PENDAMPINGAN PEMBUATAN E-MODUL SIGIL SOFTWARE BERBASIS CONTENT LANGUAGE INTEGRATED LEARNING (CLIL) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SMK DI KABUPATEN KARAWANG

Nina Puspitaloka, Zaenal Arifin, Purwantoro Masbro

Abstract


ABSTRAK

Kemajuan teknologi membangun perubahan dalam berbagai bidang, khususnya dalam bidang pendidikan. Semua elemen dalam bidang tersebut dituntut untuk dapat memanfaatkan perkembangan teknologi, seperti hal nya guru yang harus mampu beralih dari penggunaan modul cetak ke modul elektronik (e-modul). Tujuan dari pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan dan melatih keterampilan teknologi para guru bahasa Inggris SMK di Karawang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan memberikan pendampingan membuat e-modul interaktif berbasis Content Language Integrated Learning (CLIL) menggunakan Sigil Software kepada 15 orang guru Bahasa Inggris SMK di Karawang. Pendampingan pembuatan e-modul ini dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, serta praktik pembuatan e-modul. Kegiatan ini dilaksanakan di laboratorium komputer SMK Saintek Nurul Muslimin. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini menunjukan bahwa program pengadian kepada masyarakat mampu meningkatkan kompetensi para guru bahasa Inggris dalam penguasaan materi dan pengajaran sesuai dengan jurusan bidang keahlian di sekolah. Selain itu, dapat memberikan manfaat yang sangat besar dan tepat sasaran bagi guru Bahasa Inggris. Bentuk pendampingan seperti ini merupakan bentuk yang sangat efektif untuk memberikan tambahan wawasan serta pengetahuan baru di bidang teknologi informasi di luar proses pembelajaran yang sekolah berikan untuk meningkatkan kualitas guru.

 

Kata kunci: bahasa inggris; content language integrated learning (clil); e-modul; pendampingan; sigil software.

 

ABSTRACT

The Advances in technology build changes in various fields, especially in the field of education. All elements in these fields can take advantage of technological developments, such as teachers who must be able to switch from using print modules to electronic modules (e-modules). This community service activity is carried out by providing assistance in the form of interactive e-modules based on Content Language Integrated Learning (CLIL) using Sigil Software to 15 English Vocational High School teachers in Karawang. Assistance in the manufacture of e-modules is carried out by means of lectures, questions and answers, and the practice of making e-modules. This activity was carried out in the computer laboratory of SMK Saintek Nurul Muslimin. The purpose of implementing this community service program is to improve and train the technology skills of vocational English teachers in Karawang. The results of the implementation of this activity show that the community service program is able to improve the competence of English teachers in mastering the material and teaching in accordance with the field of expertise at school. In addition, it can provide enormous and targeted benefits for English teachers. This form of assistance is a very effective form of providing additional insight and new knowledge in the field of technology outside of the learning process provided by schools to improve the quality of teachers.             

Keywords: assistance; e-modul; english language; content language integrated learning (clil); sigil software.


Keywords


assistance; e-modul; english language; content language integrated learning (clil); sigil software.

Full Text:

PDF

References


Bahri, Humaedi, Rizal, Misnah, Gamar, M. M., & Riang, A. D. (2021). Utilization of ICT-Based Learning Media in Local History Learning. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012079

Bllaca, N. (2016). Smartphone use in English Language Learning. International Conference on Linguistics, Literature and Culture, July, 305–315. https://dspace.aab-edu.net/handle/123456789/306

Chen, Z., Stelzer, T., & Gladding, G. (2010). Using multimedia modules to better prepare students for introductory physics lecture. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 6(1), 5. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.6.010108

Fitri, A. (2019). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Pada Materi Relasi Dan Fungsi (Vol. 53, Issue 9). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

Liana, Y. R., Ellianawati, & Hardyanto, W. (2019). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software pada Materi Listrik Dinamis. Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 926–932.

Masyhud, M. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Bahasa Inggris Bagi Guru Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Kota Batu. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 483. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4042

Samodro, N. U. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tablet Android Pada Pelajaran Bahasa Inggris di SMK Harmoni Batam [Universitas Negeri Padang]. In e-Repository Dosen Universitas Negeri Padang. http://ejournal.unigamalang.ac.id/index.php/RDOS/article/view/378

Sari, F. A. (2020). Pelatihan penggunaan aplikasi Edmodo dalam menunjang proses pembelajaran di SMAN 1 Ciomas. Jurnal Abdikarya, 2(2), 83–96.

Sarmini, S., Pambayun, N. L. P., & Nurdewanti, N. P. (2021). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Menggunakan Filmora Kepada Guru Madrasah Aliyah (Ma) Tanbihul Ghofiliin Banjarnegara. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 672. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.4871

Surjono, H. D., & Susila, H. R. (2013). Pengembangan multimedia pembelajaran bahasa inggris untuk SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 45–52. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1576




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: