Edukasi mitigasi bencana bagi anak usia dini di Pulau Sebesi melalui game edukatif dan papan interaktif

Roby Naufal Arzaqi, Deri Hendriawan, Pepi Nuroniah, Aisah Karunia Rahayu, Ardi Sirajudin Ra'uf, Rizma Rubia Ningsih

Abstract


Abstrak

Kesiapsiagaan bencana perlu ditanamkan sejak usia dini terutama di wilayah rawan bencana seperti Pulau Sebesi, Lampung Selatan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan mitigasi bencana pada anak usia dini, guru, dan orang tua melalui edukasi berbasis media inovatif. Metode yang digunakan meliputi observasi awal, pelatihan guru, sosialisasi orang tua, edukasi anak melalui game edukatif SMIGGI, papan interaktif, lagu mitigasi, simulasi evakuasi, serta evaluasi dengan pre-test, post-test, dan observasi langsung. Kegiatan dilakukan pada tanggal 5-7 Agustus 2025 yang melibatkan 23 anak, 23 orang tua, dan 4 guru PAUD. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan pengetahuan guru (rata-rata skor naik dari 55% menjadi 88%) dan orang tua (dari 48% menjadi 82%). Anak-anak juga menunjukkan keterampilan yang baik: 78% mampu memainkan game SMIGGI secara mandiri, 91% berhasil menempelkan prosedur mitigasi di papan interaktif dengan benar, dan 91% dapat menyanyikan lagu mitigasimem dengan lancar. Simulasi evakuasi memperlihatkan sebagian besar anak mampu mengikuti instruksi dengan tertib. Temuan ini menegaskan bahwa pendekatan bermain, bernyanyi, dan praktik langsung efektif meningkatkan kesiapsiagaan bencana sejak dini. Program ini merekomendasikan integrasi media edukasi ke dalam kurikulum PAUD serta pengulangan simulasi secara rutin agar kesiapsiagaan anak dan keluarga dapat terus terjaga.

 

Kata kunci: anak usia dini; game edukatif; kesiapsiagaan; mitigasi bencana; papan interaktif.

 

Abstract

Disaster preparedness needs to be instilled from an early age, especially in disaster-prone areas such as Sebesi Island, South Lampung. This community service activity aims to improve understanding and disaster mitigation skills in early childhood, teachers, and parents through innovative media-based education. The methods used include initial observation, teacher training, parent socialization, children's education through SMIGGI educational games, interactive boards, mitigation songs, evacuation simulations, and evaluation with pre-test, post-test, and direct observation. The activity involved 23 children, 23 parents, and 4 PAUD teachers. The results showed a significant increase in the knowledge of teachers (the average score increased from 55% to 88%) and parents (from 48% to 82%). Children also showed good skills: 78% were able to play SMIGGI games independently, 91% managed to correctly paste the mitigation procedures on the interactive board, and 91% were able to sing mitigation songs fluently. The evacuation simulation showed that most of the children were able to follow instructions in an orderly manner. These findings confirm that play, singing, and hands-on practices are effective in improving disaster preparedness early on. This program recommends the integration of educational media into the PAUD curriculum and the regular repetition of simulations so that the preparedness of children and families can continue to be maintained.

 

Keywords: disaster mitigation; early childhood; educational games; interactive boards; preparedness.


Keywords


disaster mitigation; early childhood; educational games; interactive boards; preparedness.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, W., & Octafiona, E. (2024). POTENSI GUNUNG API LAMPUNG DAN PELUANG DAMPAKNYA. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 12(3), 312–320.

Arifin, W. A., Anzani, L., Ramadhani, T. S., Lubis, M. G. A., Dzikrillah, A., Yulda, Y., & Suprianto, O. (2025). Pemetaan Lamun Menggunakan Algoritme Machine Learning Dengan Citra Sentinel-2A Di Perairan Pulau Sebesi. Jurnal Kelautan: Indonesian Journal of Marine Science and Technology, 18(1), 40–47.

Arzaqi, R. N., Hendriawan, D., & Rahayu, A. K. (2024). Strategi Pengembangan Game Digital Berbasis Keterampilan Executive Function Anak Usia Dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 136–148.

Arzaqi, R. N., & Rahayu, A. K. (2025a). MEMBANGUN KESADARAN EKOLOGIS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN SCAVENGER HUNT. Jurnal Warna, 9(1), 42–58.

Arzaqi, R. N., & Rahayu, A. K. (2025b). PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF BERBASIS SMART APPS CREATOR DALAM MENINGKATKAN LITERASI KESEHATAN ANAK. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 65–76.

Dewi, D. J. K. (2022). Pentingnya Pembelajaran Mitigasi Bencana untuk Anak Usia Dini di Indonesia: Sebuah Tinjauan Literatur. Annual Conference on Islamic Early Childhood …, 6, 15–22.

Dhohirrobbi, A., Islamudin, M. M., Chamidah, N., & Amin, S. (2024). Membangun Kesadaran Siswa Tentang Mitigasi Bencana Gempa Bumi Melalui Program Edukasi. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 6(1), 114–122.

Ferdy, F., & Wahyuddin, W. (2024). Aplikasi Game Edukasi Mitigasi Bencana Alam (Gempa Bumi Dan Tsunami) Mengunakan Metode Waterfall Berbasis Android. Jurnal Sintaks Logika, 4(1), 1–6.

Husna, K., Rahiem, M. D. H., & Diana, R. R. (2021). NILAI-NILAI PEMBELAJARAN MITIGASI GUNUNG MELETUS DALAM BUKU BACAAN ANAK. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 17–25.

Hutagalung, R., Permana, A. P., Uno, D. A. N., Al Fauzan, M. N., & Panai, A. A. H. (2022). Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Tentang Pentingnya Mitigasi Bencana di Desa Hutamonu, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(2), 96–100.

Imamah, I. N., Suharto, N. T., & Margatot, D. I. (2023). Edukasi mitigasi bencana gunung meletus di wilayah BPBD Klaten: Edukasi mitigasi bencana gunung meletus di wilayah BPBD Klaten. Kolaborasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(6), 404–409.

Julian, D., Hasani, Q., Reza, M., Afrianti, N. A., Diantari, R., Yuliana, D., Damai, A. A., Putra, M. G. A., Putri, B., & Damayanti, I. (2025). Penyuluhan Mitigasi Bencana Pesisir: Upaya Peningkatan Kesiapsiagaan dan Kesadaran Masyarakat Desa Pulau Pahawang, Lampung. Jurnal Pengabdian Fakultas Pertanian Universitas Lampung, 4(1), 165–176.

Khambali, K., Inten, D. N., Mulyani, D., Lichandra, F., Tiwi, D., Khambali, K., Inten, D. N., Mulyani, D., Lichandra, F., & Tiwi, D. (2021). Peran Orang Tua terhadap Pembelajaran Mitigasi Bencana Bagi Anak Usia Dini di Masa Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1881–1896.

Laili, N., Prabowo, K. R., Wiwit, R. D. A., & Rohmatin, N. A. (2023). Optimalisasi Pelaksanaan Mitigasi Bencana Gunung Meletus. Jurnal Inovasi, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1).

Muksin, Z., Rahim, A., Hermansyah, A., Samudra, A. A., & Satispi, E. (2023). Mitigasi Bencana Gempa Bumi di Cianjur. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2486–2490.

Nurani, Y., Hapidin, H., Wulandari, C., & Sutihat, E. (2022). Pengenalan mitigasi bencana banjir untuk anak usia dini melalui media digital video pembelajaran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5747–5756.

Oktaria, R., Windah, A., Nurhaida, I., Putra, P., & Haerudin, N. (2023). Pembelajaran mitigasi bencana berbasis literasi informasi untuk meningkatkan Disaster Self Awareness AUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2109–2122.

Pakniany, Y., Tiwery, W. Y., & Rakuasa, H. (2022). Mitigasi Bencana Gempa Bumi Berbasis Kearifan Lokal di Desa Nuwewang Kecamatan Pulau Letti Kabupaten Maluku Barat Daya. Dialektika: Jurnal Pemikiran Islam Dan Ilmu Sosial, 15(1), 1–7.

Persada, C., Ulvan, A., Mona Arif Muda, M. A. M., Ulvan, M., & Rusmiati, F. (2021). Penurunan Resiko Bencana Terintegrasi Berbasis Masyarakat pada Desa Tanggap Bencana Di Kawasan Pesisir Kabupaten Lampung Selatan.

Rachmawaty, M., Ningtyas, D. P., Fitriani, I., & Choirudin, C. (2025). Kajian Literatur: Perancangan Media Interaktif Untuk Mitigasi Bencana Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 535–549.

Rahayu, A. K., Muliasari, D. N., & Halimah, L. (2022). Improving Early Childhood English Speaking Ability through Storyreading Method. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 11(1), 1–6.

Rahayu, A. K., & Setiasih, O. (2022a). Parents’ Role in Familiarizing themselves with Clean and Healthy Living Behavior in Early Childhood during the COVID-19. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 11(2), 83–90.

Rahayu, A. K., & Setiasih, O. (2022b). Strategi Orang Tua dalam Membiasakan PHBS Anak Usia Dini saat Pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4118–4127. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2115

Rahayu, A. K., & Setiasih, O. (2022c). Strategi Orang Tua dalam Membiasakan PHBS Anak Usia Dini saat Pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4118–4127.

Rakuasa, H., & Mehdila, M. C. (2023). Penerapan Pendidikan Mitigasi Bencana Gempa Bumi untuk Siswa dan Guru di SD Negeri 1 Poka, Kota Ambon, Provinsi Maluku. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(3), 441–446.

Ramadhani, R., Kesuma, L. P., Soleh, M., & Zahara, M. (2024). DISASTER PREPAREDNESS DESA TEJANG DALAM MENGHADAPI POTENSI BENCANA GUNUNG ANAK KRAKATAU DI PULAU SEBESI. ADAPTASI: Jurnal Sosial Humaniora Dan Keagamaan, 1(1), 18–40.

Riskianingrum, D., Tangkilisan, Y. B., Kanumoyoso, B., & Yogaswara, H. (2024). The Development of Risk Culture in Pulau Sebesi, 1883-2018. Paramita: Historical Studies Journal, 34(2), 174-185. https://doi.org/10.15294/paramita.v34i2.45690

Riskianingrum, D., Tangkilisan, Y. B., Kanumoyoso, B., & Yogaswara, H. (2024). Risk Culture on Sebesi Island: Examining the Interplay of Nature and Culture from 1883 to 2018. Critical Island Studies 2023 Conference (CISC 2023), 282–295.

Riskianingrum, D., & Yogaswara, H. (2022). The fading of disaster memory in Pulau Sebesi: A historical construction. E3S Web of Conferences, 340, 5008.

Sari, N., Dayurni, P., & Nur, M. (2023). Pengembangan edu-game dalam meningkatkan kesadaran mitigasi bencana untuk anak usia dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 555–567.

Setiasih, O., Rahayu, A. K., & Arzaqi, R. N. (2023). Effective Leadership of Kindergarten Principals in Facing the Impact of Learning Loss in Kindergartner During the Covid-19 Pandemic. SEA-CECCEP, 4(01), 34–42.

Ulzikri, A. R. (2023). Politik dan Bencana: Kajian Rekognisi Hak Masyarakat di Pulau Terisolir di Masa Krisis. Jurnal Ilmu Politik Dan Studi Sosial Terapan, 2(1), 28–39.

Widanty, T., & Pamungkas, J. (2023). Pengembangan Media Flashcard Mitigasi Bencana Alam Gunung Meletus untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5733–5744.

Yudha, F. K., Yulianda, F., & Yulianto, G. (2021). Struktur Komunitas Ikan Terumbu Karang Pada Daerah Perlindungan Laut Di Pulau Sebesi Lampung. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 10(2), 281–287.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i6.35209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: