Pemetaan lanjutan potensi, tantangan, dan arah pengembangan SMA Muhammadiyah Mataram
Abstract
Abstrak
SMA Muhammadiyah Mataram Perguruan Anyelir mengalami vakum operasional sejak tahun ajaran 2022/2023, mencerminkan krisis kelembagaan yang tidak hanya bersifat administratif, tetapi juga struktural dan strategis. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memetakan secara mendalam potensi, tantangan, serta arah pengembangan sekolah guna merumuskan strategi revitalisasi berbasis data dan kolaborasi. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif-kolaboratif dengan melibatkan Majelis Dikdasmen PDM Kota Mataram, alumni, ortom Muhammadiyah, dan mitra strategis dari MBS UMMat. Teknik pengumpulan data mencakup observasi lapangan, Focus Group Discussion (FGD), dan analisis SWOT. Hasil FGD menunjukkan bahwa meskipun sekolah menghadapi persoalan serius seperti ketidakaktifan manajemen, lemahnya promosi digital, dan kerusakan infrastruktur, terdapat modal sosial yang kuat berupa dukungan alumni, lokasi strategis, serta jejaring ortom yang aktif. Strategi revitalisasi yang diusulkan meliputi rebranding kelembagaan, penyusunan visi-misi baru, kurikulum kontekstual berbasis nilai Islam progresif dan teknologi digital, serta penguatan kemitraan dan promosi digital. Selain itu, telah disusun roadmap revitalisasi selama tiga tahun sebagai panduan operasional. Kegiatan ini membuktikan bahwa transformasi kelembagaan sekolah Muhammadiyah hanya dapat dicapai melalui pendekatan sistemik dan partisipatif. Praktik baik yang dihasilkan diharapkan tidak hanya membangkitkan kembali SMA Muhammadiyah Mataram, tetapi juga menjadi model revitalisasi bagi sekolah-sekolah Muhammadiyah lain yang menghadapi problematika serupa di tingkat nasional.
Kata kunci: pemetaan lanjutan potensi; tantangan; arah pengembangan SMA.
Abstract
Muhammadiyah Mataram Anyelir High School has been experiencing operational vacuum since the 2022/2023 academic year, reflecting an institutional crisis that is not only administrative but also structural and strategic. This community service activity aims to map in depth the potential, challenges, and direction of school development in order to formulate data-based and collaborative revitalization strategies. The method used is a participatory-collaborative approach involving the Mataram City PDM Dikdasmen Council, alumni, Muhammadiyah ortom, and strategic partners from MBS UMMat. Data collection techniques include field observations, Focus Group Discussions (FGD), and SWOT analysis. The FGD results showed that although the school faces serious problems such as inactive management, weak digital promotion, and infrastructure damage, there is strong social capital in the form of alumni support, a strategic location, and an active affiliated organization network. The proposed revitalization strategies include institutional rebranding, the formulation of a new vision and mission, a contextual curriculum based on progressive Islamic values and digital technology, and the strengthening of partnerships and digital promotion. In addition, a three-year revitalization roadmap has been developed as an operational guide. This activity proves that institutional transformation of Muhammadiyah schools can only be achieved through a systemic and participatory approach. The resulting best practices are expected to not only revive Muhammadiyah Mataram High School, but also serve as a model for revitalization for other Muhammadiyah schools facing similar problems at the national level.
Keywords: advanced potential mapping; challenges; high school development direction.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Shiroth, and Diningrum Citraningsih. 2023. “Konsep Manajemen Pemasaran Dalam Peningkatan Citra Lembaga Pendidikan.” SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam 6(1):114–38. doi: 10.54396/saliha.v6i1.544.
Ali, Mohamad. 2020. Menggerakkan Pendidikan Muhammadiyah; Memupuk Nilai-Nilai Keunggulan Untuk Membangun Perguruan Berkemajuan. Cetakan 1. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Azhar, Azhar, Wuradji Wuradji, and Dwi Siswoyo. 2016. “Pendidikan Kader Dan Pesantren Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 3(2):113–25. doi: 10.21831/jppfa.v3i2.9816.
Ilham, Ilham, and Ihwan P. Syamsuddin. 2021. “PENDIDIKAN ISLAM: Telaah Sejarah Sosial Keagamaan Dan Modernisasi Pendidikan Muhammadiyah.” TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 5(2):199–216. doi: 10.52266/tadjid.v5i2.704.
Khomsinnudin, Khomsinnudin, Giman Bagus Pangeran, Ahmad Tamyiz, Citra Eka Wulandari, and Fauzan Akmal Firdaus. 2024. “Modernitas Dan Lokalitas: Membangun Pendidikan Islam Berkelanjutan.” Journal of Education Research 5(4):4418–28. doi: 10.37985/jer.v5i4.1523.
Miswanto, Agus. 2019. “Eksistensi Pesantren Muhammadiyah Dalam Mencetak Kader Persyarikatan (Studi Di Kabupaten Magelang).” Jurnal Tarbiyatuna 10(1):81–102. doi: 10.31603/tarbiyatuna.v10i1.2717.
Mubarok, Fakhri, Titin Kustini, Siti Masitoh, Yuyun Elizabeth Patras, and Dian Wulandari. 2024. “Menafsir Arah Pendidikan Multikultural: Sebuah Pendekatan Teori Belajar Konstruktivistik Dalam Perspektif Pendidikan Di Indonesia.” JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 7(1):37. doi: 10.17977/um027v7i12024p37.
mujito dan Aminudin. 2020. Analisis SWOT Dalam Manajemen Strategi Panduan Teori Dan Praktif. edited by A. Fitriyanti. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Muslimin, Muslimin, Rifaid Rifaid, Rudi Arrahman, Muhromi Haspiadi, Maulana Ilmiyardhi, Muhammad Firman Hidayatullah, and Andri Pratando. 2024. “Pelatihan Pembuatan Peta Resiko Bencana Berbasis ArcGIS Di Desa Kopang Rembiga Lombok Tengah.” I-Com: Indonesian Community Journal 4(3):1859–67. doi: 10.33379/icom.v4i3.5035.
Norahman, Dwi Aris. 2024. Membangun Citra Sekolah; Strategi Promosi Dan Layanan Berkualitas. edited by Dwi Aris Norahman. DKI Jakarta: PT. Indonesia Delapan Kreasi Nusa.
Palguna, I. Gede Bagus Winaka, Sabryan Likhan Nugraha, Aghna Kayru Satria, Asyifa Arla Rimarsya, and Astika Nurul Hidayah. 2025. “Peran Muhammadiyah Dalam Mencetak Generasi Unggul Melalui Pendidikan.” Fathir: Jurnal Studi Islam 2(1):82–95. doi: 10.71153/fathir.v2i1.192.
Rahmah, Nur Aulia. 2024. “Journal of Holistic Education Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Lembaga Pendidikan Umum Journal of Holistic Education.” 1(1):39–62.
Siswadi, Siswadi, and Ahmad Syaifuddin. 2024. “Penelitian Tindakan Partisipatif Metode Par (Partisipatory Action Research) Tantangan Dan Peluang Dalam Pemberdayaan Komunitas.” Ummul Qura Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan 19(2):111–25. doi: 10.55352/uq.v19i2.1174.
Utami, Dwi Rahayu, Agus Pahrudin, and Sri Rahmi. 2025. “Strategi Manajemen Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Terpadu Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Era Globalisasi.” Action Research Journal Indonesia (ARJI) 7(2). doi: 10.61227/arji.v7i2.385.
Widiastuti, Heni, And Muh. Hanif. 2024. “Kepemimpinan Transformasional Inovatif Berkelanjutan Melalui Madrasah Sociopreneurship Untuk Menyongsong Tantangan Pendidikan Modern Di Man 3 Banyumas.” Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan 4(2):177–90. doi: 10.51878/cendekia.v4i2.2954.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i6.36245
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE:

















