Implementasi kegiatan penghijauan sekolah melalui penanaman tanaman hias dan buah di SDN 025 Samarinda Utara
Abstract
Abstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SDN 025 Samarinda Utara sebagai upaya penghijauan untuk memperbaiki kualitas lingkungan sekolah sekaligus menanamkan nilai peduli lingkungan pada siswa. Tujuan kegiatan adalah menciptakan lingkungan sekolah yang hijau, nyaman, dan edukatif serta membentuk karakter siswa melalui praktik langsung merawat tanaman. Mitra sasaran adalah pihak sekolah dengan melibatkan guru dan siswa/i. Metode pelaksanaan terdiri dari tahap persiapan, edukasi, pelaksanaan, perawatan, evaluasi dan pendampingan. Hasil kegiatan secara kualitatif menunjukkan peningkatan antusiasme, kepedulian, tanggung jawab serta empati siswa terhadap lingkungan. Sementara secara kuantitatif, lingkungan sekolah mengalami perubahan signifikan dengan bertambahnya jenis tanaman hias dan buah serta meningkatkan kenyamanan suasana belajar. Selain memperindah sekolah, kegiatan ini juga memperkuat hubungan sosial antara siswa dan guru melalui kerja sama serta menumbuhkan sikap gotong royong. Dengan demikian, program ini terbukti bermanfaat dalam aspek estetika, pendidikan dan karakter, serta berpotensi diterapkan dan diperluas ke sekolah lain sebagai model sekolah hijau berkelanjutan.
Kata kunci: lingkungan sekolah; penghijauan; tanaman
Abstract
This community service activity was carried out at SDN 025 North Samarinda as a greening effort to improve the quality of the school environment while instilling environmental values in students. The goal of the activity is to create a green, comfortable, and educational school environment and shape students' character through direct practice of caring for plants. The target partners are schools involving teachers and students. The implementation method consists of preparation, education, implementation, maintenance, evaluation and mentoring stages. The results of the activity qualitatively show an increase in student enthusiasm, concern, responsibility and empathy for the environment. Meanwhile, quantitatively, the school environment has experienced significant changes with the addition of ornamental and fruit plants and an improved comfortable learning atmosphere. In addition to beautifying the school, this activity also strengthens social relationships between students and teachers through cooperation and fosters a spirit of mutual cooperation. Thus, this program has proven to be beneficial in terms of aesthetics, education and character, and has the potential to be implemented and included in other schools as a model of sustainable green schools.
Keywords: school environment; greening; plants
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anjelin, R., & Putri, A. R. A. (2023). Review: Potensi Daun Pucuk Merah (Syzygium myrtifolium Walp.) Sebagai Tanaman Obat. Pharmacon Journal, 1(1).
Arianti, C. M., Sulistyono, B. A., & Samijo. (2025). Pengaruh Suasana Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 11(2.D), 91–100.
Elidar, Y., & Purwati. (2022). BUDIDAYA TANAMAN MATOA (Pometia pinnata) DI PEKARANGAN DAN MANFAATNYA UNTUK KESEHATAN KELUARGA. Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam, 2(2), 206–209.
Farid, M., Maulana, P., Dini, W., Hidayah, N. E., Setiawan, B., Aljayanti, M., Selfina, T. E., & Sanjaya, R. (2024). Penanaman Pohon Pucuk Merah Sebagai Penghijauan di Sepanjang Tepi Jalan Kantor Desa Suka Bumi Kecamatan Kota Bangun Darat. Jurnal Abdita Naturafarm, 1(1), 19–22.
Haifaturrahmah, Nizaar, M., Afandi, A., Mandala, H., Darmurtika, L. A., Khosiah, Kurniawan, R., & M, I. (2021). Land Use As A Health Education Effort For Elementary School Students . Journal of Character Education Society, 4(3), 792–797.
Hakim, A., Novianti, A., Arwin, Wahyuni, A., Murni, & Musafir. (2022). Program Penghijauan untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik di SMPN 03 Bambalamotu melalui Pemanfaatan Lahan Sekolah. Jurnal Lepa-Lepa Open, 2(3), 554–562.
Laia, S., & Zagoto, S. F. L. (2022). HUBUNGAN KONDISI LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 ONOLALU. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2).
Lestary, W. P., Tajidan, T., & Suparyana, P. K. (2023). Analisis Struktur Pasar Tanaman Hias di Kecamatan Ampenan dan Selaparang Kota Mataram. Jurnal Agrimanex: Agribusiness, Rural Management, and Development Extension, 4(1), 134–147. https://doi.org/10.35706/agrimanex.v4i1.9987
Mawardi, A. D. (2019). PERAN LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN TELUK DALAM 6 BANJARMASIN . Jurnal Pahlawan, 14(1), 51–65.
Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Sukriah, S. (2022). Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Telaah, 7(1), 66–72.
Sa’diyah, H., Sukadi, & Yulianto, G. (2023). PEMBERDAYAAN PETANI MELALUI USAHA TANAMAN KELENGKENG (STUDI KASUS DI KEBUN NAWUNGAN, SELOPAMIORO, IMOGIRI, BANTUL). Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 30(2), 88–95.
Sahara, A., Yanti, D., Nurjanah, Manik, N., & Oktafiani, F. (2024). Penanaman Pohon di Area Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Migas Program CSR PT Elnusa Tbk dengan Prodi D3 Teknik Instrumentasi Elektronika Migas 2024. Journal of Human And Education, 4(6), 192–197.
Sunaryati, T., Putri, F. M., Saepi, D. S. Al, & Chandra, N. A. (2023). Menerapkan Sikap Gotong Royong Bagi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(24), 819–822.
Susanto, N. C. A., Latief, M., Puspitasari, R. D., Bemis, R., & Heriyanti, H. (2021). Pengenalan ecoprint guna meningkatkan keterampilan siswa dalam pemanfaatan bahan alam. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 111. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.8974
Utami, D. P., Windani, I., Wicaksono, I. A., Hasanah, U., Widiyantono, D., & Kusumaningrum, A. (2025). Vertical garden sebagai solusi optimalisasi lahan di Sangkhom Islam Wittaya School Thailand. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 9(2), 1006–1013.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i6.35204
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE:

















