KLINIK PEMASARAN DIGITAL BAGI DOSEN BERWIRAUSAHA
Abstract
ABSTRAK
Pemasaran digital merupakan strategi promosi produk barang dan jasa dengan memanfaatkan media digital yang terintegrasi pada perangkat elektronik dan menggunakan koneksi jaringan internet. Terdapat 6% dosen STKIP Pembangunan Indonesia mengelola usaha mikro secara mandiri, yang bergerak dalam bidang kuliner, kosmetik, pakaian, pemanfaatan sagu, budidaya tanaman dan usaha pengolahan limbah plastik. Usaha mikro yang digeluti oleh dosen masih cenderung konvensional, dan belum memanfaatkan peluang digitalisasi dalam pemasaran produknya, sehingga perlu dilakukan pelatihan pemasaran digital untuk mengimbangi besarnya tantangan persaingan usaha saat ini. Kegiatan ini dibagi menjadi dua tahap, tahap pertama merupakan pemberian materi marketing digital yang terdiri atas (i) pemanfaatan website dan media sosial sebagai media promosi produk, (ii) penguasaan teknik dasar iklan, dan (iii) pemanfaatan video untuk iklan. Sedangkan tahap kedua merupakan praktek pemanfaatan web atau media sosial oleh peserta untuk mempromosikan produk yang dijual. Dari hasil pelatihan ini seluruh peserta dapat menerapkan pemasaran digital dalam mempromosikan produk yang dijual, dan terdapat satu orang peserta yang telah berhasil memanfaatkan video promosi untuk meningkatkan jumlah produk yang terjual. Kepuasan peserta terhadap pelatihan diukur menggunakan kuesioner, yang menunjukkan bahwa 88% peserta menyatakan puas terhadap pelatihan ini.
Kata kunci: pemasaran digital; dosen; STKIP Pembangunan Indonesia.
ABSTRACT
Digital marketing is a strategy to promoting goods and services products by utilizing digital media integrated in electronic devices and using internet network connections. There are 6% lecturers of STKIP Pembangunan Indonesia managing micro businesses independently, engaged in culinary, cosmetics, clothing, sago, decorative plants and plastic waste treatment business. Micro businesses pursued by lecturers still tend to be conventional, and have not taken advantage of digitalization opportunities in the marketing of their products, so it is necessary to conduct digital marketing training to offset the magnitude of the challenges of business competition today. This activity is divided into two stages, the first stage is the provision of digital marketing materials consisting of (i) the utilization of websites and social media as a product promotional media, (ii) mastery of basic advertising techniques, and (iii) the utilization of video for advertising. While the second stage is the practice of using the web or social media by participants to promote the products sold. From the results of this training all participants can apply digital marketing in promoting their products, and there is one participant who has successfully utilized the promotional video to increase the number of products sold. Participants' satisfaction with the training was measured using a questionnaire, which showed that 88% of participants expressed satisfaction with the training.
Keywords: digital marketing; lecturer; STKIP Pembangunan Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrilia AM. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum” Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Risel Komunikasi. 1(1). 147-157.
Ayuni Q, Hafied C, Aianto. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Digital Terhadap Tingkat Penjualan Produk Kuliner Kemasan. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik. 23(2). 129-141.
Farahdiba D. (2020). Konsep dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Konsumen Menuju Era Disrupsi. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna. 8(1). 22-28. http://dx.doi.org/10.30659/jikm.v8i1.7992.
Fauzi, Wulandari, Aprilia S. (2015). Sistem Informasi Penjualan Produk Berbasis Web Pada Chanel Distro Pringsewu. Jurnal Technology Acceptance Model. 4. 41-47.
Fitri RS, Rukun K, Dwiyanti N. (2016). Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Penjualan Komputer dan Accessories Pada Toko Mujahidah Computer Berbasis Web. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika. 4(1). 196-211.
Hapsoro BB, Palupiningdyah, Slamet A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 23(2). 117-120. http://dx.doi.org/10.15294/abdimas.v23i2.17880.
Lingkan ET, Rapar RW, DMD Warouw. (2015). Komunikasi Pemasaran dan Perilaku Konsumen Di Matahari Departemen Store Mega Trade Center Manado. Jurnal Acta Diurna. 4(4). 1-9.
Malik A, Mulyono SE. (2017). Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal melalui Pemberdayaan Masyarakat. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment 1(1). 87-101.
Nuhayati Y. (2018). Penerapan Model Kirkpatrick untuk evaluasi diklat teknis substantive materi perencanaan pembelajaran di wilayah kerja provinsi kepulauan Riau. Andragogi Jurnal Diklat Teknis 4(2). 170-187. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.63
Reswana IN. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Memasarkan Produk Cemilan Krupuk Singkong Samiler “Samijali” Di UKM Eks Lokalisasi Dolly. Jurnal Ikraith-Humaniora 1(2). 68-75.
Saputra GW, Ardani IGAKS. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen. 9(7). 2596-2620. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i07.p07.
Sarastuti D. (2017). Strategi komunikasi pemasaran online produk busana muslin queenova. Jurnal Visi Komunikasi 16(1). 71-90. http://dx.doi.org/10.22441/jvk.v16i1.1645.
Saraswati G. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Wirausaha Kreatif Berbasis Kearifan Lokal. JESA 1(2). 1-20.
Triyanto WA. (2017). Analisa dan perancangan sistem informasi penjualan online untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM kerajinan tas. Indonesian Journal of networking and security 6(3). 63-67.
Wardana A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional, Bandung, Indonesia. 327-337.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4408
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: