PELATIHAN APLIKASI CANVA DALAM MENDUKUNG PELAJARAN JARAK JAUH BAGI GURU SMK MUHAMMADIYAH 7 JAKARTA
Abstract
ABSTRAK
Pandemi covid-19 sekarang ini sangat berdampak besar disegala aspek kehidupan, tidak terkecuali bidang pendidikan, pelajaran secara keseluruhan dengan cara tatap muka dikehidupan normal, dituntut merubah metode pembelajaran, yaitu pembelajaran jarak jauh (PJJ), perubahan ini menuntut pengajaran (guru) untuk mempu menyesuaikan dengan kebutuhan pengajaran yang lebih menarik dan dinamis. SMK 7 Muhammadiyah Jakarta membutuhkan metode pembelajaran tersebut, oleh karena itu tim pengabdian masyarakat dari fakultas teknik uhamka mengadakan pelatihan penggunaan aplikasi canva desaign grafis untuk mendesai beberapa hal secara mudah. Tujuan dari pengabdian ini yaitu pelatihan pengunaan aplikasi canva berbagai materi pembelajaran dengan visualisasi yang mewakili isi pembelajaran itu sendiri, serta dapat meningkatkan keterampilan guru dalam berkreasi. Hasil pelatihan diadakan selama dua hari, metode praktik dengan media daring, kemudian kuesioner bermetode skala likert dilakukan untuk didapatkan timbal balik atau tanggapan mengenai pelatihan ini, dan ternyata didapatkan bahwa pengetahuan bertambah dengan adanya kegiatan ini sebesar 78,57% dengan total kepuasaan secara keseluruhan 85,71%.
Kata kunci: pelatihan jarak jauh; pelatihan canva; guru SMK Muhammadiyah
ABSTRACT
The current covid-19 pandemic has had a major impact on all aspects of life, including the field of education, the whole lesson is face-to-face in normal life, it is required to change the learning method, namely distance learning (PJJ), this change requires teaching (teachers) to be able to adapt to the needs of a more interesting and dynamic teaching. SMK 7 Muhammadiyah Jakarta requires this learning method, therefore the community service team from the Uhamka Faculty of Engineering held training on using the Canva Graphic Design application to design several things easily. The purpose of this service is to train the use of the Canva application for various learning materials with visualizations that represent the content of the learning itself, and to improve teacher skills in being creative. The results of the training were held for two days, the practical method with online media, then a questionnaire using the Likert scale method was carried out to obtain feedback or responses about this training, and it was found that knowledge increased by this activity by 78.57% with a total overall satisfaction of 85 ,71%.
Keywords: canva training; distance training; muhammadiyah vocational school teacher
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiman, H. (2012). PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8, 75–83. https://media.neliti.com/media/publications/177430-ID-peran-teknologi-informasi-dan-komunikasi.pdf
Handayani, S. L., & Dewi, T. U. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Fungsional Guru dan Angka membuat Karya Tulis Ilmiah. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).
Hasan, F. N., Hanif, I. F., & Meitova, R. S. (2020). Implementasi nilai-nilai al-islam di kehidupan sehari-hari, studi kasus mahasiswa fakultas teknik universitas muhammadiyah prof. dr. hamka. Jurnal Pendidikan Islam, 1–16.
kemendikbud. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 36962/MPK.A/HK/2020. Mendikbud RI, 1–2. https://www.kemdikbud.go.id/main/index.php/files/download/c5d9f0ec9ff40c6
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida’, 37(1), 27–35.
MENPANRB. (2020). Surat Edaran MENPANRB Nomor 34 Tahun 2020 Tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil. 1–2.
Nur Inah, E. (2015). PERAN KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI GURU DAN SISWA. Al-Ta’dib, 8(2), 150–167.
Pelangi, G. (2020). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA JENJANG SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79–96.
Purwati, Y., & Perdanawanti, L. (2019). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM) Vol., 1(1), 42–51.
Pusvyta Sari. (2015). Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning. Ummul Quro, 6(Jurnal Ummul Qura Vol VI, No 2, September 2015), 20–35. http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qura/issue/view/531
Ridwan, M. (n.d.). Profil SMA Muhammadiyah 5 Jakarta.
Rohmah, N. (2020). Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Awwaliyah : PGMI, 3(2), 89–95.
Setiadi, A. (2014). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Jurnal Ilmiah Matrik, 16(1).
Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983
Suasapha, A. H. (2020). Skala Likert Untuk Penelitian Pariwisata; Beberapa Catatan Untuk Menyusunnya Dengan Baik. Jurnal Kepariwisataan, 19(1), 26–37. https://doi.org/10.52352/jpar.v19i1.407
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Wisnu Nugroho Aji, D. B. P. S. (2020). APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERSASTRA. Metafora, VI(2), 8–29.
Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA DAN STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK MENGATASI PERMASALAHAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI PANDEMI COVID- 19. ( Kharisma Dan Denok, 2020 ), 4(3), 51–58.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.4898
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: