PELATIHAN PEMANFAATAN SARANA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DENGAN PENYIMPANAN BERBASIS CLOUDCLOUD DI SDN SEMANGAT DALAM 1

Agus Alim Muin, Erfan Karyadiputra, Indu Indah Purnomo

Abstract


ABSTRAK

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan membantu guru dan para staff yang masih mengalami kesulitan dalam hal memanfaatkan media penyimpanan berbasis cloud di SDN  Semangat Dalam 1 Kab. Batola Kalimantan Selatan,untuk permasalahan pengabdian kepada masyarakat ini memfokuskan bagaimana para guru dan staff di sekolahan SDN Semangat Dalam 1 dapat mahir dalam menggunakan media penyimpanan seperti  google drive,dropbox,one drive dan icloud untuk membantu proses pembelajaran serta menjadi media penyimpanan yang efektif dan efisien saat ini. Dengan dilakukannya pengabdian masyarakat ini membantu para guru dan staff di sekolahan SDN Semangat Dalam 1 memanfaatkan media penyimpanan berbasis cloud sehingga menjadi alternatif untuk penunjang proses pembelajaran dan proses pekerjaan.

 

Kata kunci: cloud; guru; media penyimpanan; pelatihan.

 

ABSTRACT

This community service aims to help teachers and staff who are still experiencing difficulties in terms of utilizing cloud-based storage media in SDN Semangat Dalam 1 Kab. Batola South Kalimantan, for community service problems this focuses on how teachers and staff in SDN Semangat Dalam 1 schools can be proficient in using storage media such as google drive, dropbox,one drive and icloud to help the learning process as well as become an effective and efficient storage medium today. With this community service helps teachers and staff in SDN Semangat Dalam 1 schools utilize cloud-based storage media so that it becomes an alternative to support the learning process and work process.

 

Keywords: cloud; teacher; storage media; training.

 

Keywords


cloud; teacher; storage media; training.

Full Text:

PDF

References


Al-Faraji, H. A. (2006). No Titleكتاب. Vascular Embolotherapy, 107–118.

Anjir, D., Kota, P., Kec, I. I., Pasar, A., & Batola, K. A. B. (2019). IJCCS , Vol.x, No.x,. 5(x), 78–86.

Haris Budiman. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.

Pemerintah RI. (2005). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Produk Hukum.

Ismawan, F., Irfansyah, P., & Apriyani, D. D. (2018). Pengoptimalan Cloud Storage–Google Drive sebagai Media Pembelajaran untuk Guru SMP dan SMA. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 1(01), 61-70.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.5927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: