Penguatan kapasitas orangtua dan tenaga pendidik melalui edukasi dan konsultasi dalam pendampingan anak berkebutuhan khusus di PLDPI Kalimantan Selatan

Pagan Pambudi, Steven Steven, Meilda Sartika Dewi, Eko Suryo Pujiastono, Wendy Amelia Sihombing

Abstract


Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk “Pendampingan Anak Berkebutuhan Khusus melalui Edukasi dan Konsultasi bagi Orangtua dan Tenaga Pendidik di PLDPI Kalimantan Selatan” dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kapasitas pengetahuan, kesiapan pengasuhan, serta dukungan emosional bagi peserta dalam mendampingi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Pelaksanaan kegiatan melibatkan 50 peserta yang terdiri atas orangtua dan tenaga pendidik, berlokasi di ruang pertemuan PLDPI Kalimantan Selatan, Kabupaten Banjar. Rangkaian kegiatan berlangsung selama satu hari dan mencakup penyuluhan, diskusi kelompok terarah (FGD), serta layanan konseling individual. Evaluasi kegiatan dilakukan menggunakan lembar penilaian berbasis skala Likert untuk mengukur aspek pemahaman peserta terhadap jenis-jenis disabilitas, strategi pengelolaan perilaku, komunikasi efektif, serta pemahaman mengenai hak anak. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan kualitas pengetahuan dan pemahaman konseptual peserta, yang tercermin dari rata-rata skor yang lebih tinggi pada penilaian akhir kegiatan. Peserta juga melaporkan peningkatan kemampuan dalam menerapkan strategi pengasuhan dan komunikasi di lingkungan rumah maupun sekolah, serta memperoleh manfaat psikologis melalui konseling yang membantu mengurangi tekanan emosional dan meningkatkan rasa percaya diri dalam mendampingi anak.

 

Kata kunci: edukasi; pendampingan; orangtua; tenaga pendidik.

                          

Abstract

The community service activity entitled "Supporting Children with Special Needs through Education and Consultation for Parents and Educators at PLDPI South Kalimantan" was carried out with the aim of increasing knowledge capacity, parenting readiness, and emotional support for participants in assisting Children with Special Needs (ABK). The activity involved 50 participants consisting of parents and educators, located in the PLDPI South Kalimantan meeting room, Banjar Regency. The series of activities lasted for one day and included counseling, focus group discussions (FGDs), and individual counseling services. The activity was evaluated using a Likert-based assessment sheet to measure aspects of participants' understanding of types of disabilities, behavior management strategies, effective communication, and understanding of children's rights. The evaluation results showed an increase in the quality of participants' knowledge and conceptual understanding, as reflected in a higher average score on the final assessment of the activity. Participants also reported increased ability to apply parenting and communication strategies in the home and school environment, and gained psychological benefits through counseling that helped reduce emotional stress and increase self-confidence in assisting children.

 

Keywords: education; mentoring; parents; educators.


Keywords


education; mentoring; parents; educators.

Full Text:

PDF

References


Barlian, U. C., Wulandari, R. P., Said, M., & Brilianti, N. L. (2023). Peran guru kelas dan guru pendamping khusus dalam meningkatkan layanan pendidikan inklusi di TK Ibnu Sina. AL-AFKAR: Journal for Islamic Studies, 6(2), 625–634.

Asnawati, D. (2019). Pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar anak berkebutuhan khusus (ABK) Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 kota Batu (Doctoral dissertation). Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Anissa, M., Akbar, R. R., & Darmayanti, A. (2024). Edukasi dan pendampingan ibu dengan anak berkebutuhan khusus di SLB NI Padang. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1–14.

Putri, H. A., Putri, W. P., & Setyo, B. (2025). Pendidikan inklusi yang berkeadilan: Studi kasus pemenuhan hak anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(2), 762–773.

Putri, T. D. A., Sabrina, C., & Sapri, S. (2024). Kebutuhan dan strategi pendampingan belajar anak berkebutuhan khusus (ABK). Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(2), 125–135.

Hariyati, A., & Harsiwi, N. E. (2025). Analisis peran guru dan orang tua dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus di sekolah reguler. Jurnal Media Akademik (JMA), 3(5).

Mosleh, I., Safitri, A. V., Fitrayani, U. M., Pare, N., Setiawati, D., & Naqiyah, N. (2025). Dukungan psikososial melalui layanan bimbingan dan konseling komunitas pada anak berkebutuhan khusus (ABK). FOKUS: Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 8(3), 403–411.

Firdausyi, M. F. (2024). Mutu pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus di Indonesia. Educatus: Jurnal Pendidikan, 2(2), 9–15.

Amelia, N., Husmar, N. A., & Yasin, R. (2025). Strategi pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus: Model dan pendekatan dalam konteks pendidikan inklusif di sekolah dasar. Artikel blog akademik.

Septianingsih, M. A., Pangayom, A. E., & Rohmah, A. A. (2024). Strategi guru pendamping untuk mendorong interaksi sosial anak berkebutuhan khusus di kelas reguler. Jurnal Satya Widya, 40(2).




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i6.35292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: