Pengabdian kepada masyarakat melalui pengembangan modul interaktif untuk peningkatan kualitas pembelajaran statistika di SMP Satu Atap Negeri Maumolo
Abstract
Abstrak
Pembelajaran Statistika di tingkat SMP sering dianggap sulit oleh siswa karena penyajiannya yang cenderung abstrak dan kurang kontekstual. Kondisi ini juga dialami oleh siswa SMP Satu Atap Negeri Maumolo, khususnya di kelas VIII, yang menunjukkan rendahnya pemahaman konsep dasar Statistika. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan modul interaktif sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa. Mitra kegiatan adalah SMP Satu Atap Negeri Maumolo dengan sasaran 30 siswa kelas VIII yang mengikuti kegiatan selama dua hari, pada tanggal 1 dan 2 Agustus 2025. Metode pelaksanaan meliputi penyusunan modul interaktif, penyampaian materi berbasis kontekstual, diskusi, serta pendampingan dalam mengerjakan latihan soal. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa yang terlihat dari peningkatan rata-rata nilai latihan dari 58 pada awal kegiatan menjadi 80 setelah penggunaan modul. Secara kualitatif, siswa menyatakan modul mudah dipahami, tampilannya menarik, serta membantu meningkatkan kepercayaan diri dalam mempelajari Statistika. Lebih dari 85% siswa terlibat aktif dalam diskusi dan mampu menyelesaikan soal dengan baik. Dengan demikian, kegiatan ini memberikan dampak positif dalam mendukung peningkatan kualitas pembelajaran Statistika dan dapat dijadikan model alternatif pembelajaran bagi sekolah-sekolah di wilayah perbatasan.
Kata kunci: Pengabdian masyarakat; modul interaktif; statistika; pemahaman siswa; SMP.
Abstract
Statistics learning at the junior high school level is often perceived as difficult by students due to its abstract presentation and lack of contextual approaches. This condition is also found among eighth-grade students of SMP Satu Atap Negeri Maumolo, who demonstrate limited understanding of basic statistical concepts. Therefore, this community service activity aimed to develop and implement an interactive module as a learning medium to improve students’ comprehension. The partner institution was SMP Satu Atap Negeri Maumolo, involving 30 eighth-grade students who participated in the program over two days, on August 1–2, 2025. The implementation methods included the development of the interactive module, contextual delivery of materials, group discussions, and guided practice in solving problems provided in the module. The results indicated an improvement in students’ understanding, as reflected in the increase of average practice scores from 58 at the beginning of the activity to 80 after the module was applied. Qualitatively, students reported that the module was easy to understand, visually engaging, and helpful in building their confidence in learning Statistics. More than 85% of students actively engaged in discussions and successfully completed the exercises. In conclusion, this activity had a positive impact on improving the quality of Statistics learning and can serve as an alternative model for schools in border regions.
Keywords: community service; interactive module; statistics; student comprehension; junior high school.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azizah, A., Zulkarnain, I., & Amalia, R. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Masalah Dengan Konteks Lingkungan Lahan Basah Pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. JURMADIKTA, 3(1), 46–55. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i1.1388
Chrisinta, D., Ludji, D. G., Bobu, F. R., Gelu, L. P., Benu, L. W., Pakaenoni, L. D. S., & Simarmata, J. E. (2023). Using of Computer Technology for Enhancing Students Interest Learning in SMP Kristen Kefamenanu. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 1104–1110. https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v8i2
Chrisinta, D., Simarmata, J. E., & Mone, F. (2024). Pelatihan Visualisasi Data Bagi Siswa SMKS Katolik Kefamenanu. Kreativasi: Journal of Community Empowerment, 2(4), 416–423. https://doi.org/10.33369/kreativasi.v2i4.32746
Kenjam, J., Nahak, S., & Simarmata, J. E. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Peluang Berbasis Realistic Mathematic Education. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 9(1), 413–426.
Kusumasari, N. L. G. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek dengan Pendekatan STEAM pada Materi Statistika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP. In Central European Journal of Operations Research (Vol. 33, Issue 3). Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha.
Lidu, M., Simarmata, J. E., & Delvion, E. B. S. (2023). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Berbantuan Aplikasi Geogebra. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) , 7(3), 395–402. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.395-402
Lubis, K. M. (2024). Pengembangan dan Aplikasi Media Pembelajaran: Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 95–103. https://doi.org/10.59342/jgt.v3i1.349
Mahbubah, S. M. R., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Positif Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Journal Creativity, 2(2), 246–263. https://doi.org/10.62288/creativity.v2i2.27
Nurhangesti, M. (2024). Faktor-Faktor Pemahaman Konsep Matematika: Kajian Literatur. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12), 3031–5220. https://doi.org/10.62281
Patih, T. (2016). Analisis Pengetahuan Dasar Matematika Siswa SMP Negeri 3 Kendari Sebagai Gambaran Persiapan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 9(1), 182–200. https://doi.org/10.31332/atdb.v9i1.508
Rahmawati, J. (2015). Pengaruh Kondisi Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. , 1(3b), 852-864. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3b.1754
Sari, I. P., & Tarihoran, A. C. (2024). Pengaruh Metode Pengajaran dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 3(3), 131–139. https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i3.760
Simarmata, J. E. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Geogebra Dalam Pembelajaran Kalkulus I Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Timor. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 40–47. https://doi.org/10.30743/mes.v6i1.2624
Simarmata, J. E., Chrisinta, D., Hijriani, L., & Kehi, Y. J. (n.d.). Structural Equations Modeling in Student Behavior in supporting the Development of Green Campus.
Simarmata, J. E., Chrisinta, D., & Purnomo, M. (2025). Implementation of RShiny in Developing Interactive Learning Media for Analysis of Variance (ANOVA). Journal of Research in Mathematics Trends and Technology, 7(1), 12–20. https://doi.org/10.32734/jormtt.v7i1.20167
Simarmata, J. E., Hijriani, L., Bantaika, A., Kehi, S., Bana, M. L., & Sanam, T. (2021). Utilization of Using Secondhands Materials as A Learning Media in Understanding Improving of Building Space Materials in Class V of Elementary School Students. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 397–401. https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v6i2
Uskono, Y. C., Simarmata, J. E., & Mone, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(7), 385–394. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.385-394
Wahyuni, A. U. (2025). Teknologi Digital dalam pembelajaran Matematika: Tinjauan Bibliometrik terhadap Dampaknya pada Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 15(1), 41–56. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v15i1.10341
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i6.34518
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE:

















