INOVASI VIRTUAL LAB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP DAN SMK ISLAM ASY’ARIYYAH IBRU KECAMATAN MESTONG

Sri Purwaningsih, Rahma Dani, Neneng Lestari, Edy Yuversa

Abstract


ABSTRAK

Penggunaan media pembelajaran yang berbasis virtual lab sangat minim digunakan di sekolah, hal ini disebabkan para guru belum mengetahuinya, terutama di SMP Islam Asy’Ariyyah dan SMK Islam Asy’Ariyyah Kecamatan Mestong Muaro Jambi yang menyebabkan kurang optimalnya proses pembelajaran fisika di kedua jenjang pendidikan sekolah tersebut. Pengabdian kepada masyarakat ini memiliki tujuan untuk mendemonstrikan penerapan dan mengadakan pelatihan kepada guru-guru di sekolah tersebut dengan membuat media pembelajaran yang berbasis virtual lab  yang telah didesain oleh dosen di lab fisika FKIP universitas Jambi. Pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini terdiri dari beberapa tahap yaitu studi pendahuluan yang terkait dengan analisis situasi di sekolah dan analisis permasalahan mitra, diantaranya adalah kurangnya pengetahuan guru  membuat dan pengguanaan media pembelajaran yang berbasis virtual lab. Program dilakukan adalah demonstrasi, workshop dan membuat media pembejaran berbasis virtual lab. Dari hasil pengabdian ini diperoleh tanggapan dari guru bahwa guru sangat antusias mengikuti program yang telah dilaksanakan, guru telah dapat menggunakan virtual lab.

 

Kata kunci: virtual lab; SMP islam asy’ariyyah; SMK islam asy’ariyyah.

 

ABSTRACT

The use of virtual lab-based learning media is very minimal in use in schools, this is because teachers do not know it, especially in Asy'Ariyyah Islamic Junior High School and Asy'Ariyyah Islamic Vocational School, Mestong Muaro Jambi District which causes the physics learning process to be less than optimal at both levels of school education. This community service has the aim of demonstrating the application and providing training to teachers at the school by creating learning media based on virtual labs that have been designed by lecturers at the physics lab of the Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University. The implementation of community service consists of several stages, namely preliminary studies related to situation analysis in schools and analysis of partner problems, including the lack of knowledge of teachers in making and using virtual lab-based learning media. The programs carried out are demonstrations, workshops and making learning media based on virtual labs. From the results of this service, a response was obtained from the teacher that the teacher was very enthusiastic about participating in the program that had been implemented, the teacher had been able to use the virtual lab.

 

Keywords: virtual lab; asy'ariyyah islamic junior high  school; asy'ariyyah islamic vocational school.

 

Keywords


virtual lab; asy'ariyyah islamic junior high school; asy'ariyyah islamic vocational school.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z., (2010), Evaluasi Pembelajaran.UPI.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Gunawan & Liliasari.(2012). Model Virtual Laboratory Fisika Modern untuk Meningkatkan Disposisi Kritis Calon Guru. Cakrawala Pendidikan (No. 2. Tahun XXXI).

Halliday, Resnick, Walker, (2011). Fundamental of Physics, 9th ed., John Wiley & Sons Inc.

Khaira I., Maison, Jerfi Marsal, (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Virtual Laboratorium Pada Materi Listrik Di SMK, Edu-Sains, Volume 6, No. 2. 24-30.

Muarojambikab.bps.go.id. Kecamatan Mestong dalam angka 2019, Badang Pusat Statistik Kabupaten Muaro Jambi, diakses 5 Maret 2021. from https://muarojambikab.bps.go.id/publication/2019/09/26/7d600eadfaf14ea62b1fe334/kecamatan-mestong-dalam-angka-2019.html.

Susilana, R. Ihsan, H. (2014). Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Berdasarkan Kajian Teori Psikologi Belajar. Edutech, Vol.1.No.2

Wijaya, C.A. Rusyan, T. (1994). Kemampuan Dasar Guru dalam Proses. Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Wegener M., T. J. Mcintyre, D.Mcgrath, C.M. Savage,& M. Williamson, (2012). Developing a virtual physics world. Australasian Journal of Educational Technology, 28(3), 504–521.

Yusuf, I., Widyaningsih, S. W., & Purwati, D. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Modern Berbasis Media Laboratorium Virtual Berdasarkan Paradigma Pembelajaran Abad 21 dan Kurikulum 2013. Pancaran Pendidikan, 4(2), 189–200.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: