Pengenalan teknologi pembelajaran translanguaging berbasis web untuk meningkatkan literasi bahasa Arab-Indonesia di SMA Muhammadiyah 1 Babat
Abstract
Abstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan dan mengimplementasikan teknologi translanguaging berbasis web sebagai sarana pendukung peningkatan literasi pembelajaran Bahasa Arab-Indonesia bagi siswa. Media pembelajaran yang tersedia sebelumnya masih terbatas dan belum mampu mengintegrasikan bahasa Arab dan bahasa Indonesia dalam satu platform, sehingga siswa mengalami kesulitan memahami materi secara lebih kontekstual. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Babat, dengan melibatkan guru Bahasa Arab dan siswa sebagai peserta uji coba. Proses pengabdian dilakukan melalui analisis kebutuhan, perancangan aplikasi, pengembangan berbasis web, dan uji coba lapangan. Data diperoleh melalui penyebaran angket kepuasan serta observasi langsung terhadap aktivitas belajar mengajar. Tingkat kepuasan guru dan siswa diukur menggunakan kuesioner dengan skala penilaian terhadap kemudahan penggunaan, tampilan, dan manfaat aplikasi dalam proses pembelajaran. Aplikasi translanguaging ini dilengkapi fitur terjemahan kontekstual dua arah, kamus interaktif, dan latihan pemahaman teks yang membantu siswa meningkatkan literasi bahasa serta memudahkan guru dalam penyampaian materi.. Hasil uji menunjukkan tingkat kepuasan guru sebesar 87% dan siswa sebesar 90%, yang menandakan aplikasi ini diterima dengan baik. Secara keseluruhan, kegiatan ini membuktikan bahwa teknologi translanguaging berbasis web efektif mendukung literasi pembelajaran Bahasa Arab-Indonesia, dengan ruang lingkup yang masih dapat diperluas pada jenjang pendidikan lain agar manfaatnya semakin luas.
Kata kunci: translanguaging; literasi; berbasis web; bahasa Arab-Indonesia; teknologi pembelajaran.
Abstract
This community service activity aims to introduce and implement web-based translanguaging technology as a means of supporting students' Arabic-Indonesian language learning literacy. Previously available learning media were limited and unable to integrate Arabic and Indonesian into a single platform, resulting in students having difficulty understanding the material more contextually. This activity was carried out at SMA Muhammadiyah 1 Babat, involving Arabic language teachers and students as trial participants. The community service process was carried out through needs analysis, application design, web-based development, and field trials. Data were obtained through the distribution of satisfaction questionnaires and direct observation of teaching and learning activities. Teacher and student satisfaction levels were measured using questionnaires with a rating scale for ease of use, appearance, and the application's usefulness in the learning process. This translanguaging application is equipped with a two-way contextual translation feature, an interactive dictionary, and text comprehension exercises that help students improve language literacy and facilitate teachers in delivering material. The test results showed a teacher satisfaction level of 87% and a student satisfaction level of 90%, indicating that the application was well received. Overall, this activity proves that web-based translanguaging technology effectively supports Arabic-Indonesian language learning literacy, with a scope that can still be covered at other levels of education so that its benefits are even broader.
Keywords: translanguaging; literacy; web-based; Arabic-Indonesian; learning technology.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardhiya, A., Audina, R., & Ramadani, K. L. (2022). Peran Konselor Dalam Mewujudkan Pendidikan Berkualitas Menuju SDGS 2030. International Conference on Islamic Guidance and Counseling, 2, 176–187.
Bustam, B. M. R., Astari, R., Yulianto, N., Aisyah, U. N., & Ali, N. S. (2024). Inovasi media pembelajaran bahasa Arab berbasis pemanfaatan teknologi. UAD PRESS.
Lestari, A. S. A., Anwar, W. P., Sibali, A., Misnawati, M., & Musa, N. A. (2025). Translanguaging sebagai Strategi Inovatif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Teori, Implementasi, dan Tantangan. Journal of Indonesian Scholars for Social Research, 5(1 Special Issues), 1–13.
Muchlis, M. (2024). Translanguaging as a strategy in fostering multilingual students’ comprehension at Mambaus Sholihin 2 High School Blitar. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Nur, M. F., Zaeni, R. A., & Uqba, M. S. S. (2024). Translanguaging dan Dampaknya Terhadap Pembelajaran Makna Kata (Frasa) Bahasa Arab pada Kelas PKPBA UIN Malang. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 1(4), 84–99.
Penyusun, T. (2024). Asta Cita Prabowo-Gibran: Visi Misi dan Program Kerja.
Purba, A., & Saragih, A. (2023). Peran teknologi dalam transformasi pendidikan bahasa Indonesia di era digital. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 3(3), 43–52.
Reknadi, D. B., Kristian, Y., & Harianto, R. A. (2022). Classification of Criticisms and Suggestions on Public Services at RSI Nashrul Ummah Lamongan Using K-Competitive Autoencoder. Proceeding International Conference on Environment Health, Socioeconomic and Technology, 1, 151–161.
Reknadi, D. B., Munif, M., & Mustain, M. (2024). Optimasi Layanan KKN: Implementasi e-KKN Berbasis Web Pada Universitas Islam Lamongan. Kesatria: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer Dan Manajemen), 5(1), 152–161.
Reknadi, D. B., Rohman, M. G., & Utomo, A. F. L. (2025). Adaptation of Contrastive Learning and Augmentation for Indonesian Product Review Classification on Unbalanced Data Using Deep Learning and NLP. Generation Journal, 9(2), 105–116.
Romadhan, A. D., Hakim, L., Selia, A. K. W., Ekasani, K. A., Wuarlela, M., Hiariej, C., … Susanti, R. (2023). Pengantar linguistik umum. CV. Intelektual Manifes Media.
Santika, I. G. N. (2021). Grand desain kebijakan strategis pemerintah dalam bidang pendidikan untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377.
Sommerville, I. (2011). Software engineering 9th Edition. ISBN-10, 137035152, 18.
Sudipa, I. G. I., Harto, B., Sahusilawane, W., Afriyadi, H., Lestari, S., & Handayani, D. (2023). Teknologi Informasi & SDGs. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sukeni, K., & Anggul, G. (2023). Peran Generasi Z dalam mendukung Sustainable Development Goals melalui pengembangan ekonomi hijau menuju Indonesia Emas 2045. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR), 3, 156–163.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i6.35722
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE:

















