Pelatihan inovasi packaging dan labeling pada bolu kijing di Desa Cibuaya Kabupaten Karawang
Abstract
Abstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pelaku usaha bolu kijing desa Cibuaya yang belum memiliki packaging dan labeling yang menarik. Label sebagai identitas produk belum didesain dengan baik dan packaging produk yang hanya menggunakan plastik bening biasa menyebabkan daya saing bolu kijing rendah. Permasalahan terjadi karena pelaku usaha belum memahami pentingnya packaging dan labeling pada strategi penjualan. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pemahaman pelaku usaha bolu kijing tentang packaging dan labeling yang menarik dengan memberikan pelatihan. Metode pelaksanaan kegiatan yang digunakan adalah metode ceramah yang terdiri dari tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa pelaku usaha mendapatkan tambahan wawasan dan pengetahuan baru tentang packaging dan labeling pada usaha bolu kijing. Sehingga disimpulkan bahwa pentingnya memberikan kemasan yang menarik pada produk bolu kijing dan juga penting untuk memberi label pada kemasan yang memudahkan konsumen untuk dapat menghubungi penjual dan mengetahui dengan jelas nama produk yang dijual sehingga dapat meningkatkan jumlah penjualan bolu kijing.
Kata kunci: packaging; labeling; bolu kijing.
Abstract
This community service activity was motivated by the problem of bolu kijing business owners in Cibuaya village who did not have attractive packaging and labeling. The label as a product identity has not been well designed and the product packaging that only uses ordinary clear plastic causes bolu kijing's competitiveness to be low. The problem occurs because business owners do not understand the importance of packaging and labeling in sales strategies. The purpose of this community service is to provide understanding to bolu kijing business owners about attractive packaging and labeling by providing training. The implementation method used was a lecture method consisting of three stages: preparation, implementation, and evaluation. The results of this community service activity show that business owners gained additional insight and new knowledge about packaging and labeling in the bolu kijing business. Therefore, it is concluded that providing attractive packaging for bolu kijing products is important and it is also important to provide labels on the packaging that make it easier for consumers to contact the seller and clearly know the name of the product being sold so that it can increase the number of bolu kijing sales.
Keywords: packaging; labeling; bolu kijing.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmas, A. A. N., Sutrisno, & Ratnasari, I. (2022). Upaya Peningkatan Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil dan Menengah Melalui Inovasi Desain Kemasan dan Pemasaran Produk di Kabupaten Karawang. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 124–128. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7625
Aprianto, L., & Ekowati, S. (2024). Pengaruh desain kemasan, kualitas pelayanan, dan variasi produk terhadap minat beli konsumen ‘“minumin”’ kota bengkulu. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains (JEMS), 5(2), 689–702. https://doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670
Ayunina, Q., Hadipranata, C., & Sumardi, R. P. (2022). Pengaruh kemasan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian wardah. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia STIE Widya Wiwaha, 2(3), 816–834. https://doi.org/https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i3.564
Darmawan, D. (2017). Pengaruh Kemasan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran Hidroponik. Jurnal Agrimas, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.31227/osf.io/vcsg3
Dayanti, R. M. A. (2022). Pengaruh Kemasan Dan Lokasi Usaha Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Bisnis Rintisan Sesari Base. Performa, 6(5), 439–444. https://doi.org/10.37715/jp.v6i5.2170
Emilda, E., Lazuarni, S., Kholis, K. M. N., Roswaty, R., Syafitri, L., & Handayani, S. (2024). Pembuatan Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour) sebagai Upaya Optimalisasi Komoditas Lokal. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(2), 2362–2370. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.22005
Erlyana, Y., & Ressiani, R. (2020). Perancangan Buku Desain Kemasan ”Basic of Packaging”. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(2), 160–172. https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i02.3390
Framita, & Maulita. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Pengemasan, Labelling dan Branding Produk di Desa Sukaratu Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang. BERDAYA J. Pendidik. Dan Pengabdi. Kpd. Masy, 2(3), 107–118. https://doi.org/10.36407/berdaya.v2i3.254
Hariadi, F., Kalaway, R. Y., & Rada, Y. (2022). Perancangan Desain Kemasan Baksoku. ABDI WINA JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 2(1), 24–30. https://doi.org/10.58300/abdiwina.v2i1.247
Iskandar, J., Sari, Y. K., & Fathurrohim, A. (2023). Pelatihan Desain Mockup dan Logo Sebagai Branding Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi UMKM di Desa Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(8), 1417–1424. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i8.373
Kadi Ari, C. D., Fauzi Ananta, U. R., Damayanti, Y. R., & Yani Mustika, E. K. (2023). Labeling, Packaging, Dan Branding Sebagai Peningkatan Minat Beli Konsumen Pada Umkm Selai Srikaya Jumbo Desa Pupus Lembeyan Magetan. Citakarya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.63922/citakarya.v1i01.226
Khomariah, N. E. (2021). Pelatihan Desain Label Kemasan Pada Produk Aneka Peyek Merk “ ONO ” Di Desa Palemwatu Kecamatan Menganti , Gresik. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 147–151. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.662
Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 14. Erlangga.
Legowo, H., Wulandari, R., & Oktyawati, D. (2018). Pelatihan Pengemasan Produk Wingko Ungu Hasil Produksi Kelompok Usaha Wingko Ungu Desa Banjararum, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 1(2), 91–95. https://doi.org/10.22146/jp2m.43466
Maulia, R. I., Saputra, P. A., Khoiriyah, L. B., & Wahyuningsih, R. (2024). Pelatihan Branding Produk dan Digital Marketing Bagi UMKM Desa Podoroto. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1351–1357. https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8542
Mufreni, A. N. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), 48–54. https://doi.org/10.37058/jem.v2i2.313
Nurfitri, F. A., Safitri, D. A., Amanda, C. G., Saputra, A., Ayuningsih, D., Emilda, & Mutaqin, Z. (2024). Optimalisasi labeling, packaging, dan branding potensi produk desa Alai untuk peningkatan nilai jual. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(3), 2483 – 2491. https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.25986
Octaviany, V., Raharjo, T., Tobing, F. R. L., & Sastha, F. Y. (2024). Pelatihan Pembuatan Kemasan Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Umkm di Desa Margamulya, Pasirjambu-Ciwidey. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 4(3), 407–414. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2331
Partiwi, A., & Arini, E. (2021). Pengaruh kemasan dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 2(1), 77–87. https://doi.org/10.61567/jmmib.v2i1.37
Patriansah, M., Heryati, A., & Pambudi, D. R. (2025). Pelatihan terapan teknologi, kemasan dan labeling produk untuk meningkatkan nilai beli konsumen dan pemasaran bagi mitra UMKM Keripik Peyek Syahira. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 9(3), 1701 – 1714. https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.29767
Rosyadi, A., Rahmani, D. A., Nugraha, C. S., & Permana, E. G. (2023). Upaya Peningkatan Nilai Jual Produk Makanan Ringan Desa Putrapinggan Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran Melalui Inovasi Packaging dan Labeling. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 3(1), 119–125. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.936
Sugiyanto, Karima, A., & F.Yogananti, A. (2017). Peningkatan Ketrampilan Pembuatan Desain Kemasan serta Pemanfaatan Media Promosi dan Pemasaran Online Pada Kube Ash-Shidiqqy dan Pik Abdussalam Jepara. Techno.COM, 16(1), 9–16. https://doi.org/10.33633/tc.v16i1.1283
Susanti, E., Wijaya, A. H., & Yonita, R. (2022). Tata Kelola E-Marketing Produk Umkm Nagari Duo Koto, Tanjung Raya, Kabupaten Agam. MONSU’ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 29–34. https://doi.org/10.32529/tano.v5i1.1367
Tambunan, S. R. (2016). Peran kemasan snack dalam membangun hubungan emosional konsumen. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 26–33. https://doi.org/10.24114/jupiis.v8i1.5113
Widiati, A. (2020). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 8(2), 67–76. https://doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670
Wijaya, A. P., Prihandono, D., Sutrasmawati, R. E., Istanti, F., & Febriatmoko, B. (2024). Penguatan pemasaran melalui desain kemasan untuk meningkatkan penjualan abon bonggol pisang. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(3), 2796 – 2803. https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.26116
Zunaidi, R. A., Chandra, H., Wahyuni, A. E., Rosyid, A. N., Purnama, A. R. W., Rafsanjana, S. R., & Wisesha, T. S. (2023). Pelatihan dan pendampingan desain kemasan produk UMKM kampung kranggan gang V kota Surabaya. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 4(1), 62–69. https://doi.org/10.37373/bemas.v4i1.599
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i6.34495
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE:

















