EDUKASI DAN PENDAMPINGAN PRAKTIKUM FISIKA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SURALAGA KECAMATAN SURALAGA

Sapiruddin Sapiruddin, Bq.Aryani Novianti, Kertanah Kertanah

Abstract


ABSTRAK

Fisika merupakan salah satu ilmu pengetahuan alam (IPA) yang tidak hanya memahami secara teori, namun dibutuhkan pemahaman secara praktis juga. Praktikum adalah salah satu cara untuk dapat memberikan pemahaman secara praktis kepada siswa. Tujuan kegiatan adalah memberikan edukasi dan pendampingan praktikum kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman secara teoritis dan praktis melalui program pengabdian kepada masyarakat (PkM). Kegiatan edukasi dan pendampingan praktikum pada alat ukur fisika menggunakan mistar, jangka sorong, mikrometer sekrup dan multimeter.Siswa memiliki rasa kepuasan dan keterampilan yang tinggi ditunjukkan dengan persentase hasil kuesioner untuk kedua aspek yaitu keterampilan dan kepuasan diatas 50%. Melalui kegiatan edukasi dan pendampingan praktikum dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan siswa khususnya pada  alat ukur fisika.

 

Kata kunci: pendidikan; pendampingan; pengabdian masyarakat; fisika.

 

ABSTRACT

Physics is one of natural sciences which is not only needed to understand theoretically, but it is needed practical comprehension. Lab work is a practical way giving  comprehension to students. The aim of this study is providing education and assistance in lab work to students for increasing their theoretical and practical comprehension through dedication to community (PkM). In this study focuses on measuring tools of physiscs, such as ruler, calipers, screw micrometer, and multimeter. The students have great satisfaction and skill which have been showed with percentage of questionnaire result in the both aspects, more than fifty percents. Through education and assistance have been able to improve the students’ skill and ability, particularly  in physics measuring tools.

 

Keywords: education; assistance; dedication to community; physics.

 

Keywords


education; assistance; dedication to community; physics.

Full Text:

PDF

References


Amin, P. G. (1998). Diktat Alat-alat Ukur Fisika. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Kusniyati, H., & Sitanggang, N. S. P. (2016). APLIKASI EDUKASI BUDAYA TOBA SAMOSIR BERBASIS ANDROID. 9(1), 9–18.

Mahiruddin. (2008). Pengaruh Fasilitas dan Kompetensi Pengelola Terhadap Efektivitas Manajemen Laboratorium IPA SMA Di Kabupaten Konawe. Retrieved April 19, 2021, from http://mardikanyom.tripod.com/ArtikelPdf.pdf

Sakti, I. (2011). Korelasi Pengetahuan Alat Praktikum Fisika Dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa Di SMA Negeri q Kota Bengkulu. IX(1), 67–76.

Suparno, P. (2013). Metodologi Pembelajaran Fisika, Konstruktivistik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi. 2, 49–57.

Udiutomo, P. (2011). Analisa Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Layanan Program Smart Ekselensia Indonesia Tahun 2011. 1(1).




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: