PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI DESA SUMBERAN TEGALREJO

Haritra Dyah Lembayung, Kiki Riyanti, Riana Rachmawati Dewi

Abstract


ABSTRAK

Masyarakat Indonesia dikejutkan dengan adanya virus corona atau COVID-19. Wabah ini menjadi pandemi seiring meningkatnya jumlah kasus dalam waktu yang cepat di semua negara termasuk di Indonesia. Kesadaran masyarakat yang masih kurang akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan inilah yang menjadi alasan utama kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan. Dampak dari pandemi COVID-19 ini membatasi ruang gerak dan aktivitas masyarakat di luar rumah. Sehingga, tim KKN UIB Surakarta berinisiatif untuk melakukan program kerja kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini secara hybrid yaitu dengan memberikan edukasi secara online dan sosialisasi secara langsung. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan edukasi tentang penerapan protokol kesehatan yang baik dan benar sesuai dengan himbauan pemerintah di tengah pandemi COVID-19 di Desa Sumberan Tegalrejo, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah memberikan edukasi dan penyuluhan tentang penerapan protokol kesehatan yang baik dan benar dalam upaya pencegahan COVID-19 kepada masyarakat. Sambutan dan partisipasi yang diberikan oleh masyarakat dalam kegiatan ini sangat antusias. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan perilaku masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan semakin meningkat dan dapat diterapkan dalam semua kegiatan masyarakat. Hasil pembahasan menunjukan bahwa kesadaran masyarakat di Desa Sumberan Tegalrejo, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah dalam kegiatan penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19 meningkat dan berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

 

Kata kunci: covid-19; edukasi; protokol kesehatan

 

ABSTRACT

The people of Indonesia were shocked by the presence of the coronavirus or COVID-19. This outbreak became a pandemic as the number of cases increased rapidly. The purpose of this paper is to provide education about the application of health protocols amid during the COVID-19 pandemic in Sumberan Tegalrejo village, Bayat District, Klaten Regency, Central Java Province. The method used in carrying out this activity is to provide education and counseling about the application of good and correct health protocols amid to prevent COVID-19 to the community. The response given by the community in this activity was very enthusiastic. With this activity, it is hoped that the behavior of the community in implementing health protocols will increase and can be applied in all community activities. The result of the discussion shows that public awareness in implementing health protocols amid during the COVID-19 pandemic is increasing and running according to the procedures set by the government.

 

Keywords: covid-19; education; health protocol


Keywords


covid-19; education; health protocol

Full Text:

PDF

References


Fried, L. P., Carlson, M. C., Mcgill, S., Seeman, T., Xue, Q., Frick, K., Tan, E., Tanner, E. K., Barron, J., Frangakis, C., Piferi, R., Martinez, I., Gruenewald, T., Martin, B. K., Berry-vaughn, L., Stewart, J., Dickersin, K., Willging, P. R., & Rebok, G. W. (2013). Experience Corps : A dual trial to promote the health of older adults and children ’ s academic success ☆. Contemporary Clinical Trials, 36(1), 1–13. https://doi.org/10.1016/j.cct.2013.05.003

Levani, Y., Prastya, A. D., Mawaddatunnadila, S., Wuhan, K., & Huebei, P. (2019). Coronavirus Disease 2019 ( COVID-19 ): Patogenesis , Manifestasi Klinis dan Pilihan Terapi. 2019.

Parwanto, E. (2021). bermutasi. 4(2), 47–49. https://doi.org/10.1101/2020.12.30.20249034

Pencegahan, P., & Pengendalian, D. A. N. (n.d.). Halaman sampul. 1–214.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.5227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: