Pelatihan inovasi packaging dan labeling pada bolu kijing di Desa Cibuaya Kabupaten Karawang

Hanifah Hanifah, Nita Hidayati, Ramlah Ramlah, Attin Warmi

Abstract


Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pelaku usaha bolu kijing desa Cibuaya yang belum memiliki packaging dan labeling yang menarik. Label sebagai identitas produk belum didesain dengan baik dan packaging produk yang hanya menggunakan plastik bening biasa menyebabkan daya saing  bolu kijing rendah. Permasalahan terjadi karena pelaku usaha belum memahami pentingnya packaging dan labeling pada strategi penjualan. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pemahaman pelaku usaha bolu kijing tentang packaging dan labeling yang menarik dengan memberikan pelatihan. Metode pelaksanaan kegiatan yang digunakan adalah metode ceramah yang terdiri dari tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa pelaku usaha mendapatkan tambahan wawasan dan pengetahuan baru tentang packaging dan labeling pada usaha bolu kijing. Sehingga disimpulkan bahwa pentingnya memberikan kemasan yang menarik pada produk bolu kijing dan juga penting untuk memberi label pada kemasan yang memudahkan konsumen untuk dapat menghubungi penjual dan mengetahui dengan jelas nama produk yang dijual sehingga dapat meningkatkan jumlah penjualan bolu kijing.

 

Kata kunci: packaging; labeling; bolu kijing.

 

Abstract

This community service activity was motivated by the problem of bolu kijing business owners in Cibuaya village who did not have attractive packaging and labeling. The label as a product identity has not been well designed and the product packaging that only uses ordinary clear plastic causes bolu kijing's competitiveness to be low. The problem occurs because business owners do not understand the importance of packaging and labeling in sales strategies. The purpose of this community service is to provide understanding to bolu kijing business owners about attractive packaging and labeling by providing training. The implementation method used was a lecture method consisting of three stages: preparation, implementation, and evaluation. The results of this community service activity show that business owners gained additional insight and new knowledge about packaging and labeling in the bolu kijing business. Therefore, it is concluded that providing attractive packaging for bolu kijing products is important and it is also important to provide labels on the packaging that make it easier for consumers to contact the seller and clearly know the name of the product being sold so that it can increase the number of bolu kijing sales.

 

Keywords: packaging; labeling; bolu kijing.


Keywords


packaging; labeling; bolu kijing.

Full Text:

PDF

References


Ahmas, A. A. N., Sutrisno, & Ratnasari, I. (2022). Upaya Peningkatan Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil dan Menengah Melalui Inovasi Desain Kemasan dan Pemasaran Produk di Kabupaten Karawang. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 124–128. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7625

Aprianto, L., & Ekowati, S. (2024). Pengaruh desain kemasan, kualitas pelayanan, dan variasi produk terhadap minat beli konsumen ‘“minumin”’ kota bengkulu. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains (JEMS), 5(2), 689–702. https://doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670

Ayunina, Q., Hadipranata, C., & Sumardi, R. P. (2022). Pengaruh kemasan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian wardah. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia STIE Widya Wiwaha, 2(3), 816–834. https://doi.org/https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i3.564

Darmawan, D. (2017). Pengaruh Kemasan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran Hidroponik. Jurnal Agrimas, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.31227/osf.io/vcsg3

Dayanti, R. M. A. (2022). Pengaruh Kemasan Dan Lokasi Usaha Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Bisnis Rintisan Sesari Base. Performa, 6(5), 439–444. https://doi.org/10.37715/jp.v6i5.2170

Emilda, E., Lazuarni, S., Kholis, K. M. N., Roswaty, R., Syafitri, L., & Handayani, S. (2024). Pembuatan Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour) sebagai Upaya Optimalisasi Komoditas Lokal. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(2), 2362–2370. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.22005

Erlyana, Y., & Ressiani, R. (2020). Perancangan Buku Desain Kemasan ”Basic of Packaging”. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(2), 160–172. https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i02.3390

Framita, & Maulita. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Pengemasan, Labelling dan Branding Produk di Desa Sukaratu Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang. BERDAYA J. Pendidik. Dan Pengabdi. Kpd. Masy, 2(3), 107–118. https://doi.org/10.36407/berdaya.v2i3.254

Hariadi, F., Kalaway, R. Y., & Rada, Y. (2022). Perancangan Desain Kemasan Baksoku. ABDI WINA JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 2(1), 24–30. https://doi.org/10.58300/abdiwina.v2i1.247

Iskandar, J., Sari, Y. K., & Fathurrohim, A. (2023). Pelatihan Desain Mockup dan Logo Sebagai Branding Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi UMKM di Desa Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(8), 1417–1424. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i8.373

Kadi Ari, C. D., Fauzi Ananta, U. R., Damayanti, Y. R., & Yani Mustika, E. K. (2023). Labeling, Packaging, Dan Branding Sebagai Peningkatan Minat Beli Konsumen Pada Umkm Selai Srikaya Jumbo Desa Pupus Lembeyan Magetan. Citakarya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.63922/citakarya.v1i01.226

Khomariah, N. E. (2021). Pelatihan Desain Label Kemasan Pada Produk Aneka Peyek Merk “ ONO ” Di Desa Palemwatu Kecamatan Menganti , Gresik. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 147–151. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.662

Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 14. Erlangga.

Legowo, H., Wulandari, R., & Oktyawati, D. (2018). Pelatihan Pengemasan Produk Wingko Ungu Hasil Produksi Kelompok Usaha Wingko Ungu Desa Banjararum, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 1(2), 91–95. https://doi.org/10.22146/jp2m.43466

Maulia, R. I., Saputra, P. A., Khoiriyah, L. B., & Wahyuningsih, R. (2024). Pelatihan Branding Produk dan Digital Marketing Bagi UMKM Desa Podoroto. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1351–1357. https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8542

Mufreni, A. N. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), 48–54. https://doi.org/10.37058/jem.v2i2.313

Nurfitri, F. A., Safitri, D. A., Amanda, C. G., Saputra, A., Ayuningsih, D., Emilda, & Mutaqin, Z. (2024). Optimalisasi labeling, packaging, dan branding potensi produk desa Alai untuk peningkatan nilai jual. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(3), 2483 – 2491. https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.25986

Octaviany, V., Raharjo, T., Tobing, F. R. L., & Sastha, F. Y. (2024). Pelatihan Pembuatan Kemasan Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Umkm di Desa Margamulya, Pasirjambu-Ciwidey. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 4(3), 407–414. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2331

Partiwi, A., & Arini, E. (2021). Pengaruh kemasan dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 2(1), 77–87. https://doi.org/10.61567/jmmib.v2i1.37

Patriansah, M., Heryati, A., & Pambudi, D. R. (2025). Pelatihan terapan teknologi, kemasan dan labeling produk untuk meningkatkan nilai beli konsumen dan pemasaran bagi mitra UMKM Keripik Peyek Syahira. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 9(3), 1701 – 1714. https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.29767

Rosyadi, A., Rahmani, D. A., Nugraha, C. S., & Permana, E. G. (2023). Upaya Peningkatan Nilai Jual Produk Makanan Ringan Desa Putrapinggan Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran Melalui Inovasi Packaging dan Labeling. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 3(1), 119–125. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.936

Sugiyanto, Karima, A., & F.Yogananti, A. (2017). Peningkatan Ketrampilan Pembuatan Desain Kemasan serta Pemanfaatan Media Promosi dan Pemasaran Online Pada Kube Ash-Shidiqqy dan Pik Abdussalam Jepara. Techno.COM, 16(1), 9–16. https://doi.org/10.33633/tc.v16i1.1283

Susanti, E., Wijaya, A. H., & Yonita, R. (2022). Tata Kelola E-Marketing Produk Umkm Nagari Duo Koto, Tanjung Raya, Kabupaten Agam. MONSU’ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 29–34. https://doi.org/10.32529/tano.v5i1.1367

Tambunan, S. R. (2016). Peran kemasan snack dalam membangun hubungan emosional konsumen. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 26–33. https://doi.org/10.24114/jupiis.v8i1.5113

Widiati, A. (2020). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 8(2), 67–76. https://doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670

Wijaya, A. P., Prihandono, D., Sutrasmawati, R. E., Istanti, F., & Febriatmoko, B. (2024). Penguatan pemasaran melalui desain kemasan untuk meningkatkan penjualan abon bonggol pisang. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(3), 2796 – 2803. https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.26116

Zunaidi, R. A., Chandra, H., Wahyuni, A. E., Rosyid, A. N., Purnama, A. R. W., Rafsanjana, S. R., & Wisesha, T. S. (2023). Pelatihan dan pendampingan desain kemasan produk UMKM kampung kranggan gang V kota Surabaya. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 4(1), 62–69. https://doi.org/10.37373/bemas.v4i1.599




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i6.34495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: