah.ac.id/index.php/taawun/article/view/152
Riskawati, Idris, I. I. N., Herman, N. M., Nurhasmi, & Sanusi, D. K. (2025). Penguatan Literasi Digital Mahasiswa melalui Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Pemrograman: Strategi Pemberdayaan Calon Pendidik Abad 21. Jurnal Abdimas Indonesia, 5(2), 848–855. https://doi.org/10.34697/JAI.V5I2.1571
Riswanto, R., & Mulyanti, D. (2024). Peran Guru dan Kepala Sekolah sebagai Aktor Pendidikan di Tengah Perubahan Lingkungan Pendidikan yang Berubah Cepat. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(6), 1186. https://doi.org/10.59188/JCS.V3I6.757
Ruhidawati, C., Karmila, M., Katiah, K., Wiana, W. W., & Sakti, A. W. (2024). Pengembangan kompetensi guru dan peserta didik keahlian busana dalam mendesain busana digital dengan Ibis Paint X di SMK Sukapura Tasikmalaya. Jurnal Abmas, 24(2), 169–174. https://doi.org/10.17509/ABMAS.V24I2.75894
Rukmana, R., Wakhyudin, H., Nuruliarsih, N., & Azizah, M. (2024). Memperkuat Literasi Teknologi melalui Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Media Kahoot di Kelas V Sekolah Dasar. Madaniya, 5(3), 790–796. https://doi.org/10.53696/27214834.844
Sajudin, M. (2025). Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Kualitas Asesmen Formatif. PEDAGOGIA : JURNAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN, 1(02), 44–54. https://doi.org/10.010125/JHSD8Z29
Seftiani, I. (2019). Alat Evaluasi Pembelajaran Interaktif Kahoot pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 284–291. https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/10342/5184
Silvia Syeptiani. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Kimia Terapan. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 417–422. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.981
Soraya, F., & Marzuki, I. (2024). Transformasi Model Evaluasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Society 5.0. Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 6(2), 167–179. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/JKIP/article/view/12925
Marvel, Reka, Michelle, & Sanjaya. (2024). Transformasi Pendidikan Bahasa Indonesia Melalui Pelatihan Guru Berbasis HOTS: Meningkatkan Inovasi Pedagogis dan Hasil Belajar Siswa di Kota Jambi. Lebah, 17(2), 68–76. https://www.plus62.isha.or.id/index.php/abdimas/article/view/201
Subandi, A. R., Putri, A. I. A., Sanusi, H. A., & Kusumaningrum, H. (2025). Strategi Pengembangan Kompetensi Guru dan Staf dalam Manajemen SDM Pendidikan. Edukasi Elita : Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 106–122. https://doi.org/10.62383/EDUKASI.V2I1.956
Suhaeni, & Fatmawati. (2025). Pengembangan Profesionalisme Guru Berkelanjutan: Studi Pustaka Sistematis Model Pendidikan Profesi Guru Yang Efektif. Jurnal Inovasi Metode Pembelajaran, 7(2). https://journalversa.com/s/index.php/jimp/article/view/1658
Suhartika, S., Sikma, M., Putra, R. T., & Yanti, S. (2025). Persepsi Guru PAUD terhadap Penggunaan Teknologi dalam Proses Asesmen Anak Usia Dini. Jurnal Insan Cita Pendidikan, 4(2), 1–5. https://doi.org/10.00000/QGAF2Z04
Sukaryana. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pemanfaatan Google Formulir melalui In House Training di SMP Negeri 1 Temon Tahun 2021. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(9), 1255–1273. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/5313
Supriyadi, Maulina, D., Irwandani, & Kamelia, M. (2024). Pemberdayaan Komunitas Belajar Guru Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 12–21. https://doi.org/10.46843/JPM.V3I1.294
Susanna, Idris, J., & Duskri, M. (2024). Optimalisasi Penggunaan Statistik dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Pendekatan Kuantitatif dalam Meningkatkan Kualitas Penilaian. Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research, 2(2), 88–97. https://doi.org/10.61683/jome.v2i2.119
Sustaningrum, R., Laksmidewi, D., & Winarno, S. C. (2024). Pelatihan Pemahaman Konsep Bisnis bagi Siswa Menengah Atas dengan Metode Pendekatan Partisipatif dan Tindakan. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(2), 781–789. https://doi.org/10.33379/ICOM.V4I2.4337
Syafaatunnisa, S., Salmani, S. M., Agussalim, R., Samsul Arifin, B., & Safwandy Nugraha, M. (2024). Kriteria Evaluasi Pembelajaran PAI di Era Society 5.0. Rayah Al-Islam, 8(3), 719–732. https://doi.org/10.37274/rais.v8i3.1010
Wartinah, Fepriani, J., & Suwadi. (2025). Inovasi Teknologi dalam Mengembangkan Asesmen Psikomotorik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7100–7107. https://doi.org/10.54371/JIIP.V8I7.8392
Wijaksono, A. (2023). Peningkatan Literasi Digital melalui Pelatihan Guru di Daerah Terpencil. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 62–68. https://doi.org/10.32672/AMPOEN.V1I2.2405
Yulastri, W., Putri, D. N., Gusman, R., Mayasril, N., Suri, A., & Maryulis. (2025). Analisis Kebijakan Teknologi di Indonesia: Akses, Literasi Guru, Kurikulum, dan Evaluasi. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(02), 240–248. https://doi.org/10.36989/DIDAKTIK.V11I02.6772
Zupti, B. A., & Fathurrahman, M. (2025). Peran Komunitas Rumah Internet dalam meningkatkan literasi informasi masyarakat di Desa 3T. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 13(1), 159–171. https://doi.org/10.18592/PK.V13I1.16239
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v%25vi%25i.34450
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE:

















