Edukasi gizi seimbang dan inovasi menu sehat kepada orang tua siswa di Desa Cipadang, Pesawaran
Abstract
Abstrak
Masalah gizi di Indonesia, khususnya di wilayah pedesaan seperti Desa Cipadang, Kabupaten Pesawaran, masih menjadi tantangan serius. Rendahnya pengetahuan orangtua tentang pentingnya gizi seimbang dan pola makan sehat berkontribusi terhadap tingginya angka stunting. Program Makan Bergizi Gratis yang diterapkan pemerintah merupakan langkah strategis untuk membangun sumber daya manusia yang sehat, aktif, dan produktif menuju Generasi Emas 2045. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2025 di Balai Desa Cipadang, Kabupaten Pesawaran dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang tua. Kegiatan pengabdian berupa kegiatan edukasi mengenai gizi seimbang dan inovasi menu sehat. Evaluasi kegiatan diberikan melalui pre-test dan post-test. Metode analisis yang digunakan dalam adalah analisis deskriptif. Hasil pengabdian menunjukkan sebanyak 86,67% peserta mengalami peningkatan pengetahuan terkait gizi seimbang dan inovasi menu sehat. Nilai rata-rata dan standar deviasi skor pengetahuan orang tua sebelum edukasi yaitu 71,67 ± 13,91 poin dan sesudah edukasi sebesar 86,63 ± 11,59 poin. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan edukasi ini berhasil meningkatkan pemahaman peserta terhadap pentingnya penerapan pola makan bergizi seimbang dan beragam. Pengetahuan yang meningkat ini diharapkan menjadi langkah awal dalam membentuk kebiasaan makan sehat di lingkungan keluarga.
Kata kunci: edukasi; gizi seimbang; menu sehat; pengetahuan orang tua.
Abstract
Nutritional problems in Indonesia, especially in rural areas such as Cipadang Village, Pesawaran Regency, remain a serious challenge. Low parental knowledge about the importance of balanced nutrition and healthy eating patterns contributes to high rates of stunting. The Free Nutritious Meal Program launched by the government is a strategic step to build healthy, active, and productive human resources towards the Golden Generation of 2045. This community service activity was carried out on August 30, 2025, at the Cipadang Village Hall, Pesawaran Regency, with 30 parents participating. The community service activity consisted of educational activities regarding balanced nutrition and healthy menu innovations. Evaluation of the activity was given through pre-tests and post-tests. The analytical method used in this activity was descriptive analysis. The results of the community service showed that 86.67% of participants experienced an increase in knowledge regarding balanced nutrition and healthy menu innovations. The average value and standard deviation of parental knowledge scores before education were 71.67 ± 13.91 points and after education were 86.63 ± 11.59 points. This demonstrates that the educational activity successfully increased participants understanding of the importance of adopting a balanced and varied diet. This increased knowledge is expected to be the first step in establishing healthy eating habits within the family.
Keywords: education; balanced nutrition; healthy menu; parental knowledge.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhmad, A., Lestari, N., & Supriyanto, A. (2021). Peran Orang Tua dalam Mendorong Perilaku Konsumsi Makanan Sehat pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Dan Pangan, 16(2), 115–123. https://doi.org/https://doi.org/10.25182/jgp.2021.16.2.115-123
Badan Pangan Nasional. (2023). Menuju Generasi Emas 2045, NFA Optimalkan Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi Untuk Siswa (GENIUS). Badan Pangan Nasional. https://badanpangan.go.id/blog/post/menuju-generasi-emas-2045-nfa-optimalkan-gerakan-edukasi-dan-pemberian-pangan-bergizi-untuk-siswa-genius
Febriani, W., Wati, DA., Komala, R., & Gustianing, D. (2021). Edukasi Gizi Seimbang Dan Pengembangan Kudapan Sehat Berbasis Pangan Lokal Pada Ibu Rumah Tangga Di De Desa Wonokriyo Kabupaten Pringsewu Tahun 2021. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ungu (ABDI KE UNGU), 3(2), 84–88. http://journal.aisyahuniversity.ac.id/index.php/Abdi
Hamzah, Hasrul, & Hafid, A. (2020). Pengaruh Pola Makan Terhadap Status Gizi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah , 5(2), 70–75.
Kemenkes RI. (2014). Pedoman Gizi Seimbang. Kementerian Kesehatan RI.
Kemenkes RI. (2022). BUKU SAKU Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022.
Kementerian PPN / Bappenas. (2018). Pedoman Pelaksanaan Intervensi Penurunan Stunting Terintegrasi Di Kabupaten/Kota (Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional. (ed.)). Kementerian PPN / Bappenas.
Komala, R., Febriani, W., Nurrahmawati, E., & Ariska, K. (2023). Peningkatan Pengetahuan Gizi Ibu tentang Konsumsi Protein Hewani untuk Cegah Stunting melalui Penyuluhan dan Permainan Puzzle Isi Piringku. JPM Ruwa Jurai, 8(1), 35–40.
Komala, R., Febriani, W., Wijaya, S. M., Yunianto, A. E., & Alam, R. G. (2024). Peningkatan Kesadaran Remaja untuk Melakukan Aktivitas Fisik melalui Kegiatan Gerakan Edukasi Remaja Aktif, Beprestasi, Sehat, Mandiri, dan Tangguh. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 407–417. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20043
KPPPA & BPS. (2018). Profil Anak Indonesia 2018. Kementerian Pemberdayaan Perempuan danPerlindungan Anak (KPPPA)jak.
Oktafiana, R., & Wahini, M. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Status Gizi Anak Usia Sekolah pada Keluarga Atas dan Bawah (Kasus di Desa Sidoharjo, Kabupaten Ponorogo). E-Journal Boga, 5(3), 110–117.
Panjaitan, F., & Siagian, M. (2019). Relationship Between Diet And Nutritional Status of Elementary School Children Al-Hidayah Integrated Medan Tembung. 2(2), 71–78. http://ejournal.helvetia.ac.id/index.php/jdg
PPID Provinsi Lampung, P. (2025). Provinsi Lampung Siap Laksanakan Program Makan Bergizi Gratis untuk Generasi Emas 2045. Pemerintag Provinsi Lampung. https://ppid.lampungprov.go.id/detail-post/Provinsi-Lampung-Siap-Laksanakan-Program-Makan-Bergizi-Gratis-untuk-Generasi-Emas-2045
Putri, M. A., Sari, D. P., & Hidayat, A. (2022). Hubungan Pengetahuan Gizi Orang Tua dengan Status Gizi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 18(1), 34–40.
Rachmawati, R., Novita, R., Fitriyaningsih, E., & Erwandi, E. (2021). Pelatihan penyusunan menu B2SA (beragam, bergizi, seimbang dan aman) berbasis pangan lokal di desa Bung Sidom Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar. Jurnal PADE: Pengabdian & Edukasi, 3(2), 52. https://doi.org/10.30867/pade.v1i2.706
Sanjaya, S., Rabasari, S., Wahyono, S. A., & Supriyadi, G. (2022). Pelatihan Pembuatan Makanan Lengkap yang Beragam, Bergizi Seimbang serta Aman (B2SA) bagi Penyuluh Umum Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(3), 473–482. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v3i3.1038
Suyanto, A., Nurrahman, N., Aminah, S., & Hersoelistyorini, W. (2023). Sosialisasi Pangan Aman dan Halal Pada Siswa Sekolah. JURNAL INOVASI DAN PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA, 2(3), 14–18. https://doi.org/10.26714/jipmi.v2i3.111
Widyastuti, N., & Purnama, D. (2020). Edukasi Gizi Seimbang kepada Orang Tua dan Dampaknya terhadap Asupan Gizi Anak. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 9(2), 87–94.
Zaini, M. A., Zainuri, Z., Sulastri, Y., Widyasari, R., & Nofrida, R. (2019). PEMBELAJARAN INTERAKTIF TENTANG PANGAN AMAN, BERGIZI DAN HALAL BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Abdi Mas TPB Unram, 1(1). https://doi.org/10.29303/amtpb.v1i1.13
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i6.35633
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE:

















