RUMBAQU: RUMAH BACA AL QUR’AN SEBAGAI SOLUSI IDEAL TEMPAT BELAJAR BAGI ANAK DI ERA PANDEMI COVID-19.
Abstract
ABSTRAK
Pengabdian pada masyarakat ini di latarbelakangi oleh pandemi covid-19, dimana pola pendidikan anak berubah signifikan. Aktifitas belajar mengaji bagi anak perumahan Islamic centre permai tidak dapat lagi menggunakan teras tumah yang berukuran 6 (enam) meter persegi dengan jumlah santri 15 (lima belas) orang. Pengusul bersama warga berinisiasi membangun rumbaqu (rumah belajar Al-Qur’an) yang lebih luas. Di rumah belajar Al-Qur’an ini santri belajar iqro, tartil dan menulis. Metode iqro digunakan untuk memastikan pelafalan huruf hijaiyah telah sesuai, sedangkan metode Al-baghdadiyah digunakan untuk memastikan bacaan tajwid dan mahraj telah benar. Untuk aktivitas belajar menulis huruf hijaiyah dapat dinilai dari kerapian tulisan. Seluruh kegiatan belajar diakhiri dengan evaluasi. Pada metode iqro, dilakukan untuk memastikan bahwa santri dapat berpindah pada jenis huruf berikutnya, sedangkan pada metode Al-baghdadiyah untuk memastikan bacaan telah sesuai dengan tajwid dan mahraj sehingga tartil Al-Qur’an benar. Hadirnya rumbaqu menjadikan aktivitas belajar kembali dapat berjalan. Hasil pengabdian adalah terbangunnya rumbaqu dan meningkatnya kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an.
Key word: pandemi covid-19; rumbaqu; iqro’, Al-baghdadiyah
ABSTRACT
This community service is motivated by the COVID-19 pandemic, where the pattern of children's education has changed significantly. Qur'an learning activities for the children of the Islamic Center Indah housing complex can no longer use a 6 (six) square meter house terrace with a total of 15 (fifteen) students. The proposer and the residents took the initiative to build a wider "Rumbaqu". In this Al-Qur'an learning house, students learn "iqro’", "tartil", and "writing". The "Iqro" method is used to ensure that the pronunciation of the "hijaiyah" letters is appropriate, while the "Al-Baghdadiyah" method is used to ensure that the "tajwid" and "mahraj" pronunciation are correct. For learning activities to write "hijaiyah" letters, it can be assessed from the neatness of writing. All learning activities end with an evaluation. The "Iqro" method, is used to ensure that students can move on to the next type of letter, while in the "Al-Baghdadiyah" method is used to ensure that the "tajwid" and the "mahraj" of the "tartil" of the Qur'an is correct. The existenxe of the "Rumbaqu" makes learning activities work again. The expected outcome of the service is the development of "Rumbaqu" and the ability of students to read the Qur'an.
Keywords: covid-19 pandemic; rumbaqu; iqro’, Al-baghdadiyah
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anjarsari, R., Syahidin, S., & Sumarna, E. (2017). Program Gerakan Cinta Alquran “Genta” Dalam Mengopimalkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah (Studi Deskriptif Di SMP Unggulan Al-Amin Ngamprah). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 4(1), 57. https://doi.org/10.17509/t.v4i1.6992
Assingkily, M. S. (2019). Living Qur’an as a Model of Islamic Basic Education in the Industrial Era 4.0. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(1), 19. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i1.3876
Ath Thabrani, I. (2009). Adabul Mufrad (Indonesia). Darut Hadits.
Baharun, H. (2016). Pendidikan Anak dalam Keluarga; Telaah Epistemologis. Jurnal Pedidikan, 3(2), 96–107.
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 4–6. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203
Iqromah, F. (2018). Identifikasi Kemampuan Anak Dalam Mengenal Huruf Hijaiyah Di Tk Se-Kecamatan Samigaluh Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 11–24.
Lubis, R. R., Mahrani, N., Margolang, D., & Assingkily, M. S. (2020). Pembelajaran Al-Qur’an Era Covid-19: Tinjauan Metode dan Tujuannya pada Masyarakat di Kutacane Aceh Tenggara. Kuttab, 4(2). https://doi.org/10.30736/ktb.v4i2.275
Nurhidayah, N., Jabir, M., & Rus’an, R. (2019). Studi Analisis Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini Melalui Bermain Puzzle Di Kelompok B Tk Al-Khairaat Kabonena Kota Palu. Ana’ Bulava: Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 53–62. https://doi.org/10.24239/abulava.vol1.iss1.4
Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574
Ulfah, T. T., Assingkily, M. S., & Kamala, I. (2019). Implementasi Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 44. https://doi.org/10.30659/jpai.2.2.44-54
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.5398
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: