PELATIHAN PENGGUNAAN PRAKTIKUM VIRTUAL PhET BAGI GURU SD TLOGOSARI WETAN 01 SEMARANG

Iryan Dwi Handayani, Seno Suharyo, Wahjoerini Wahjoerini

Abstract


ABSTRAK

Pembelajaran daring sekarang sedang dilaksanakan oleh semua jenjang pendidikan di dunia karena adanya pendemi covid 19. Tenaga pendidik diminta membuat pembelajaran semenarik mungkin walaupun lewat online. DPhet merupakan praktikum simulasi interaktif fenomena Fisika, matematika, biologi dan kimia yang berbasis riset. Tim pengabdian memberikan pelatihan tentang penggunaan PhET dengan tujuan memberikan alternatif praktikum secara online kepada guru SD Tlogosari Wetan 01. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan langsung kepada guru dan tenaga kependidikan di lingkungan SD Tlogosari Wetan 01 Semarang tentang penggunaan PhET dalam proses pembelajaran terutama praktikum.

 

Kata kunci: PhET; praktikum simulasi

 

ABSTRACT

Online learning is now being carried out by all levels of education in the world because of the Covid 19 epidemic. Educators are asked to make learning as interesting as possible even though it is online. DPhet is a research-based interactive simulation practicum of physics, mathematics, biology and chemistry phenomena. The community service team provides training on the use of PhET with the aim of providing an alternative online practicum for SD Tlogosari Wetan 01 teachers.The method used in this service is direct training for teachers and education personnel in SD Tlogosari Wetan 01 Semarang on the use of PhET in the learning process, especially practicum.

 

Keywords: PhET; simulation practicum


Keywords


PhET; simulation practicum

Full Text:

PDF

References


Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Gunawan, G., Harjono, A., & Sahidu, H. (2017). Studi Pendahuluan Pada Upaya Pengembangan Laboratorium Virtual bagi Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(2), 140. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i2.250

Hamida, N., Mulyani, B., & Utami, B. (2013). Studi Komparasi Penggunaan Laboratorium Virtual Dan Laboratorium Riil Dalam Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 2(2), 7–15.

Kadir, A. R., & Keguruan, F. T. (2014). Laboratorium Riil Dengan Laboratorium Virtual.

Keterampilan, M., & Sains, P. (2017). DESAIN RISET PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA KIT LISTRIK YANG DILENGKAPI PhET BERBASIS INKUIRI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. USEJ: Unnes Science Education Journal, 5(3), 1331–1342. https://doi.org/10.15294/usej.v5i3.13162

Ramadoan, N., Suisworo, D., & Jauhari, I. (2019). Strategi Berpikir Hipotetikal Deduktif Dengan Phet Simulations Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Fisika Materi Usaha Dan Energi Kelas X Sma. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 3, 206. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v3i0.28548

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Simatupang, N., Sitohang, S., Situmorang, A., & Simatupang, I. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 197–203. https://doi.org/10.33541/jdp.v13i2.1754

Stiawan, E., Liliasari, L., & Rohman, I. (2014). PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA TOPIK TEORI DOMAIN ELEKTRON MELALUI SIMULASI INTERAKTIF PhET MOLECULE SHAPES. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 19(2), 257. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v19i2.468

Zainudin, Z. (2017). Pengembangan E-Learning Fisika Menggunakan Phet (Physics Educational Technology) Pada Materi Pokok Dinamika Gerak Lurus Berbasis Keterampilan Berfikir Kritis. Jurnal Pena Sains, 4(1), 22. https://doi.org/10.21107/jps.v4i1.2777




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.3948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: