PEMBINAAN METODE BELAJAR DARI RUMAH BAGI WALI MURID SD YAPIS 2 BIAK PADA MASA PANDEMIK COVID-19

Busyairi Ahmad, Hamjah Bonso, Samsiah Samsiah

Abstract


ABSTRAK

Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meberikan pembinaan terhadap wali murid SD YAPIS 2 Biak dalam membimbing anak-anaknya untuk belajar di rumah agar pembelajaran di rumah epektif sesuai harapan bersama. Metode pelaksanaan menggunakan survei dan bimbingan metode belajar bagi wali/orangtua murid secara offline namun mengikuti protokol Kesehatan yang telah diatur pemerintah. Peserta pembinaan terdiri dari enam kelompok yaitu kelompok wali murid kelas I sampai dengan kelas VI, masing-masing kelompok terdiri dari 10 peserta. Hasil pengabdian kepada masyarakat diperoleh sebagai yaitu wali murid; a) memahami cara membimbing anak berdasarkan tugas yang diberikan oleh guru, b) mengetahui cara memahami materi dan cara menjawab soal dari buku yang telah diberikan dari sekolah untuk membimbing anaknya, c) mengetahui cara mengatur waktu untuk membimbing anak dalam mengerjakan tugas dan belajar membaca, menulis bagi siswa kelas I.

 

Kata kunci: pembinaan; metode belajar dari rumah; wali murid; masa pandemi covid-19.

 

ABSTRACT

This community service aims to provide guidance to the guardians of SD YAPIS 2 Biak students in guiding their children to study at home so that learning at home is effective according to common expectations. The implementation method uses surveys and learning method guidance for parents/ guardians of students offline but follows the Health protocol that has been regulated by the government. The coaching participants consist of six groups, namely the guardian group of grade I to class VI students, each group consisting of 10 participants. The results of community service are obtained as guardians of students; a) understand how to guide children based on assignments given by the teacher, b) know how to understand the material and how to answer questions from books that have been given from school to guide their children, c) know how to manage time to guide children in doing assignments and learning to read, writing for grade I students.

 

Keywords: coaching; home learning method; student guardian; the covid-19 pandemic period.


Keywords


coaching; home learning method; student guardian; the covid-19 pandemic period.

Full Text:

PDF

References


Elfrida, D., Santosa, H., & Soefijanto, T. A. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru dan Implementasi Kurikulum Asing Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Internasional Jakarta Utara. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.29240/jsmp.v4i1.1358

Esty Pamungkas, C., Amini, A., & Rahmawati, C. (2020). SENTUHAN KASIH IBU, UPAYA STIMULASI TUMBUH KEMBANG ANAK DENGAN PIJAT BAYI PADA ANAK USIA 0-3 TAHUN DI DESA SELEBUNG KETANGGA, KECAMATAN KERUAK KABUPATEN LOMBOK TIMUR. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3223

Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580

Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529

Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita. https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Penilaian Pendidikan dan Ujian. AplikAsi RascH PemodelAn Pada Assessment Pendidikan.

Winarti, A. (2020). Implementasi Parenting Pada Pendidikan Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. JurnalPendidikan PembelajaranPemberdayaan Masyarakat.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: