Penguatan karakter dan kompetensi pelajar melalui program edukasi terpadu dalam membangun generasi muda unggul di Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku

Ayudhia Rachmawati, Umar Farauk Eka Putra, Ahmad Dhafin, Nova Sri Rachmadani, Tiara Sahfitri Wulandari, Muhammad Noval Ridho Abdilah, Brithnay Vensca Valencia Umhersuny, Siti Marsanda, Muhammad Rizal, Khania Fazza Sasmita, Ahmad Zakki Al Mubarok

Abstract


Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian integral dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berfungsi memberdayakan masyarakat melalui transfer ilmu dan keterampilan. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada 31 Juli hingga 7 Agustus 2025 di Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kapasitas pelajar melalui penguatan pengetahuan, sikap, dan keterampilan sosial. Terdapat 76 pelajar dari jenjang SD, SMP, dan SMA yang terlibat aktif dalam empat program utama, yaitu edukasi literasi keuangan dan pembiasaan menabung, pelatihan kepemimpinan serta manajemen organisasi, penyusunan business plan sederhana, dan forum debat pelajar yang dipadukan dengan pelatihan manajemen konflik sosial. Seluruh kegiatan dirancang dengan pendekatan partisipatif melalui metode ceramah, diskusi interaktif, Focus Group Discussion, simulasi, dan demonstrasi praktik agar peserta dapat belajar secara aktif dan kontekstual. Hasil pelaksanaan menunjukkan adanya peningkatan nyata pada berbagai aspek kemampuan pelajar; 82% peserta memahami konsep dasar literasi keuangan, 76% mampu menyusun ide usaha sederhana, 79% dapat menjelaskan fungsi manajemen organisasi, dan 81% menunjukkan peningkatan dalam kemampuan komunikasi serta penyelesaian konflik. Adapun model pemberdayaan berbasis partisipasi efektif dalam memperkuat karakter, kemampuan berpikir kritis, serta kesadaran sosial pelajar, sekaligus berkontribusi terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya tujuan ke-4 tentang pendidikan berkualitas dan tujuan ke-8 mengenai pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi. Kegiatan ini diharapkan menjadi model edukasi terpadu yang dapat direplikasi untuk membentuk generasi muda yang unggul dan berdaya saing di wilayah penyangga Ibu Kota Nusantara.

 

Kata kunci: business plan; kepemimpinan; literasi keuangan; manajemen konflik; pengabdian masyarakat.

 

 

 

Abstract

Community service is an integral component of the Tri Dharma of Higher Education, serving as a means to empower communities through the transfer of knowledge and practical skills. This program was conducted from July 31 to August 7, 2025, in Tengin Baru Village, Sepaku District, Penajam Paser Utara Regency, with the primary objective of enhancing students’ capacity through the strengthening of knowledge, attitudes, and social skills. A total of 76 students from elementary, junior high, and senior high school levels actively participated in four main programs: financial literacy education and saving habits, leadership and organizational management training, basic business plan development, and a student debate forum combined with conflict management training. All activities were designed using a participatory approach, integrating lectures, interactive discussions, Focus Group Discussions, simulations, and practical demonstrations to promote active and contextual learning. The implementation results indicated significant improvements in various aspects of students’ competencies: 82% of participants demonstrated an understanding of basic financial literacy concepts, 76% were able to formulate simple business ideas, 79% could explain the functions of organizational management, and 81% showed enhanced communication and conflict resolution skills. The participatory empowerment model proved effective in strengthening students’ character, critical thinking, and social awareness, while simultaneously contributing to the achievement of the Sustainable Development Goals (SDGs), particularly Goal 4 on quality education and Goal 8 on decent work and economic growth. This activity is expected to serve as an integrated educational model that can be replicated to develop an excellent and competitive young generation in the supporting areas of the new capital city, Nusantara.

 

Keywords: business plan; leadership; financial literacy; conflict management; community services.


Keywords


business plan; leadership; financial literacy; conflict management; community services.

Full Text:

PDF

References


Amadi, A. S. M., Suwarta, N., Sholikha, D. W., & Amrullah, M. (2023). Pemahaman Pendidikan Finansial Sejak Dini. Journal of Education Research, 4(3), 1419–1428.

Amalyadi, R., Ismulhadi, & Windari, W. (2022). Evaluasi Hasil Penerapan Rancangan Penyuluhan Tentang Pengaplikasian Pakan Fermentasi Gedebog Pisang Untuk Sapi Potong Desa Tambaksari Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan. Jurnal Sains Peternakan, 10(1), 21–25.

Arianti, S., Syamsuddin, M. M., & Jumiatmoko. (2022). Hubungan Pengajaran Pendidikan Keuangan Dengan Kemampuan Literasi Keuangan Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 10(2), 99–108. https://jurnal.uns.ac.id/kumara

Arifin, Z., Safitri, N. N., Zuhro, R. H., Hasan, A. A., & Mualimin. (2025). Manajemen Konflik dalam Pendidikan: Pendekatan Kolaboratif di Sekolah. Mutiara : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 3(1), 38–53. https://doi.org/10.59059/mutiara.v3i1.1960

Armanto, A. P. (2024). Strategi Pembangunan Berkelanjutan di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). 1–14. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.13333.54248

Aromatica, D., & Sudrajat, A. R. (2021). Teori Organisasi: Konsep, Struktur, dan Aplikasi (1st ed.). CV. Amerta Media.

Budiyono, E. F. C. S., & Aji, M. R. W. (2025). Membangun Jiwa Wirausaha Pelajar: Pendampingan Penyusunan Business Plan Berbasis Business Model Canvas dan SWOT Matrix. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 1225–1237. https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.12795

Busroh, F. F. (2017). Mediasi Sosial Dalam Menyelesaikan Konflik Lahan Milik Masyarakat Adat Di Indonesia. Lex Jurnalica, 14(1), 1–10.

Dedik, Nasution, A. H., Madelta, C., & Lubis, S. K. S. (2025). Operasionalisasi Fungsi-fungsi Manajemen dan Unsur-unsur Manajemen dalam Lembaga Pendidikan. Fatih: Journal of Contemporary Research, 2(1), 468–477. https://ziaresearch.or.id/index.php/fatih

Faturahman, B. M. (2018). Kepemimpinan Dalam Budaya Organisasi. Madani: Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 10(1), 1–11.

Firmansyah, M., Manafe, D., Arbania, S., Ch Watu, E. G., Paridy, A., Noviega, S., Burin, B., Man, S., Wada Betu, K., & Pongge, M. I. (2025). Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi bagi Siswa SMA Santo Arnoldus Janssen Kupang. Abdira: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 885–890.

Gedeona, H. T. (2019). Peranan Ruang Publik Dalam Kehidupan Masyarakat Multikultural. Jurnal Ilmu Administrasi, 5(1). https://doi.org/10.31113/jia.v5i1.380

Hasibuan, N. H., Sibuea, P., Rambe, N., Ningsih, D. S., & Utami, W. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, Metode, Dan Teknik Pembelajaran. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 5(1), 202–213. https://doi.org/10.31943/counselia.v5i1.116

Hasmidyani, D., Fatimah, S., & Firmansyah. (2018). Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan Generasi Muda Melalui Pelatihan Penyusunan Rencana Usaha. Mitra: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 32–47.

Hermana, D., & Barlian, U. C. (2010). Komunikasi Dalam Organisasi. Jurnal Komunikasi Informasi, 3, 1–14.

Khasanah, U., Trisnawati, S. N. I., Isma, A., Alanur, S. N., Maida, N., Nainiti, N. P. P. E., Amin, L. H., Aryawati, N. P. A., Marwati, Bangu, & Maulida, C. (2024). Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat : Teori Dan Implementasi. Tahta Media Group.

Kobi, I. A., Amus, S., & Purwaningsih, C. (2025). Optimalisasi Pembelajaran Aktif Dengan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik pada Pembelajaran PPKn di Kelas IX SMP Negeri 1 Palu. Aurelia: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(1), 1299–1310.

Kurniasih, N., Putri, M. A. A., Lestari, K. E., & Olivia, V. (2021). Sosialisasi Gerakan Gemar Menabung (Gemabung) Sejak Dini Dan Meningkatkan Kreativitas Dengan Membuat Celengan Dari Bahan Bekas. Abdimas Indonesian Journal, 1(2), 105–112.

Putri, L. O., Dewi, A., & Rizky, S. H. (2023). Dampak Modernisasi Terhadap Minimnya Kesadaran Berbudaya. Sindoro Cendekia Pendidikan, 2(1), 101–112.

Ranem, I. N., & Dewi, N. P. C. P. (2024). Edukasi Literasi Keuangan Sejak Dini pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 2(1), 41–50. https://www.jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/jme

Raymond, Siregar, D. lestari, Pristiyanto, Arifin, Nuriah, Y., Priana, S. E., Charli, C. O., Hidayati, F., Hendrati, A., Sopali, M. F., Ramadhan, M., Amane, A. P. O., & Lesmana, A. Y. (2024). Kepemimpinan Dalam Organisasi Dalam Organisasi (1st ed.). CV. Gita Lentera. https://gitalentera.com

Saha, G. C., Akber, S. M., Roy, A., Reza, K. L., Akhter, S., Afrin, S., & Rahmna, M. A. (2024). Impact Of The Combination Of Managerial Efficiency And Effectiveness On An Organization. Journal Of Law And Sustainable Development, 12(6), 1–20. https://doi.org/10.55908/sdgs.v12i5.3633

Santika, M., Amelya Agata, F., Vivianti Anggo, M., Saperius Kwure, A., Nong Rizal, A., Catherine Rego Da Silva Daga, L., Bei, A., Vitrian Novita Sari, A., & Domea Beribe, D. (2024). Penerapan Edukasi Literasi Keuangan Melalui Gerakan Gemar Menabung Bagi Para Peserta Didik Di Sdk Kawalelo. Dedikasi, 4(3), 38–44.

Septian, E., Wulandari, S., Islamiyah, D. T., & Nurizzakiya, E. L. (2024). Pelatihan Manajemen Konflik Dalam Pemecahan Masalah Secara Konstruktif Melalui Pengembangan Organisasi Siswa Intra Sekolah. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 172–184. https://doi.org/10.53621/jippmas.v4i2.362

Simanjuntak, M., Yuliati, L. N., Sjaf, S., Dewanti, A. N., Nurfadillah, M., & Pujowati, P. (2024). Kehidupan Sosial, Kerentanan Ekonomi, dan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. IPB University.

Wulandari, A., & Mulyanto, H. (2024). Kepemimpinan. PT. Kimshafi Alung Cipta. www.publisher.alungcipta.com

Yaqinah, S. N. (2019). Resolusi Konflik Sosial melalui PendekatannKomunikasi di Lingkungan Monjok dan Karang Taliwang Kota Mataram. Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 9(2), 210–234.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i6.34558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: