PENDAMPINGAN PENINGKATAN KEPEMIMPINAN DAN PUBLIC SPEAKING ORANG MUDA AMC PU’URERE ENDE
Abstract
ABSTRAK
Setiap Individu, khususnya orang muda dituntut untuk mampu berkomunikasi dengan baik dan mampu memiliki jiwa leadership guna membangun kehidupannya baik secara pribadi, maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Jiwa kepemimpinan dan kemampuan seseorang dalam berbicara merupakan bagian dari komunikasi yang efektif, yaitu mampu merangkul dan merumuskan keputusan untuk mencapai musyawarah yang baik, serta menyampaikan pesan kepada khalayak dengan cara yang tepat dan menarik perhatian. Namun pada kenyataannya, pada Orang Muda yang tergabung dalam komunitas AMC Pu’urere Ende masih belum maksimal dalam memimpin suatu kegiatan serta berbicara didepan umum. Hal ini mendorong tim untuk melakukan pelatihan dan pendampingan kepemimpinan dan public speaking pada Komunitas orang muda di AMC Pu’urere Ende. Tujuan dari program ini adalah untuk membantu orang muda sehingga dapat meningkatkan jiwa kepemimpinan dan rasa percaya diri saat berbicara. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah ceramah, dialog aktif, diskusi dan rencana tindak lanjut yang digunakan sebagai kegaiatn inti yang ingin dicapai dalam pengabdian ini. Hasil yang didapat dari program ini adalah mampunya Orang Muda AMC Pu’urere dalam mempimpin kegiatan, dari tahap persiapan hingga pelaksanaan, dapat menyusun agenda program tertentu dengan baik dan benar sesuai dengan kebutuhannya, serta memiliki kemampuan public speaking yang memadai.
Kata kunci: orang muda; kepemimpinan; public speaking.
ABSTRACT
Every individual, especially youth people, are required to be able to communicate well and be able to have a leadership spirit, to build his life both personally and in social life. Leadership spirit and one's ability to speak are part of effective communication, namely being able to embrace and formulate decisions to achieve good deliberation, as well as convey messages to audiences in an appropriate and attention-grabbing manner. But in reality, youth who are members of the AMC Pu’urere Ende community are still not optimal in leading activity and speaking in public. This encourages the team to conduct training and mentoring in leadership and public speaking for the youth community at AMC Pu’urere Ende. This program aims to help youth people to improve their leadership spirit and self-confidence when speaking. The methods used in this service activity are lectures, active dialogue, discussions and follow-up plans which are used as the core activities to be achieved in this service. The results obtained from this program are the ability of AMC Pu’urere Youth People in leading activities, from the preparation stage to implementation, being able to arrange certain program agendas properly and correctly according to their needs and having adequate public speaking skills.
Keywords: youth people; leadership; public speaking.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfonsius Yoga Pratama, Antonius Denny Firmanto, & Nanik Wijiyati Aluwesia. (2021). Urgensitas Pembinaan Orang Muda Katolik terhadap Bahaya Krisis Identitas. VOCAT: JURNAL PENDIDIKAN KATOLIK, 1(2), 68 - 78. https://doi.org/10.52075/vctjpk.v1i2.22
Batrinca L., Stratou G., Shapiro A., Morency LP., Scherer S. (2013) Cicero - Towards a Multimodal Virtual Audience Platform for Public Speaking Training. In: Aylett R., Krenn B., Pelachaud C., Shimodaira H. (eds) Intelligent Virtual Agents. IVA 2013. Lecture Notes in Computer Science, vol 8108. Springer, Berlin, Heidelberg. https://doi.org/10.1007/978-3-642-40415-3_10
Viktorahadi, R.F. Bhanu. (2021). Perubahan Pola Sakramen Umat Katolik Bandung Pada Era Pandemi Covid-19. Temali: Jurnal Pembangunan Sosial. Volume 4, Nomor 1: 72–79. 10.15575/jt.v4i1.12310
Capah, S. R. (2019). Narsisisme Para Imam dalam Perayaan Ekaristi Suci. Studia Philosophica et Theologica. 19(2), 144-167
Daswati Daswati. (2012). Implementasi Peran Kepemimpinan Dengan Gaya Kepemimpinan Menuju Kesuksesan Organisasi. Academica. 4(1), 783-798
Dewi, F. I. R. (2018). Peningkatan Kapasitas Orang Muda Katolik (OMK) yang Tangguh dalam Berkarya. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 1-6
Dewi, D. P. (2018). Asesmen Sebagai Upaya Tindak Lanjut Kegiatan Identifikasi Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Wahana. 70(1), 17-24. https://doi.org/10.36456/wahana.v70i1.1563
Esomar, M. J., & Sadubun, V. L. A. . (2020). Membangun Jiwa Kepemimpinan yang Berintegritas dan Inovatif Melalui Pelatihan Kepemimpinan di Kalangan Orang Muda Katolik Ambon. Jurnal Abdidas, 1(6), 616-624. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.138
Fathoni, T., Asfahani, A., Munazatun, E., & Setiani, L. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Public Speaking Pemuda Sragi Ponorogo. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 2(1), 23-32. https://doi.org/10.37680/amalee.v2i1.581
Girsang, L. R. M. (2018). ‘PUBLIC SPEAKING’ SEBAGAI BAGIAN DARI KOMUNIKASI EFEKTIF (KEGIATAN PKM di SMA KRISTOFORUS 2, JAKARTA BARAT). Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 2(2), 81-85. http://dx.doi.org/10.30813/jpk.v2i2.1359
Gunawan, G., Suranti, N. M. Y., & Fathoroni, F. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61-70. Retrieved from https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/95
Hardjono, W. (2020). ANALISIS EFEKTIVITAS RENCANA TINDAK LANJUT PESERTA PELATIHAN PERTANIAN. AgriWidya. 1(10), 119-127
Hartini, S., & Chumaeson, W. (2021). Peningkatan Rasa Percaya Diri Melaui Pelatihan Public Speaking pada Siswa SMK N I Selo Boyolali. SENYUM BOYOLALI, 2(1), 33-39. https://doi.org/10.36596/sb.v2i1.572
Hidayat, A., dkk. (2021). Pelatihan Dasar Kepemimpinan Taman Belajar Kreatif Mekarsari. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(1), 72-75
Ibrahim, et. al. (2018). PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PEMUDA PESISIR MELALUI PELATIHAN MANAJEMEN KEPEMIMPINAN DI KECAMATAN POTO TANO KABUPATEN SUMBAWA BARAT. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. 2(1), 43-47. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i1.565
Kurniasari, D., dkk. (2016). Peranan Organisasi Karang Taruna dalam Mengembangkan Kreativitas Generasi Muda di Desa Ngembalrejo. Unnes Civic Education Journal. 2(2), 77-82
Mambu, J. Y., Wahyudi, A. K. & Posumah, F. (2018). APLIKASI SIMULASI PUBLIC SPEAKING BERBASIS VIRTUAL REALITY. Cogito Smart Journal. 4(2). 327-336. http://dx.doi.org/10.31154/cogito.v4i2.139.327-336
Mulyana, Y. (2020, March 21). Peran Sumber Daya Manusia (SDM) / Generasi Muda Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0. PRISMAKOM, 16(1), 36-46. https://doi.org/https://doi.org/10.2301600/prismakom.v16i1.41
Mustofa, A. & Suhartatik, N. (2020). MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 DI KARANGTARUNA KEDUNGGUPIT, SIDUHARJO, WONOGIRI, JAWA TENGAH. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. 4(1), 317-323, https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3100
Nurjanah, V., et. al. (2020. PELATIHAN KEPEMIMPINAN BIDANG KETRAMPILAN PUBLIC SPEAKING, SURVIVAL, CHARACTER BUILDING, DAN COMMUNITY BUILDING BAGI KEBIDELAN SEMINARI ST. PAULUS PALEMBANG. JMM: Jurnal Masyarakat Mandiri. 4(1). 43-54. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i1.1704
Oktavianti, R. & Rusdi, F. (2019) BELAJAR PUBLIC SPEAKING SEBAGAI KOMUNIKASI YANG EFEKTIF. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia. 2(1) 117-122
Regus, M. & Tapung, M. M. (2020). Penanganan Covid-19 dalam Semangat Diakonia Gereja Keuskupan Ruteng. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(May), 41–52. https://doi.org/10.36407/berdaya.v2i2.175
Seran, W. A., Utomo, D. H. & Budi Handoyo, B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Study Berbantuan Video Conference terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(2), 142—152. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13157
Sibthorp, J., Collins, R., Rathunde, K., Paisley,K., Schumann, S., Pohja, M., & Baynes, S. (2015). Fostering Experiential Self-Regulation Through Outdoor Adventure Education. Journal of Experiential Education, 38(1), 26–40. https://doi.org/10.1177/1053825913516735
Silalahi, T.B., (2013). Pemimpin Masa Depan. Tanpa Kota Penerbit: Pena Semesta.
Sjahrifa, C. (2019). Pelatihan “Leadership And Coaching” Untuk Meningkatkan Kemampuan Para Calon Pengajar Muda Dalam Program Indonesia Mengajar. Journal Of Sustainable Community Development (JSCD). 1(1), 18- 23
Sudarmono, S., Apuanor, A. & Eva Utami, E. (2018). TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA DITINJAU DARI PUBLIC SPEAKING. Jurnal Paedagogie. 6(2). 71-78. https://doi.org/10.46822/paedagogie.v6i2.112
Susilo, et., al. (2021). KEGIATAN BERSAMA BAKTI SOSIAL DALAM RANGKA PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP, PENYULUHAN MASYARAKAT DAN AKSI NYATA PEMBERSIHAN SAMPAH PLASTIK DI OBJEK WISATA PANTAI KETAM. Jurnal Awam. 2(1), 32-38
Tamelab, P., Ngongo, M. H. L., & Oetpah, D. (2021). MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA DALAM KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING DI SEKOLAH TINGGI PASTORAL KEUSKUPAN AGUNG KUPANG. Selidik (Jurnal Seputar Penelitian Pendidikan Keagamaan), 2(1), 54–63. Retrieved from http://www.ejurnal.org/index.php/selidik/article/view/38
Thorik, S. H. (2020). Efektivitas Pembatasan Sosial Berskala Besar Di Indonesia Dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19. Adalah: Buletin Hukum dan Keadilan 4(1), 115-120. https://doi.org/10.15408/adalah.v4i1.15506
Wati, F., Aje, A. U., Nande, M., & Beda, E. (2020). BAKTI SOSIAL PEMBERSIHAN LINGKUNGAN MASJID JAMI’ AT-TAQWA ONEKORE DALAM RANGKA PANCA WINDU UNIVERSITAS FLORES KE-40 TAHUN 2020. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11-19. https://doi.org/10.37478/mahajana.v1i1.713
Widiasworo, E.(2017). Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (outdoor learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, &Komunikatif. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.
Widyawati, F. (2021). Peran Tim Gugus Tugas COVID-19 Paroki Dalam Memenuhi Hak Ibadah di Paroki Santu Mikael, Keuskupan Ruteng. Jurnal SOLMA, 10(1), 110-120. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1.5494
Yanuar Herlambang, S.Sn., ACA. (2015). PERAN KREATIVITAS GENERASI MUDA DALAM INDUSTRI KREATIF TERHADAP KEMAJUAN BANGSA. Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 2(1), 61-71. https://doi.org/10.38204/tematik.v2i1.66
Zakrimal, Z., Purwanti, A., & Aziz, R. M. (2020). PEMBINAAN HOW TO BE OUTSTANDING MC AND MODERATOR DI KARANG TARUNA GARUDA VILLA HANG LEKIR BATAM. PUAN INDONESIA, 1(2), 59-64. https://doi.org/10.37296/about.v1i2.13
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6307
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: