Optimalisasi pembiasaan makan sehat bergizi dan hidup berkelanjutan di MI Al Hidayah Bangli melalui teknologi sekolah cerdas pangan berbantuan IoT (Internet of Things)

Nurul Isnaini Fitriyana, I Putu Andika Subagya Putra, I Komang Gde Trisna Purwantara, I Gede Suryawan, I Putu Rama Putra Yasa, Dellista Hapsari Roro Luhardi

Abstract


Abstrak

MI Al Hidayah Bangli merupakan sekolah inklusif dengan 5 (lima) orang siswa berkebutuhan khusus (autisme dan tuna grahita) dari total siswa 100 orang (5%). Seluruh siswa di sekolah ini berasal dari etnis Jawa serta beragama Islam. Disabilitas, bahasa, budaya, etnik, kepercayaan, dan gender merupakan aspek yang memengaruhi inklusifitas. Pendidikan karakter merupakan bagian penting dalam sistem pendidikan, karena melalui pendidikan karakter akan terbentuk individu yang inklusif, terdidik, dan toleransi. Pendidikan karakter dapat dicapai melalui salah satu bentuk yaitu Pusat Kegiatan Belajar melalui kegiatan terpadu yaitu “Sekolah Cerdas Pangan” di MI Al Hidayah Bangli. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini menyediakan media pembelajaran multiliterasi berbasis ketahanan pangan di MI Al Hidayah. Sehingga, akan terbentuk pembiasaan makan sehat bergizi dan dan hidup berkelanjutan yang akan membentuk karakter yang inklusif. Teknologi Sekolah Cerdas Pangan dilaksanakan dalam beberapa tahap. Yang pertama adalah penanaman tanaman pangan (stroberi) dan tanaman obat (jahe) di Kebun Cerdas berbantuan teknologi IoT (Internet of Things). Yang kedua adalah edukasi dan praktik pembiasaan makan sehat bergizi berbantuan media pembelajaran flipbook digilat ber ISBN dengan judul Pangan Sehat. Yang ketiga adalah pengolahan sampah pangan menjadi ekoenzim berbantuan flip book digital. Evaluasi keberhasilan program dapat dilihat berdasarkan data terkuantifikasi, melalui pre-test dan post-test terhadap guru dan siswa di MI Al Hidayah Bangli. Hasil evaluai menunjukkan peningkatan pemahaman tentang teknologi IoT sebesar 81,70%; tentang pangan sehat 82,42%; tentang pengolahan sampah pangan 81,08%, serta tentang literasi budaya dan kewargaan sebesar 81,54%.

 

Kata kunci: multiliterasi; IoT; sekolah cerdas pangan; pembiasaan makan sehat bergizi; kebun cerdas.

 

Abstract

MI Al Hidayah Bangli is an inclusive school accommodating five students with special needs (autism and intellectual disability), constituting 5% of the total student population of 100 individuals. All students in this school are of Javanese ethnicity and adhere to the Islamic faith. Disability, language, culture, ethnicity, belief, and gender are aspects that influence inclusivity. Character education is a crucial component within the education system, as it fosters the development of inclusive, educated, and tolerant individuals. Character education can be achieved through various forms, one of which is the Learning Activity Center (Pusat Kegiatan Belajar), implemented through the integrated activity "Smart Food School" (Sekolah Cerdas Pangan) at MI Al Hidayah Bangli. The objective of this community engagement activity is to provide multiliteracy learning media based on food security at MI Al Hidayah. Consequently, this initiative aims to establish a habit of healthy and nutritious eating and sustainable living, which will subsequently shape an inclusive character. The Smart Food School Technology was executed in several phases: First phase involved the cultivation of food crops (strawberries) and medicinal plants (ginger) in the Smart Garden (Kebun Cerdas) with the assistance of IoT (Internet of Things) technology. Second phase comprised education and practical implementation of healthy and nutritious eating habits, utilizing a digital flipbook learning medium with an ISBN, titled Pangan Sehat (Healthy Food). Third phase focused on processing food waste into eco-enzymes, also supported by a digital flipbook. The program's success was evaluated based on quantified data obtained from pre-tests and post-tests administered to teachers and students at MI Al Hidayah Bangli. Evaluation results indicated an increase in understanding: 81,70% regarding IoT technology; 82,42% concerning healthy food; and 81,08% pertaining to food waste processing; and 81,54% cultural literacy

 

Keywords: multiliteracy; IoT; smart garden; smart food school; habituation of eating nutritious and healthy food


Keywords


multiliteracy; IoT; smart garden; smart food school; habituation of eating nutritious and healthy food

Full Text:

PDF

References


Agung Pramujiono, Dudu Suhandi Saputra, & Reza Rachmadtullah. (2021). Model Pembelajaran Multiliterasi Berbantuan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 282–290. https://doi.org/10.21009/jpd.v11i02.19860

Ansya, Y. A., Salsabilla, T., & Rozie, F. (2024). Strategi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Mewujudkan SDG 4: Pendidikan Berkualitas. In Naga Pustaka (Vol. 19, Issue 2). https://www.researchgate.net/profile/Yusron-Ansya/publication/386424129_Strategi_Pendidikan_Karakter_untuk_Siswa_Sekolah_Dasar_dalam_Mewujudkan_Tujuan_SDG_4_Pendidikan_Berkualitas/links/6750dee8790d154bf9c39c19/Strategi-Pendidikan-Karakter-untuk-Siswa-Sek

Armini, N. N. S. (2024). Pelaksanaan pendidikan karakter di lingkungan sekolah sebagai upaya membentuk pondasi moral generasi penerus bangsa. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 113–125.

Ashari, G., Noviana, E., Retnoningsih, S., Syuhada, R., Subagdja, T., Aji Ghairrahmat, D., Travida S, F., Jethro, T., & Geraldine A, R. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Tata Surya Berbasis Teknologi Immersive di SDIT Daarul Jihad. Jurnal SOLMA, 14(1), 632–643. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.16855

Cerrahoğlu, E., & Cihan, P. (2023). 1 st International Conference on Pioneer and Innovative Studies Sentiment Analysis and Emojification of Tweets. 481–486.

Fitriyana, N. I., Kusuma, I. K. N., & Numertayasa, I. W. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran. Markamndeya Pustaka, Bali.

Indriani, F., & Asfia, W. (2023). Building the Independent Character of Elementary School Students. International Journal of Learning Reformation in Elementary Education, 2(01), 57–67. https://doi.org/10.56741/ijlree.v2i01.74

Kinanthi, T. K., Wardani, D. K., Sarie, A. C., & Marini, A. (2024). Meningkatkan Efektivitas Manajemen Sekolah dalam Penerapan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.532

Muhilal, Farikah, & Mulyani, M. (2021). Kajian konseptual multiliterasi berbasis pendidikan. Kabastra, 1(1), 31–40.

Nathasya, S., Sitepu, B., Sienatra, K. B., & Teguh, M. (2024). PEMBERDAYAAN UMKM KAUM DISABILITAS BINAAN YAYASAN PLAN INTERNASIONAL INDONESIA ( YPII ) DI PROVINSI BALI. 7(2).

Pandiangan, M. Y. (2019). Strategi Dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 157–165.

Qomariyah, U. (2008). Pengembangan Kecakapan Multiliterasi Melalui Strategi Membangun Komunitas Literasi Terpadu Sebagai Upaya Penguatan Karakter. Kongres Bahasa Indonesia, 9, 287.

Rahman, F. A., & S. Damaianti, V. (2019). Model Multiliterasi Kritis Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 27–34. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i1.11140

Rahmat, A., Mirnawati, M., Halidu, S., & Dehi, P. M. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Indonesia. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(3), 217. https://doi.org/10.37905/aksara.4.3.217-224.2018

Selayani, N. K., & Bayu, G. W. (2023). Pembelajaran Berbasis Multiliterasi di Sekolah Dasar: Bagaimana Mengoptimalkannya? Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 466–478. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.57400

Shoimah, L. (2018). Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah. Http://Journal2.Um.Ac.Id/Index.Php/Jktp/Article/View/4206, 1(2), 169–175. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4206%0Ahttp://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/download/4206/2774




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i6.35446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: