PENDAMPINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS DASAR BERBANTUAN METODE MONTESSORI UNTUK SISWA SD DI DESA DEMULIH PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
ABSTRAK
Pelajaran Bahasa Inggris dasar untuk siswa SD di desa Demulih merupakan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan pada masa Pandemi Covid-19. Mata pelajaran Bahasa Inggris sejatinya hanya merupakan pelajaran muatan lokal yang dimulai dari kelas 5 SD, yang hanya diberikan di beberapa sekolah. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengenalkan bahasa Inggris dasar kepada siswa SD, sebagai upaya membantu mereka untuk menghadapi komunikasi global dan persiapan menghadapi masa transisi ke sekolah menengah. Penyampaian Pelajaran Bahasa Inggris anak menggunakan metode Montessori yang merupakan metode pembelajaran yang memanfaatkan fasilitas dan media di lingkungan sekitar siswa. Siswa SD yang digunakan adalah siswa SD di desa Demulih, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli. Kegiatan PKM dilaksanakan selama 8 kali pertemuan dengan 4 tahap untuk setiap sesinya. Keberhasilan kegiatan ini dapat terlihat dari semangat siswa SD di desa Demulih yang selalu hadir dan selalu bertambah setiap pertemuannya, serta keaktifan mereka dalam berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Secara keseluruhan, pendampingan belajar Bahasa Inggris dasar mampu menumbuhkan dan membantu siswa SD dalam belajar Bahasa Inggris dasar di masa pandemi Covid-19.
Kata Kunci: bahasa Inggris dasar; montessori; pandemi covid-19.
ABSTRACT
Basic English lesson for elementary school students in Demulih village are community service held during the Covid-19 pandemic. English subject are actually only role as local content lessons which is thought from grade 5 elementary school, which are only given in some schools. The main purposes of this community service are to introduce Basic English to elementary students, as an effort to help them face global communication and preparation for the transition to high school period. The way to deliver of English lesson to children uses Montessori method which is a learning method utilizes facilities and media in students’ environment. The elementary school students which is a object in this research were the students in Demulih Village, Susut District, Bangli Regency. This community service activity was done in 8 meetings, 4 stages for each meeting. The success indicators of this activity are the students always present and this increase from time to time in each meeting, as well as their participation in the learning activities. Overall, Basic Engliss Learning Assistance is able to grow and assist elementary students in learning basic English during the Covid-19 Pandemic.
Keywords: basic english; montessori; covid-19 pandemic.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adisti, A. R. (2016). Perpaduan Konsep Islam dengan Metode Montessori dalam Membangun Karakter Anak. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(1), 61–88. https://doi.org/10.18326/mdr.v8i1.61-88
Aedi, N. (2016). Dasar-Dasar Manajemen Pedidikan. Gosyen Publishing.
Hainstok, E. G. (1999). Metode Pengajaran Montessori untuk Anak Pra Sekolah Panduan Praktis dan Effisien Mudah Dipelajari untuk Mendidik Anak. http://opac.iainkediri.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=2796
Larson, H. E. I. K. E. (2010). The Montessori Method: Educating Children for a Lifetime of Learning and Happiness. Objective Standard: A Journal Of Culture & Politics, 5(2), 41.
Listia, R. (2008). Kendala Pengajaran bahasa inggris di sekolah dasar. National Seminar Proceeding, 060, 468–475.
Morrison, G. S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Indeks, Jakarta.
Rahmawati, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA SD Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Penutup Tubuhnya Berbasis Metode Montessori. Skripsi.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.5418
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: