Transformasi kompetensi guru sekolah dasar melalui pengembangan media pembelajaran augmented reality berbasis Assemblr Edu

Rasyid Hardi Wirasasmita, Muhammad Zamroni Uska, Ahmad Yasar Ramdhan

Abstract


Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) melalui platform Assemblr EDU. Latar belakang kegiatan ini adalah masih rendahnya pemanfaatan teknologi inovatif dalam pembelajaran, khususnya integrasi AR yang mendukung kebijakan Merdeka Belajar dan tuntutan pendidikan abad ke-21. Program dilaksanakan pada Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus 05 Kecamatan Terara, Kabupaten Lombok Timur, dengan melibatkan 20 guru dari 8 sekolah dasar. Metode pelaksanaan meliputi Focus Group Discussion (FGD), sosialisasi konsep TPACK dan AR, pelatihan teknis pembuatan media AR, pengembangan modul ajar berbasis TPACK, serta evaluasi melalui pre-test dan post-test. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan dan pengetahuan guru, dengan capaian kompetensi meningkat dari 5% pada pre-test menjadi 90% pada post-test. Temuan ini menegaskan bahwa pelatihan berbasis AR efektif dalam memperkuat literasi digital dan kreativitas guru, serta berimplikasi pada terciptanya pembelajaran yang lebih interaktif, kontekstual, dan berpusat pada siswa.

 

Kata kunci: augmented reality; kompetensi guru; media pembelajaran; sekolah dasar; TPACK

 

Abstract

This community service program aims to enhance the competencies of elementary school teachers in developing Augmented Reality (AR)-based learning media using the Assemblr EDU platform. The background of this initiative lies in the limited utilization of innovative technologies in teaching, particularly AR integration that aligns with the Merdeka Belajar policy and 21st-century education demands. The program was conducted with the Teacher Working Group (KKG) Cluster 05 in Terara District, East Lombok Regency, involving 20 teachers from 8 elementary schools. The implementation methods included Focus Group Discussions (FGD), socialization of TPACK and AR concepts, technical training on AR media development, preparation of TPACK-based teaching modules, and evaluation through pre-test and post-test. The results revealed a significant improvement in teachers’ knowledge and skills, with competency levels rising from 5% in the pre-test to 90% in the post-test. These findings highlight that AR-based training is effective in strengthening teachers’ digital literacy and creativity, with implications for fostering more interactive, contextual, and student-centered learning environments.

 

Keywords: augmented reality; elementary school; learning media; teacher competence; TPACK.


Keywords


augmented reality; elementary school; learning media; teacher competence; TPACK.

Full Text:

PDF

References


Afni, N., Wahid, A., Nurdiansyah, E., Baso, R. Z., Suedi, S., & Intan, I. (2025). Smart Teaching Tools: Pelatihan Media Digital Interaktif Bagi Guru SD Berbasis Assemblr Edu di UPTD SDN 60 Moncongloe Lappara. Jurnal Abdimas Indonesia, 5(3), 1381–1388.

Allo, E. L., Jumrah, E., Agussalim, H., Afni, N., & Dea, S. E. (2025). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Melalui Platform Assemblr Edu Untuk Komunitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kimia Kabupaten Takalar. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 156–167.

Anas, A., Djusmin, V. Bin, & Pasandaran, R. F. (2023). Media Augmented Reality: Pelatihan Pada Guru SMP untuk Mendukung Keterampilan Pedagogik Guru Abad 21. Madaniya, 4(4), 1613–1620.

Ashari, H., Makmur, E., Sari, D. A. L., Muchtar, A., & Burhan, M. I. (2024). Pelatihan Augmented Reality (AR) Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Era Digital. TEKNOVOKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15–21.

Budijanto, A. (2025). Implementasi Augmented Reality (AR) menggunakan Assemblr untuk Media Pembelajaran Anak Sekolah Luar Biasa. JBT (JURNAL BISNIS Dan TEKNOLOGI), 12(2).

Indayana, S. A., & Indrapangastuti, D. (2025). Inovasi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 8(3), 1762–1772.

Khofifah, H., Aurelia, S. D., Amelita, A. K., Nulhakim, L., Taufik, A. N., & Fajariyanti, N. (2025). Implementasi Tahap Design Model 4D pada Media Spinner AR Interaktif Berbantuan Assemblr EDU. KOSMOLOGI (Jurnal Pendidikan IPA Dan Sains), 1(2), 19–27.

Linda, A., Yati, A., Atikah, A., Samosir, D., Yuliana, D., Rahayu, E. D. F., Telnoni, J., Bemi, L., Nabila, R., & Reski, W. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Di SDN 008 Samarinda Ulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru, 1(2), 121–130.

Maulana, I., Setiawan, H. R., & Umisara, E. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dengan berbantuan platform Assemblr Edu. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 5(01), 30–36.

Nafi’ah, U., Sapto, A., Sayono, J., & Herdiani, A. (2022). Peningkatan kapasitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk menyelaraskan pembelajaran sejarah dengan kebutuhan masa kini. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 5(1), 49–56.

Nasrul, M., Hidayat, F., Dewi, W. P., & Musa, A. (2025). Pelatihan Integrasi TPACK sebagai Strategi Penguatan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 153–159.

Nurmatin, S., & Abdurrahman, D. (2024). The Analysis of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) of Elementary Teachers in Using Augmented Reality as Learning Media. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 7(1), 51–61.

Primadona, I., Zakir, S., Efriyanti, L., & Jasmienti, J. (2024). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) Menggunakan Assemblr Edu Pada Mata Pelajaran Biologi Di MAN 4 Agam. Education Achievement: Journal of Science and Research, 907–923.

Ramadhan, S., Mutiara, M., Karlina, N., Rahmah, L., Lusiana, L., Nurnabila, N., & Nurdiniawati, N. (2024). Pemanfaatan Alat Peraga Augmented Reality (AR) Menggunakan Assembler Edu Bagi Anak Spirit Nabawiyah Comuniti (SNC). Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 144–157.

Safitri, N. T., Tersta, F. W., Melati, M., Mayasari, M., & Kurniawan, D. (2023). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terintegrasi Kearifan Lokal Bagi Guru SMP Kota Jambi. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 493–499.

Sari, A. M., Dewi, U. M., & Dwiardi, S. B. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Assemblr Edu. PUSAKA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 1–6.

Siregar, N. A., Harahap, N. R., & Harahap, H. S. (2023). Hubungan antara pretest dan postest dengan hasil belajar siswa kelas VII B di MTs Alwashliyah Pantai Cermin. Jurnal Ilmiah Edunomika, 7(1), 1–13.

Sutaryono, I. A., & Setyasto, N. (2021). Augment Reality (AR) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Guru Sekolah Dasar. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 12(1), 234–238.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i6.36540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: