PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK PENINGKATAN PEMBELAJARAN ONLINE BAGI GURU-GURU UPTD SMPN 11 KUPANG
Abstract
ABSTRAK
Kompetensi dan keahlian dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat penting terutama bagi tenaga pendidik seperti guru maupun dosen yang tugasnya sangat mulia yaitu untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Persoalan yang dihadapi oleh guru-guru pada UPTD SMP Negeri 11 Kota Kupang adalah belum memanfaatkan aplikasi google classroom dalam melakukan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemic dengan efektif agar proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dapat tetap dilaksanakan, dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia seperti memudahkan pengajar dan murid untuk berinteraksi baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah, penghematan kertas (paperless) dan waktu. Berdasarkan alasan tersebut, maka dibuatlah kegiatan pengabdian dengan judul “Pelatihan Google Classroom bagi Guru-Guru UPTD SMP Negeri 11 Kota Kupang”. Adapun tahapan yang digunakan adalah melalui tahap persiapan, pelaksanaan kegiatan dengan metode pelatihan dan pendampingan. Kegiatan dapat berjalan dengan efektif dan efisien hal ini dibuktikan dengan antusias peserta yang mengikuti pelatihan dengan mendapatkan semua materi yang sudah dipersiapkan dan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Pendampingan secara online melalui grup whatsapp yang telah dibentuk, dengan tujuan untuk kedalaman pemahaman materi melalui pemberian tugas serta diskusi dan sebagai bentuk tanggung jawab moril. Kegiatan PKM ini sangat diapresiasi oleh para peserta dengan mengikuti kegiatan pelatihan dari awal sampai akhir.
.
Kata kunci: google classroom; pembelajaran; online; guru-guru.
ABSTRACT
Competence and expertise in using Information and Communication Technology (ICT) are very important, especially for educators such as teachers and lecturers whose very noble task is to educate the lives of the nation's children. The problem faced by teachers at UPTD SMP Negeri 11 Kupang City is that they have not used the google classroom application in conducting Distance Education (PJJ) during the pandemic effectively so that the Teaching and Learning Activities (KBM) process can continue to be implemented, by utilizing the features such as making it easier for teachers and students to interact both inside and outside school, saving paper (paperless) and time. Based on these reasons, a service activity was made with the title "Google Classroom Training for UPTD Teachers at SMP Negeri 11 Kupang City". The stages used are through the preparation stage, implementation of activities with training and mentoring methods. Activities can run effectively and efficiently, this is evidenced by the enthusiasm of the participants who participated in the training by getting all the materials that had been prepared and according to the schedule that had been set. Online assistance through WhatsApp groups has been formed, with the aim of deepening understanding of the material through assignments and discussions and as a form of moral responsibility. This PKM activity was highly appreciated by the participants by participating in training activities from beginning to end.
Keywords: google classroom; learning; online; teachers.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Eudeka, (2021). 7 Manfaat Google Classroom Untuk Pembelajaran Daring. Diambil dari https://www.eudeka.id/7-manfaat-google-classroom-untuk-pembelajaran-daring/
Nurfadhela, F. (2021). Tata Cara Membuat Google Classroom dan Fitur-Fiturnya. Diambil dari https://www.duniadosen.com/cara-membuat-google-classroom/
Shandy, D. (2020). Cara Membuat Akun Google Classroom dengan Mudah. Diambil dari https://www.pusatilmupengetahuan.com/cara-membuat-akun-google-classroom-dengan-mudah/
Febriansyah. (2021). Cara Membuat Soal Online Menggunakan Google Forms untuk Guru-Siswa. Diambil dari https://tirto.id/cara-membuat-soal-online-menggunakan-google-forms-untuk-guru-siswa-eKCW
Tecno & Sains. (2020). Cara membuat Google form untuk absensi siswa. Diambil dari https://kumparan.com/berita-terkini/cara-membuat-google-form-untuk-absensi-siswa-1uYp1UcVQuK/4
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.5856
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: