PENDAMPINGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KIT IPA UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPN 2 SEKOTONG

Rahadi Wirawan, Nurul Qomariyah, Suhayat Minardi, Syamsuddin Syamsuddin, Hiden Hiden, Wayan Sudiarta, Marzuki Marzuki

Abstract


 ABSTRAK

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan guna meningkatkan kemampuan penggunaan dan pemanfaatan set eksperimen Komponen Instrumen Terpadu (KIT) IPA untuk penggalian konsep-konsep dasar Fisika siswa melalui pembelajaran berbasis eksperimen. Kegiatan pengabdian dilaksanakan di SMPN 2 Sekotong Kabupaten Lombok Barat, dengan peserta guru-guru Fisika dan siswa-siswa kelas 8. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah direct instruction, cooperative learning dan diskusi. Adapun set eksperimen yang digunakan adalah KIT IPA untuk materi Mekanika, Panas dan Hidrostatistika, Optik, dan Listrik Magnet. Pada kegiatan ini peserta memperoleh pengetahuan tentang metode pembelajaran berbasis eksperimen dan keterampilan merakit serta memodifikasi KIT IPA yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran Sains. Dengan demikian, pembelajaran Sains akan menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan diharapkan meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa.

 

Kata kunci: KIT; konsep fisika; eksperimen; ketrampilan; minat belajar.

 

ABSTRACT

This community service activity is carried out to improve the ability to use the IPA Integrated Instrument Components (IIC) experimental set to explore the student basic concepts of physics through experiment-based learning. This activity was carried out at SMPN 2 Sekotong West Lombok Regency with participants from physics teachers and 8th-grade students. The method that used is direct instruction, cooperative learning and discussion. The experimental set used is the IPA IIC for the materials of Mechanics, Heat and Hydrostatic, Optics, and Magnetic Electricity. In this activity, participants gain knowledge about experimental based learning methods and skills of assembling and modifying science KITs that can be used to support science learning. Thus, science learning will be fun learning and it is expected to increase student interest and learning achievement.

 

Keywords: IIC; physics concept; experiment; skills; learning interest.


Keywords


IIC; physics concept; experiment; skills; learning interest

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Murphy, (2006), The Impact of ICT on Primary Science, New York: Open University Press.

Oktalia, R., Wijayanti, A., & Ernawati, T. (2018). Everyone Is A Teacher Here Effect on Sci¬ence Learning Achievement Based on Critical Thinking Skills. Jurnal Ilmiah Pendidi-kan MIPA, 8(3).193-202. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v8i3.2797

Payu, Citron dan Zainuru, Ahmad. (2015). Pelatihan KIT IPA Guru-Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Kwandang Kab. Gorontalo Utara.

Pamungkasih, W. dan Pusporini, W. (2018). The Prompt of Using KIT IPA Toward Students Achievement on Science in Term of Scientific Attitude. Proceeding International Seminar on Education, Innovation Issues and Challenges in Education for Education Sustainability. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Yogyakarta.

Saputri, A.C., Sajidan, & Rinanto, Y. (2017). Identifikasi keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi menggunakan window shopping. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS). 131-135.

Subekti, Y. dan Ariswan.A. (2016). Pembelajaran Fisika dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar kognitif dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2 (2). https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.6278

Suparno, P. (2007). Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivisme dan Menyenangkan. Universitas Sanata Dharma Press. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: